Berita Wisata Indonesia – Monumen Nasional atau disebut sebagai MONAS ini telah ditutup kurang lebih selama dua tahun terakhir akibat terkena pandemi COVID-19 akan tetapi kabarnya Monas akan segera kembali di buka dan dapat dikunjungi.

Kabar itu telah dikonfirmasi oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, walaupun tanggal pasti kapan Monas akan kembali dibuka belum diketahui. “Insyaallah mudah-mudahan (bulan ini dibuka lagi), lebih cepat lebih baik,” ucapnya di Balai Kota Jakarta.

 

Walaupun begitu sebelum kamu merencanakan liburan ke Monumen Ikonik di kota Metropolitan Jakarta ini, kamu wajib mengetahui ada beberapa Objek Wisata Jakarta yang disekitaran Monas bisa kamu kunjungi, berikut ini daftar dari 8 Destinasi Wisata Jakarta Kini Akan Kembali Di Buka, Termasuk Monumen Nasional.

Travel Kompas

1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Munasprok) merupakan tempat kediaan resmi dari Konsulat Kerajaan Inggris dan pernah menjadi tempat tinggal bagi para perwira tinggi Angkatan Laut Jepang, Laksmana Muda Tadashi Maeda.

Pada masa lalu, Laksamana Muda Tadashi Maeda mengizinkan rumahnya menjadi tempat untuk perumusan naskah proklamasi.

Kemudian setelah itu bangunan tersebut secara resmi dijadikan sebuah museum pada tanggal 24 November 1992. Museum ini hanya berjarak 3,4 km dari Monas, kamu bisa menggunakan kendaraan selama kurang lebih 10 menit.

Museum ini berlokasi di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat. Untuk jam operasionalnya dari jam 09.00-15.00 WIB untuk Selasa sampai Jumat. Sementara pada Sabtu dan Minggu buka pukul 08.00-16.00 WIB.

Travel Kompas

2. Pos Bloc

Pos Bloc yang berlokasi di Jalan Pos Nomor 2, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Tempat ini hanya berjarak 2 km saja, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar enam menit, tempat ini merupakan bangunan Filateli Jakarta atau sebagai bekas Kantor Pos Pasar Baru.

Buat kamu yang memiliki rencana kulineran bisa mengunjungi ke Pos Bloc pada jam 10.00-22.00 WIB untuk Senin hingga Jumat, sementara akhir pekan pukul 07.00-22.00 WIB.

/whatsnewindonesia.com

3. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal yang tepat berada di seberang Gereja Katedral ini, memiliki arsitektur kubah yang besar sangat mencolok dan tampak indah, beralamat di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Jarak tempuhnya dari Monas hampir sama dengan seperti jika ke Gereja Katedral, dikarenakan dua destinasi tersebut berlokasi sebrangan.

Seperti yang dilansir oleh situs resminya, masjid terbesar di Asia Tenggara ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada Februari 1978, sampai saat ini Masjid Istiqlal menjadi salah satu Destinasi Wisata Jakarta yang paling sering dikunjungi.

Travel Kompas

4. Gereja Katedral

Gereja Katedral juga menjadi salah satu tujuan wisata Jakarta yang sering dikunjungi banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara, berlokasi di Jalan Katedral Nomor 7B, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Jika kamu menggunakan kendaraan, kamu harus sedikit berputar, namun jika kamu ingin berjalan kaki, jaraknya hanya sekitar 850 meter atau dapat ditempuh dengan waktu sekitar 11 menit saja.

Gereja ini telah diresmikan pada tahun 1901 ini memiliki monumen granit hitam dari Belgia untuk mengenang Komisaris Jendral Leonardus Petrus Josephus Burggraaf Du Bus de Gisignies. Ia adalah orang yang dianggap sangat penting dalam sejarah pembangunan Gereja Katedral.

Tribunnews.com

5. Museum Joang 45

Museum Joang 45 menyimpan banyak sekali benda yang sangat penting berkaitan dengan perjuangan Indonesia untuk Kemerdekaan.

Bangunan yang sudah berdiri sejak 1938 ini berlokasi di Jalan Menteng Raya Nomor 31, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

Kemudian bangunan ini mengalami renovasi dan akhirnya dijadikan museum pada tanggal 19 Agustus 1974, jika lalu lintas terpantau lancar, menuju ke Museum Joang 45 dari Monas memakan waktu berkendara kurang lebih lima menit dengan jarak 1,3 km. Untuk tiket masuk Musuem Joang dikenakan biaya Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.0000 untuk anak.

Ngobrolin.id

6. Lapangan Banteng

Lapangan Banteng yang sering digunakan sebagai tempat berolahraga atau sekedar santai bisa mampir kesini, selain bisa olahraga dan menjajal trek atletiknya para wisatawan juga bisa melihat air mancur menari, anak-anak juga bisa menghabiskan waktu di area bermain.

Disini juga memiliki beberapa spot foto yang dapat dijajal seperti amphitheatre, Monumen Pembebasan Irian Barat, jembatan cinta, dan rumah Hobbit.

Jika kamu berada di Monas ingin ke Lapangan Banteng Jakarta hanya berjarak sekitar 1,6 km, dengan waktu tempuh tiga menit naik kendaraan sedangkan jalan kaki butuh waktu sekitar 10 menitan.

Popmama.com

7. Perpustakaan Nasional Indonesia

Perpustakaan Nasional Indonesia berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, Gambir, Jakarta Pusat. Seperti yang dikutip Tourism Jakarta, gedung Perpustakaan Nasional dirancang oleh J.J.J de Bruyn, A.P Smith, dan Charles van de Linde, serta dibangun pada 1942.

Buat yang ingin mengunjungi perpustakan 27 lantai ini dapat menemukan berbagai macam buku untuk segala usia, serta melakukan aktivitas lain, seperti berfoto atau menikmati pemandangan Jakarta dari ketinggian.

Jadwal buka perpustakaan ini dari jam 08.00-16.00 WIB pada Senin hingga Jumat. Sementara pada Sabtu dan Minggu, buka pukul 09.00-15.30 WIB.

afar.com

8. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia ini merupakan salah satu tempat Wisata Sekitar Monas yang dapat kamu kunjungi, jaraknya hanya 60 meter dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar tujuh menit saja.

Para pengunjung yang datang ke Museum Nasional Indonesia dapat melihat beragam peninggalan bersejarah dari berbagai zaman.

Berdasarkan situs remisnya, disini tersimpan banyak sekali koleksi dari zaman dulu yang totalnya mencapai 160.000 koleksi.

Gedung yang telah dibangun diatas tanah seluas 26.500 meter persegi dan memiliki dua bangunan utama, di gedung A digunakan untuk ruangan pameran, sedangkan untuk gedung B yang memiliki sebutan sebagai Gedung Arca digunakan untuk kantor, ruang konferensi, laboratorium, perpustakan, dan ruang pameran.

Berlokasi di Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat. Museum Nasional ini memiliki jam operasional mulai dari jam 09.00 WIB sampai 16.00 WIB, namun tutup setiap Senin dan hari libur nasional.