Wisata Kuliner – Liburan saat Ramadan ke Kota Pekalongan untuk melihat-lihat koleksi batiknya memang menjadi tujuan utama, tetapi jika liburan ke Pekalongan kurang lengkap jika tidak berwisata kuliner.

Pekalongan terkenal dengan hidangan Nasi Megono yang sering kali dicari oleh wisatawan, dengan adanya percampuran budaya di Pekalongan membuatnya cita rasa kuliner Khas pekalongan beraneka raga, berikut ini 9 lokasi kuliner terlezat di Pekalongan yang cocok untuk berbuka puasa.

 

9 Wisata Kuliner Terlezat Pekalongan Yang Cocok Untuk Buka Puasa

phinemo.com

1. Sapitan

Hidangan khas Pekalongan ini wajib kamu cicipi, ketika sedang liburan di Pekalongan, terlebih lagi cocok dijadikan sebagai menu untuk berbuka puasa.

Sapitan yang tebuat dari daging sapi ditumbuk halus dengan dicampur bersama aneka rempah, kemudian daging dikepal pada capitan yang dibuat menggunakan bambu, lalu di bakar.

 

9 Wisata Kuliner Terlezat Pekalongan Yang Cocok Untuk Buka Puasa

Tastemade

2. Soto Tauto

Tauto merupakan kuliner khas Pekalongan berupa Soto. yang membuatnya berbeda dari soto lainnya adalah, Tauto dimasak menggunakan bumbu tauco manis, untuk isinya antara lain daging sandung lamur, telur rebus, dan emping, yang disajikan dengan taburan bawang goreng serta seledri dan perasan jeruk nipis.

Kamu bisa menemukan Tauto di berbagai warung-warung tauto di sepanjang jalan Pantura, maka dari itu juga hidangan ini mudah di temukan jika sedang ingin berbuka puasa.

 

9 Wisata Kuliner Terlezat Pekalongan Yang Cocok Untuk Buka Puasa 3

cookpad.com

3. Pindang Tetel

Pindang Tetel tidak seperti yang kalian pikirkan, hidangan sayur dengan ikan pindang, akan tetapi sayur yang berisi dengan tetelan sapi dan irisan daun bawang dengan bumbu pindang, yaitu rempah-rempah bercampur kluwak.

Ciri khas dari hidangan ini adlah selalu disajikan dengan kerupuk warna-warni yang digoreng dengan pasir, untuk mendapatkan hidangan khas Pekalongan ini kamu bisa mengunjungi Desa Ambokemabang, kecamatan Kedungwuni.

 

9 Wisata Kuliner Terlezat Pekalongan Yang Cocok Untuk Buka Puasa 4

tripadvisor.com

4. Nasi Kebuli

Jika kamu sedang bingung mencari makanan berbuka puasa, kamu bisa datangi RM Puas Pekalongan, berlokasi di jalan Surabaya yang terkenal dengan kampung Arab, disana kamu bisa menemukan hidangan khas Nasi Kebuli yang sangat terkenal dan dapat memanjakan lidah para pengunjung, kamu wajib mampir kesini.

 

9 Wisata Kuliner Terlezat Pekalongan Yang Cocok Untuk Buka Puasa 5

klimg.com

5. Sop Buntut

Menikmati kuliner yang hangat-hangat untuk berbuka puasa pastinya menjadi pilihan yang dinanti-nanti, seperti Sop Buntut yang ada di Rumah makan Bu Leman, rumah makan yang terletak di jalan Dr. Wahidin No. 91 D, Noyontaan, Pekalongan Timur.

Dengan rasa soto yang sangat gurih membuat kamu akan terus menikmati setiap suapan, dipastikan tidak akan cukup 1 porsi saja.

 

9 Wisata Kuliner Terlezat Pekalongan Yang Cocok Untuk Buka Puasa 6

detik.net.id

6. Seafood

Seafood menjadi pilihan yang tepat untuk kamu menjadikan hidangan berbuka puasa, apalagi ada menu spesial berupa kepiting, kamu bisa menikmati kepiting super dengan beragam bumbu masakan seperti saus tiram, asam manis dan masih banyak lainnya.

amu bisa menuju jalan Pantai Sari Pekalongan, Panjang Wetan, Pekalongan Utara. Untuk menikmati Kepiting Gemes Pak Mamo itu.

 

9 Wisata Kuliner Terlezat Pekalongan Yang Cocok Untuk Buka Puasa 7

Travelingyuk.com

7. Garang Asem

Garang Asem makanan yang lezat dengan kuah asem-asem gurih ini bisa menjadi pilihan mu untuk berbuka puasa dengan meyantapnya bersama nasi hangat, uniknya dari garang asem di Pekalongan ini tidak memakai daun pisang saat menyajikannya, garang asem disajikan dengan mangkok dengan potongan belimbing wuluh, tomat hijau dan cabe rawit. kamu bisa mengunjungi rumah makan H Masduki yang terkenal dengan hidangan Garang Asem ini, di Jalan Jenderal Sudirman No. 169, Pekalongan. Arah ke Jakarta dari Semarang.

 

9 Wisata Kuliner Terlezat Pekalongan Yang Cocok Untuk Buka Puasa 8

.sindonews.net

8. Nasi Uwet

Nasi Uwet yang berada di warung pak H.Zarkasi ini tidak boleh kamu lewatkan saat liburan ke Pekalongan, terlebih lagi jika kamu ingin menjadikannya hidangan berbuka puasa, kamu pasti akan ketagihan dengan olahan daging kambing berbumbu rempah serta kuah yang sangat gurih, Nasi uwet H. Zarkasi ini terkenal di Kota Pekalongan, kamu bisa mendatangi warung makan ini di Jalan Sulawesi No. 25 Kelurahan Bendan Kergon, Kecamatan Pekalongan Barat.

 

9 Wisata Kuliner Terlezat Pekalongan Yang Cocok Untuk Buka Puasa 9

travelingyuk.com

9. Sego Megono

Sego megono merupakan hidangan yang sangat terkenal di kota Pekalongan, hidangan khas ini sangat cocok untuk disantap saat berbuka puasa, pasalnya sangat mengenyangkan dan juga rasanya yang lezat dengan berbagai campuran sayur berbahan dasar nangka muda yang di cacah dan dicampur dengan parutan kelapa berserta bumbu urap.

Sego megono mbah Ibah yang ada di Taman Sorogenen, Jalan Mawar, Kota Pekalongan merupakan salah satu yang legendaris.