Tips Traveling – Tahukah kamu ? Paspor merupakan dokumen penting yang mesti dimiliki oleh tiap-tiap-tiap-tiap individu yang akan mau bepergian ke luar negeri. Soalnya, paspor akan menjadi salah satu petunjuk pengenal diri  yang paling valid dari para wisatawan yang akan berkunjung ke sebuah negara. Mengenai paspor ini, akan ada banyak hal yang wajib kamu ketahui supaya paspor yang kamu miliki nantinya akan tetap dapat digunakan di negara yang akan kamu kunjungi saat wisata nanti.

Salah satu hal penting yang bersangkutan dengan paspor adalah masa berlaku passport itu sendiri. Masa berlaku yang dimiliki paspor biasanya berkisar  5 tahun, dan passport yang  bagus itu adalah passport yang  berisi 24 lembar ataupun 48 lembar. Jadi, bagi kamu yang sudah mempunyai passport, kamu mesti bersiap untuk melaksanakan perpanjangan paspor yang kamu miliki sebelum masa aktifnya berakhir lho.

Ada dua metode perpanjangan paspor yang dapat kamu lakukan. Pertama yaitu melakukan perpanjangan secara manual, yaitu pemohon datang ke kantor imigrasi terdekat dengan membawa persyaratan untuk perpanjangan dan juga mengisi formulir yang sudah disediakan oleh pihak imigrasi.

Metode perpanjangan paspor yang kedua yaitu perpanjangan passport secara online. Metode perpanjang paspor online ini merupakan metode yang paling tepat dan tentunya tidak akan memakan waktu lama untuk melakukan pendaftaran karena hemat waktu dan tenaga. Namun ada yang perlu kamu ingat, kamu mesti konsisten datang ke kantor imigrasi untuk melaksanakan wawancara, foto, serta menyerahkan data dan bukti pembayaran sebelum metode perpanjangan dilakukan.

Mengingat perpanjang paspor online  ini merupakan  cara yang paling tepat bagi kamu yang tidak memiliki waktu banyak diwaktu hari kerja, berikut ini Reservasiku.Com berikan Cara daftar perpanjangan paspor online secara mudah dan cepat:

Cara Perpanjang Passpor Mudah Secara Online 2

Source : Reservasiku.Com

Kunjungi web Imigrasi

Pertama, kunjungi web antrian imigrasi di www.antrian.imigrasi.go.id. Klik Tombol Pendaftaran jika belum mempunyai akses masuk. Isi form pendaftaran yang diminta. Mencakup username, password untuk login, Nomor Induk Kependudukan, Telepon, Email dan alamat sesuai KTP.

Setelah melakukan pendaftaran, nanti akan mendapatkan notifikasi ke e-mail yang sudah di daftarkan tadi, pendaftar bisa langsung mengecek email yang dikirimkan aplikasi antrian paspor

Setelah mendapatkan email untuk validasi e-mail, pendaftar dapat langsung mengklik link click here. Setelah klik tautan tersebut, kamu akan diarahkan ke halaman pemberitahuan bila akun telah di aktivasi secara benar dan calon pendaftar bisa langsung masuk kedalam aplikasi antrian paspor dengan username dan password yang didaftarkan pada proses sebelumnya

Cara Perpanjang Passpor Mudah Secara Online

Source : Reservasiku.Com

Pilih Jadwal untuk Datang Ke Kantor Imigrasi

Metode perpanjang paspor online selanjutnya merupakan dengan memilih jadwal yang tersedia untuk datang ke lokasi kantor Imigrasi terdekat dengan klik tombol permohonan. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan e-mail berisi Pedoman Terima Pra Permohonan dari Imigrasi. Jangan lupa cetak dan bawa saat kamu datang ke Kantor Imigrasi yang sudah kamu pilih.

Datang ke Kantor Imigrasi Sesuai Jadwal

Nah, metode perpanjang paspor online yang terakhir merupakan mengunjungi kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang sudah kamu pilih, dengan membawa berkas atau dokumen yang dibutuhkan dalam prasyarat.

Dokumen persyaratan yang akan kamu bawa untuk perpanjangan meliputi sebagai berikut :

  • KTP yang masih berlaku
  • Kartu Keluarga
  • Akta kelahiran, Akta Perkawinan, Buku Nikah atau Ijazah

Setelah kamu membawa persyaratan tersebut. kamu perlu untuk antri untuk mendapatkan giliran Wawancara, Verifikasi Berkas, Pengambilan Biometrik, dan Foto. Pengambilan paspor yang sudah jadi terhitung 3-4 hari kerja setelah wawancara dan verifikasi berkas. Atau kamu dapat mengecek melalui web imigrasi dengan memilih menu Status Pra Permohonan.

Begitulah Cara Perpanjang Paspor Online  secara mudah. Jangan lupa untuk memerhatikan cara dan juga ketetapan lainnya supaya perpanjangan passport kamu berjalan dengan lancar. Gimana, mudah kan metode perpanjang paspor online ini?.