Wisata Kuliner India – India, negara yang memiliki kedekatan geografis, budaya, serta sejarah dan bahasa, ternyata tidak hanya itu saja melainkan sampai dalam bidang kuliner India dan Indonesia memiliki kesamaan antara kedua bangsa, Dan sampai saat ini di negeri Kelahiran Mahatma Gandhi itu memiliki berbagai macam kuliner yang lezat dan nikmat mirip dengan kuliner Indonesia.

Jika kamu berpetualang ke tanah Hindustan, kamu tidak perlu khawatir jika perutmu kosong, disana banyak sekali yang berjualan di pinggir jalan, dan rasanya sangat otentik dengan makanan Indonesia, karena kedua negara sama-sama mengkonsumsi kaya akan rempah-rempah, Jika kita lihat dari makanan India yang populer, banyak kemiripan yang bisa kita bandingkan seperti dari perwujudan warna, aroma, tekstur, rempah-rempah serta cita rasa dan cara membuatnya.

Sempatkan dirimu mampir ke Ibu Kota India, New Delhi, Disini para Traveller akan banyak mengalami wisata kuliner yang sangat bermacam-macam hidangannya, ada yang vegetarian dan non-vegetarian, langsung saja kita bahas apa saja 5 kuliner khas India yang sama dengan Indonesia lezat dan nikmat itu, yuk disimak di bawah ini guys.

1. Kue Puttu

Mencicipi 5 Kuliner Khas India Yang Sama Dengan Indonesia Lezat dan Nikmat

wikimedia.org

Mungkin yang kita ketahui tentang Kue Putu hanya sedikit bagian dari sejarah kue Ini, kue ini jika di India dapat kamu temukan di bagian India Selatan yang menjadi makanan khasnya, lebih tepatnya di Kerala dan Tamil Nadu, tekstur kue ini sangat mirip dengan kue putu di Indonesia, metode memasaknya juga sama dikukus serta bahan dasarnya antara lain tepung beras, kelapa parut dan gula merah.

Kue Puttu di India biasanya di santap dengan kari sebagai menu sarapan pagi, sedangkan kue Putu di Indonesia seperti layaknya cemilan saja, Di New Delhi kamu juga bisa mendapatkan hidangan ini, kunjungi saja restoran yang khusus menyajikan makanan India selatan.

2. Paratha – Roti Cane

Mencicipi 5 Kuliner Khas India Yang Sama Dengan Indonesia Lezat dan Nikmat

flickr.com

Paratha merupakan roti pipih yang dijadikan sebagai makanan pokok masyarakat India yang tepatnya di bagian selatan, terlihat dari warna, tekstur dan tentunya cita rasa, makanan yang ini mirip sekali dengan roti cane yang biasa kita makan dengan kari ayam atau di restoran mie aceh, yang biasanya menyiapkan hidangan roti cane juga.

Paratha dan roti Cane memiliki bahan dasar yang sama yaitu tepung terigu atau tepung gandum dan margarin, tetapi ada satu perbedaan yang sangat dasar adalah Paratha di India pembuatannya menggunakan telur sedangkan jika di Indonesia sama sekali tidak menggunakan telur.

3. Butter Chicken – Gulai Ayam

Mencicipi 5 Kuliner Khas India Yang Sama Dengan Indonesia Lezat dan Nikmat

flickr.com

Butter Chicken hidangan yang mirip sekali dengan hidangan di Indonesia Gulai Ayam, jika kamu perhatikan dari warna dan tekstur serta cita rasa juga memiliki kesamaan, biasanya kuah berwarna kuning yang memakai bahan utama ayam dan beragam rempah seperti cengkeh, garam masala, jinten, daun kari, krim, susu, yoghurt, dan kapulaga.

Butter Chicken dapat kamu temui di berbagai wilayah di India, baik itu di bagian utara ataupun di Selatan, yang masing-masing daerah memiliki ciri khasnya tersendiri, akan tetapi untuk rasa tetap maknyus, Ketika kamu di New Delhi coba kunjungi di restoran Moti Mahal dan Punjabi by Nature karena memiliki rasa yang nikmat dan lezat.

4. Appam – Kue Apem

Mencicipi 5 Kuliner Khas India Yang Sama Dengan Indonesia Lezat dan Nikmat

palapanews.com

Kue Appam jika di wilayah India bagian selatan lebih tepatnya di Kerala, kamu dapat menemukan kue unik ini, Appam memiliki warna, tekstur, aroma serta cita rasa yang sangat mirip dengan kue apem asal Indonesia, Appam dan kue apem merupakan salah satu makanan yang difermentasikan dengan bahan dasar nasi/tepung beras, kelapa serta gula.

Serupa tapi tidak sama, kamu dapat melihat perbedaan ketika kamu merasakan rasanya terlebih dahulu, Appam memiliki rasa asin/savoury dan disantap seperti layaknya nasi dengan lauk pelengkap, berbeda dengan kue apem, yang memiliki rasa manis serta disantap untuk hidangan penutup.

Untuk mencoba Kue Appem dengan rasa otentik adalah mencoba kunjungi restoran Coast Cafe di Hauz Khas Village.

5. Pakora – Bakwan Sayur

Mencicipi 5 Kuliner Khas India Yang Sama Dengan Indonesia Lezat dan Nikmat

pexels.com

Pakora adalah sejenis makanan India yang paling banyak disukai oleh masyarakat India, bisa dibilang hidangan ini seperti cemilan, jika di Indonesia bisa disamakan dengan gorengan atau lebih tepatnya Bakwan Sayur, makanan vegetarian ini terbuat dari tepung terigu, garam masala, dan beragam sayuran antara lain bayam, daun bawang, dan ketumbar. Semua bahan di campur menjadi satu adonan yang kemudian digoreng dengan minyak yang mendidih.

Semua proses dan bahan baku sama persis seperti gorengan Bakwan di Indonesia, Pakora memiliki cita rasa yang sedap dan nikmat, dan mudah untuk diperoleh di berbagai tempat, Jika kamu penasaran dengan rasanya coba kunjungi restoran seperti Haldirams, Bikanervala, Sagar Ratna, Saravana Bhavan hingga di hotel ternama seperti Le Meridien, the Imperial, dan Leela Palace.

HOTEL MURAH DAN POPULER DI INDIA