Wisata Fakfak Indonesia – Mungkin diantara kalian ada yang belum mengetahui tentang kota ini, kota tertua yang ada di Papua, yaitu kota Fakfak, kita akan bahas sedikit tentang sejarah kota ini ya guys, di masa pemerintahan Belanda di tahun 1898, tanah di Papua terbagi menjadi dua karesidenan atau afdeeling, yakni Afdeeling West en Zuid Nieuw Guinea yang ada di Fakfak dan Afdeeling Noord Nieuw Guinea yang lokasinya ada di Manokwari.

Setelah memasuki thaun 1952, terjadi pembagian daerah menjadi empat afdeeling dan Fakfak rupanya menjadi masuk ke dalam afdeeling West Nieuw Guinea. Setelah itu di tahun 1961 terjadi perubahan terakhir dimana menjadi enam afdeeling, terdiri dari tiga onderafdeeling yang dibawahi oleh afdeeling Fakfak, yaitu Mimika, Kaimana dan Fakfak sendiri. Kabupaten Fakfak pun terbentuk akhirnya pada saat setelah undang-undang tahun 1969 dikeluarkan. Undang-undang tersebut untuk mengatur otonomi di Papua Barat sehingga terciptalah kabupaten, Walaupun daerah Fakfak tidak banyak orang yang mengetahuinya bahwa disana tersimpan surganya dunia, kamu dapat menemukan 6 Tempat Wisata Alam Fakfak Papua Barat yang Eksotis, walaupun jauh, tetapi sangat pantas untuk dikunjungi, daripada penasaran kita langsung bahas saja dimana saja daerah tersebut, disimak di bawah ini ya guys.

1. Air Terjun Kitikiti

Berkunjung Ke 6 Tempat Wisata Alam Fakfak Papua Barat yang Eksotis

gotravelly.com

Wisata alam papua satu ini terlihat unik karena jika kamu perhatikan air terjun Kitikiti, airnya langsung menuju jatuh ke laut, yang membuatnya tampak indah ketika kamu memandangnya disana, tidak hanya itu, jika kamu punya hobi menyelam tempat ini memberikan berbagai macam jenis ikan dan terumbu karang yang cantiuk, dan juga kamu dapat memancing beberapa ikan yang bisa dimakan, banyak ikan kecil dan ikan besar yang bisa kamu dapatkan di air terjun ini.

Ikan pari, kakap, kerapu, tuna, tenggiri, dan lain-lainnya bisa kamu temukan di perairan dekat iar terjun Kitikiti ini, jika kamu takut menyelam, kamu juga bisa snorkeling disini, kamu juga bisa menyewa long boat atau speed boat untuk menjelajahi hutan heterogen, tetapi harus kamu ingat siapkan dahulu uang sewanya sebesar Rp 3,5 juta untuk 3 jam.

2. Masjid Tua Patimburak

Berkunjung Ke 6 Tempat Wisata Alam Fakfak Papua Barat yang Eksotis

goodnewsfromindonesia.id

Selain wisata alam Fakfak yang menawan disini kamu juga bisa mendapatkan wisata religi, yang dimana disini terdapat Masjid Tua Patimburak yang pembangunannya sudah lebih dari 200 tahun yang lampau, Dikenal dengan masjid paling tua yang ada di Kabupaten Fakfak, Pertama kali di banguin pada tahun 1870 oleh Abuhari Kilian-lah, dengan tinggi bisa sampai 100 meter, ada satu hal yang menarik dari bangunan masjid ini, karena bangunan ini memadukan antara masjid dan gereja.

3. Air Terjun Tagor

Berkunjung Ke 6 Tempat Wisata Alam Fakfak Papua Barat yang Eksotis

indonesia-tourism.com

Tempat ini belum banyak Traveller yang mengetahuinya, pasalnya wisata alam Fakfak kali ini masih sulit untuk di jangkau, foto air terjun ini saja hanya sedikit yang beredar di dunia Internet, walaupun kamu menggunakan mobil, Air Terjun Tagor menjadi salah satu destinasi utama bagi para Traveller yang ingin liburan di tempat yang sepi, Ketinggian air terjun ini masih belum diketahui.

Air terjun ini terletak di Kampung Mambunibuni, deburan air yang jatuh dari dinding-dinding tebing akan memberikan sensasi relaks, apa lagi di tambah tempat yang sepi, kamu akan betah untuk berlama-lama disini.

4. Pantai Patawana

Berkunjung Ke 6 Tempat Wisata Alam Fakfak Papua Barat yang Eksotis

gotravelly.com

Pantai Patawana yang terletak di Papua Barat, memiliki pesona alam yang indah dan menawan dengan hamparan pasir putih kemerahan, air laut yang berwarna biru jernih, di tambah dengan deretan pohon kelapa di bibir pantai yang mnejadikan pesona andalan dari pantai Patawana ini.

Untuk Ekosistem di pantai ini masih alami dan sangat terjaga, kamu bisa melihat berbagai jenis burung yang beterbangan di skeitar kawasan pantai ini, yang suka menyelam kamu bisa menikmati terumbu karang dan ikan laut dengan berbagai jenis, bahkan banyak nelayan yang mencari ikan disini.

Untuk kamu yang ingin mencoba olahraga unik Body Surfing disarankan untuk datang pada bulan Agustus sampai Desember karena di bulan itu pengunjung bisa menikmati ombak yang khas dari Pantai Patawana ini.

5. Situs Purbakala Tapurarang

Berkunjung Ke 6 Tempat Wisata Alam Fakfak Papua Barat yang Eksotis

traveltodayindonesia.com

Wisata alam satu ini bakal membuatmu takjub karena situs ini merupakan peninggalan dari zaman pra-sejarah, kamu bisa menemukan lukisan tebing dengan warna merah yang terlihat seperti lukisan tangan, dan uniknya dari tempat ini adalah sebuah situs yang di jadikan tradisi bagi orang yang meninggal jasadnya akan dibuang ke tebing ini, bukan dikubur, jadi siapkan mental kamu ketika tiba-tiba menemukan tulang tengkorak manusia di kawasan tebing satu ini.

Dan sisi uniknya di situs ini adalah cat yang digunakan untuk melukis masih terlihat sangat jelas meski alami, belum diketahui bahwa warna merah yang dijadikan cat ini, persis seperti warna darah manusia, maka dari itu lukisan ini dinamakan dengan lukisan cap tangan darah oleh warga sekitar

6. Pantai Pasir Putih

Berkunjung Ke 6 Tempat Wisata Alam Fakfak Papua Barat yang Eksotis

kompasiana.com

Jika kamu ke arah timur dari kota pusat Fakfak, sekitar 8 kilometer, entah menggunakan motor atau mobil kamu akan menemukan surga yang cantik, yaitu Pantai Pasir Putih, Pantai ini memiliki hamparan pasir yang lembut dan putih seperti karpet dengan bulu yang halus, dengan keadaan sekitar yang sepi membuat liburanmu di pantai ini bisa merelaksasikan pikiran dan badan lebih baik, selain itu vegetasi yang berada di pantai ini semuanya masih natural, dan juga suhu yang sejuk akan membuatmu betah berlama-lama di pantai ini.

HOTEL MURAH DAN POPULER DI PAPUA BARAT