Wisata Kuliner – Jika kamu belum mengetahui dimana itu kota Tanjung Selor, berarti kamu belum piknik yang jauh, Kota yang terletak di bagian Pulau Kalimantan merupakan Ibu Kota Kalimantan Utara, memiliki sejarah panjang perdagangan di masa lampau. Dengan lokasi strategis terhadap wilayah Kesultanan Bulungan, Kota ini sudah sejak lama menjadi jalur perdagangan internasional sejak abad ke-19.

Ibukota dari Provinsi Kalimantan Utara ini terkenal tidak hanya tentang perdagangan yang panjang akan tetapi dengan wisata kulinernya yang sangat unik dan lezat. Jika kamu berkunjung ke Kalimantan Utara sempatkan dirimu untuk mencoba Wisata Kuliner Khas Kalimantan Utara ini, dijamin kamu tidak akan rugi, Jika kamu masih bingung apa saja hidangan yang harus kamu cicipi berikut ini 7 wisata kuliner khas Tanjung Selor Kalimantan Utara yang wajib kamu cicipi, simak ya guys.

1. Tudai

Mencoba Lezatnya 7 Wisata Kuliner Khas Tanjung Selor Di Kalimantan Utara

sumber.com

Kuliner yang menggunakan bahan dasar makanan laut ini, bisa menjadi salah satu alternatif santapanmu ketika berkunjung ke Kalimantan Utara, lebih tepatnya kota Tanjung Selor. Kerang Tudai merupakan kerang yang memiliki daging yang sangat tebal dengan cangkang warna kehitaman dan jingga yang banyak sekali bisa kamu temukan di daerah Bulungan.

Selain kamu bisa merebusnya dan dimakan secara langsung, makanan khas Tanjung Selor ini bisa di jadikan sebagai sambal goreng yang seringkali dijadikan hidangan saat perayaan-perayaan pernikahan ataupun pesta adat.

2. Sate Ikan Pari

Mencoba Lezatnya 7 Wisata Kuliner Khas Tanjung Selor Di Kalimantan Utara

sumber.com

Makan sate ayam atau kambing mungkin satu hal yang sudah pernah kamu cicipi, hidangan satu ini kami yakin kamu belum pernah mencobanya yakni Sate Ikan Pari, sudah jelas bahan utama yang dipakai adalah Ikan Pari. Makanan ini merupakan makanan khas Tanjung Selor yang memberikan kamu cita rasa unik dan berbeda.

Ditambah dengan rempah-rempah, rasa dari makanan khas Kalimantan Utara ini makin membuat hidangan ini sangat menarik belum lagi ditambahkan dengan madu dan kecap manis yang dilumuri saat proses pembakaran.

3. Lawa

Mencoba Lezatnya 7 Wisata Kuliner Khas Tanjung Selor Di Kalimantan Utara

makananoleholeh.com

Lawa jika kamu lihat bentuknya memang agak asing, makanan ini merupakan hidangan khas dari Kerajaan Bulungan, yang merupakan kerajaan berada di wilayah Kalimantan Utara. Makanan Khas Kalimantan Utara ini menggunakan bahan dasar dari timun atau rumput laut. Kemudian diolah dengan kelapa sangrai dan udang galah atau juga kerang-kerangan.

Serta rasa yang menyegarakan, kuliner khas Tanjung Selor ini seringkali menjadi sebagai menu makanan pembuka yang sangat difavoritkan sebelum akan memulai hidangan utama.

4. Ikan Asin Richa

Mencoba Lezatnya 7 Wisata Kuliner Khas Tanjung Selor Di Kalimantan Utara

sumber.com

Makanan Khas Tanjung Selor sering kali dijadikan sebagai pendamping nasi subut yakni Ikan Asin Richa, Kuliner yang sering dikenal dengan sebutan Ikan Asin Pedas atau Gami.

Hidangan Khas Kalimantan Utara ini pada umumnya diproses dengan cara ditumis bersama saus gurih dan sayur singkong tumis untuk melengkapi sepiring nasi subut yang hangat ketika bersantap siang ataupun malam hari.

5. Nasi Subut

Mencoba Lezatnya 7 Wisata Kuliner Khas Tanjung Selor Di Kalimantan Utara

pergikuliner.com

Kuliner Khas Tanjung Selor ini menjadi makanan pokok, karena masih menggunakan bahan dasar nasi, yakni Nasi Subut.

Dengan warna nasi yang keunguan, tentunya membuat kuliner khas Tanjung Selor ini membuat tampilannya lebih menarik, warna ungunya diperoleh dari ubi ungu, selain itu dilengkapi juga dengan bulir jagung, dan berbagai bumbu untuk membuat rasanya lebih gurih dan nikmat.

6. Tumis Kerang Kapah

Mencoba Lezatnya 7 Wisata Kuliner Khas Tanjung Selor Di Kalimantan Utara

selerasa.com

Kota Tanjung Selor memang sangat kaya dari hasil lautnya, selain kepiting Sokat masih ada juga yaitu Kerang Kapah, jika dioleh dengan cara di tumis menggunakan bumbu-bumbu yang tepat makan akan tercipta cita rasa yang tidak kalah dari hidangan laut lainnya. Hidangan ini sangat populer khususnya di Tarakan.

Dengan kandungan yang kaya akan Protein, serta rasanya yang gurih tumisan yang dicampur dengan bumbu rempah dan kesegaran perasan jeruk nipis membuat tambah segar.

7. Kepiting Soka

Mencoba Lezatnya 7 Wisata Kuliner Khas Tanjung Selor Di Kalimantan Utara

Tempo

Buat para pecinta Makanan Laut sepertinya hidangan khas Kalimantan Utara satu ini akan menjadi menu favoritmu ketika liburan di kota Tanjung Selor. Kepiting Soka menjadi salah satu kuliner yang digemari oleh banyak orang, karena rasanya yang lezat, kepiting ini juga rendah akan lemak dan kaya akan mineral, protein, dan juga vitamin.

Di kota Tanjung Selor sendiri kuliner ini banyak sekali caranya untuk di olah, dari ditumis dengan saus berbumbu, hingga digoreng sampai garing, apapun gaya masakannya kamu pasti akan menyukainya.

HOTEL MURAH DAN POPULER DI KALIMANTAN UTARA