Wisata Kuliner – Kalimantan Timur selain terkenal dengan wisata yang indah seperti Pulau Derawan, Maratua, dan Kakaban yang merupakan tiga destinasi andalan yang tidak boleh kamu lewatkan ketika memiliki rencana untuk berlibur ke Kalimantan Timur.

Jalan-jalan saja kurang lengkap jika kamu belum mencoba kuliner khas Kalimantan Timur yang otentik. Terlebih lagi Kalimantan Timur terkenal juga dengan wisata kulinernya yang lezat. maka dari itu Reservasiku akan memberikan beberapa rekomendasi 6 wisata kuliner khas Kalimantan Timur, Berikut ini daftarnya.

1. Nasi Kuning Khas Kalimantan Timur

Mencoba Nikmatnya 7 Wisata Kuliner Khas Kalimantan Timur

Okezone

Nasi kuning memang tidak hanya khas Jawa saja yang memilikinya tetapi Kalimantan Timur juga mempunyai kuliner yang serupa.

Nasi yang dimasak menggunakan kunyit, santan, dan disajikan dengan telur, ikan, ayam, atau juga daging dan lauk kering, Biasanya nasi ini dinikmati ketika pagi hari atau pada acara penting sebagai nasi tumpeng.

2. Bubur Pedas

Mencoba Nikmatnya 7 Wisata Kuliner Khas Kalimantan Timur

Detik

Bubur yang biasanya disajikan dengan ayam, maka Bubur Pedas Khas Kalimantan disajikan dengan ikan teri dan kacang goreng, memang terlihat seperti bubur Manado, banyak traveller dan masyarakat setempat yang ingin menikmatinya dengan ayam juga bisa.

Bubur Pedas ini mencampurkan rempah-rempah seperti jintan, ketumbar, lada hitam, lengkuas, dan cabai.

3. Sambal Raja Kalimantan Timur

Mencoba Nikmatnya 7 Wisata Kuliner Khas Kalimantan Timur

phinemo.com

Kalimantan Timur juga memiliki sambal khasnya, seperti Bali yang terkenal dengan sambal matah, kalau Kalimantan Timur ada Sambal Raja, Sambal khas Kalimantan Timur terdiri dari kacang panjang yang dipotong secara kecil-kecil, terong ungu dipotong dadu, bawang merah potong, cabai merah dan cabai rawit dan juga telur rebus yang telah di cincang.

Untuk membuatnya cukup mudah, kamu hanya mengoreng semua bahan dengan minyak panas dan cabai, gula, terasi, dan garam yang telah dihaluskan, Setelah itu semua bahan matang masukan perasaan jeruk cina. Sambal ini akan nikmati ketika di santap dengan nasi hangat dan ikan goreng, rasanya yang lezat dan gurih akan membuat lidahmu bergoyang seru.

4. Gence Ruan

Mencoba Nikmatnya 7 Wisata Kuliner Khas Kalimantan Timur

food.detik.com

Memang terdengar sedikit asing di telinga kita, akan tetapi ketika kamu melihat dan mencicipinya pasti tidak akan cukup satu porsi.

Gence Ruan merupakan hidangan khas Kalimantan Timur yang menggunakan bahan dasar dari ikan gabus atau masyarakat setempat menyebutnya ikan Haruan yang dibakar diatas bara api dengan menggunakan bumbu tumis yang banyak. Setelah itu di bakar ikan yang biasanya akan dilumur dengan sambal goreng yang sedap !. Paling nikmat ketika kamu menyantapnya dengan nasi hangat dan tumis daun pakis yang renyah.

5. Nasi Bekepor

Mencoba Nikmatnya 7 Wisata Kuliner Khas Kalimantan Timur

phinemo.com

Nasi Bekepor merupakan hidangan khas Kalimantan Timur yang sangat sulit kamu temukan akan tetapi karena rasanya sangat lezat banyak juga orang yang akan berusaha mendapatkan kuliner ini. Nasi Bekepor merupakan nasi putih yang di campur dengan ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan sayur gangan asam kukar yakni sejenis seperti sayur asem yang diolah bersamaan dengan ikan dan ubi manis khas Kalimantan Timur atau juga daging masak bumi hangus.

6. Sate Payau

Mencoba Nikmatnya 7 Wisata Kuliner Khas Kalimantan Timur

phinemo.com

Sate Payau tidak seperti yang kamu pikirkan seperti sate biasanya, ketika upacara adat Kalimantan Timur atau saat festival kesenian yang sering diadakan di Kalimantan Timur kamu akan sering menemukan hidangan khas ini.

Kuliner ini sangat jarang kamu temukan dimana saja. dan hanya di hari-hari tertentu karena menggunakan bahan dasar daging Rusa, dan saat ini rusa menjadi hewan yang dilindungi di Kalimantan Timur. Sate Payau memiliki tekstur yang lembut dan empuk di bandingkan daging sapi dan rasanya yang manis dikarenakan telah dimarinate dengan bumbu sate. Untuk menemukan hidangan ini kamu bisa coba menemukannya di Tepian pandan, Tenggarong.

Bagaimana sudah berminat untuk melakukan wisata kuliner Kalimantan Timur yang mengoyangkan lidahmu. Kamu bisa mencari tiket pesawat murah dan hotel murah di situs atau aplikasi Reservasiku.com, kamu dengan mudah mendapatkan yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

HOTEL MURAH DI KALIMANTAN TIMUR