Wisata KulinerKuliner Kota Pontianak memang terkenal dengan kelezatannya, apalagi semua kuliner yang berasal dari Kalimantan Barat, Tidak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke daerah Kalimantan Barat tanpa mencicipi makanan khasnya.

Kuliner Kalimantan Barat banyak jenisnya yang bisa kamu coba untuk di cicipi, lebih seru dan asik jika mencobanya bersama keluarga, yuk dari pada kamu penasaran mana saja 7 hidangan khas Kalimantan Barat yang wajib kamu cicipi, yuk disimak dibawah ini.

1. Asam Pedas Tempoyak Khas Ketapang

7 Hidangan Khas Wisata Kuliner Kalimantan Barat Yang Wajib Kamu Coba

backpackerjakarta.com

Pernah mencoba Tempoyak, olahan dari daging buah durian yang difermentasi, di kuliner ini, dijadikan sebagai bahan tambahan yang memberikan rasa serta aroma yang sangat khas.

Asam Pedas Tempoyak khas Ketapang menggunakan bahan dasar dari ikan patin yang di masak dengan tempoyak, paling nikmat jika kamu santap bersama nasi yang hangat.

2. Mi Sagu Khas Melayu

7 Hidangan Khas Wisata Kuliner Kalimantan Barat Yang Wajib Kamu Coba

Tribunnews.com

Mi Sagu merupakan hidangan kuliner tradisional melayu Pontianak, tapi ada yang membuatnya berbeda adalah Mi Sagu yang ada di Kalimantan Barat dengan Mi Sagu lainnya yaitu mi ini menggunakan kuah kaldi yang sangat khas, seperti namanya Mi Sagu ini terbuat dari bahan dasar sagu, yang dipotong menjadi bagian kecil seperti mi.

Mi yang telah dipotong kemudian akan direbus dan dicampur bersama bumbu tambahan seperti daun kecambah, kucai, merica, dan potongan daging. Untuk menyantapnya kamu bisa kapan saja pagi hari atau saat hujan.

3. Es Lidah Buaya Pontianak

7 Hidangan Khas Wisata Kuliner Kalimantan Barat Yang Wajib Kamu Coba

tribunnews.com

Lidah Buaya yang merupakan komoditas andalan dari kota Pontianak, Banyak olahan yang menggunakan lidah buaya yang bisa kamu cicipi, salah satunya Es Lidah Buaya, Es Lidah Buaya ini paling nikmat disantap saat cuaca panas, selain rasanya yng segar, es lidah buaya sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

4. Sotong Pangkong Khas Melayu

7 Hidangan Khas Wisata Kuliner Kalimantan Barat Yang Wajib Kamu Coba

Tribunnews.com

Sotong Pangkong bisa kamu temukan dimana saja saat di Kalimantan Barat ketika saat bulan Ramadhan, akan tetapi ketika hari biasa kamu tidak bisa menemukannya, Sotong Pangkong ini berbahan dasar dari cumi yang telah dikeringkan, kemudian akan dimasak dengan cara dipanggang, setelah itu sotong pangkong akan dipukul hingga menjadi empuk.

Kamu bisa menikmatinya dengan sambal kacang atau juga sambal pedas manis, memang terdengar sedikit aneh tapi disitu letak keunikan dari kuliner ini.

5. Kerupuk Basah Kapuas Hulu

7 Hidangan Khas Wisata Kuliner Kalimantan Barat Yang Wajib Kamu Coba

ksmtour.com

Kerupuk Basah yang sangat enak ketika kita nikmati saat masih panas, Kuliner Kalimantan Barat yang satu ini memakai bahan dasar ikan dan tepung, Ikan yang digunakan adalah ikan toman atau belida. Kerupuk basah sangat khas di Kota Pontianak adalah Kerupuk Basah Kapuas Hulu.

Untuk menikmati hidangan kuliner ini kamu bisa mencicipinya dengan dua pilihan sambal, dengan tekstur yang kenyal, pedas, manis dan aroma ikan yang berpadu ketika kamu masukan kedalam mulut. Daripada penasaran kamu wajib mencobanya.

6. Bubur Pedas Khas Sambas

7 Hidangan Khas Wisata Kuliner Kalimantan Barat Yang Wajib Kamu Coba

pesona.travel

Bubur Pedas dulunya merupakan makanan yang hanya disajikan untuk kepada raja dan petinggi kerajaan. Bubur pedas hanyalah namanya saja, dikarenakan bubur pedas tidak selalu pedas, dan terbuat dari beras yang ditumbuk sangat halus lalu dioseng, dicampur dengan beberapa rempah-rempah dan sayuran seperti kacang, kangkung dan sayur pakis.

Tidak heran jika hidangan kuliner ini sehat dan bergizi, dengan campuran kacang tanah, ikan teri dan kerupuk menambah cita rasa bubur pedas.

7. Pengkang

7 Hidangan Khas Wisata Kuliner Kalimantan Barat Yang Wajib Kamu Coba

beritakoran.com

Pengkang Kuliner Khas Kalimantan Barat yang menggunakan bahan dasar dari ketan, yang dimasak dengan santan setelah itu dibungkus dengan daun pisang. Untuk rasanya tidak jauh berbeda dengan lemper, yaitu gurih dan mengenyangkan karena terbuat dari beras, Isi didalam pangkang ini adalah udang ebi.

Cara memasaknya dengan cara dijepit bambu dan dibakar menggunakan bara api tempurung kelapa. Biasanya hidangan kuliner ini banyak dijual disekitar kota Pontianak.

HOTEL MURAH DAN POPULER DI PONTIANAK