Wisata Kuliner Indonesia – Siapa yang tidak melakukan wisata kuliner ketika liburan di tempat wisata Indonesia, setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri, seperti kota satu ini Maluku.

Maluku selain memiliki lokasi wisata alam yang mempesona, kota ini memiliki banyak wisata kuliner khas Maluku yang lezat dan membuat kamu ketagihan ketika mencicipinya, maka dari itu Reservasiku akan memberikan rekomendasi 7 menu kuliner Maluku yang wajib kamu cicipi.

keluyuran.com

1. Sambal Colo-colo

Sambal colo-colo memang merupakan makanan pendamping, seperti sambal pada umumnya, colo-colo tidak terasa nikmat jika tidak ditambahkan dengan makanan lain atau lauk, namun makanan lain juga tidak terasa nikmat jika tidak ada sambal colo-colo.

Sambal colo-colo terbuat dari irisan cabe rawit, bawang merah, tomat muda, jeruk nipis, dan garam, dalam proses pembuatannya juga sangat sederhana, semua bahan dicampur dan diberikan air perasaan jeruk nipis, dan tambahkan air hangat dan garam.

Biasanya di sajikan dengan kemangi. colo colo juga bisa disantap bersama dengan nasi atau ubi rebus, papeda, ikan asar, ikan goreng, dan ikan bakar.

keluyuran.com

2. Sagu Woku Komo-Komo

Sagu Woku Komo-Komo memiliki nama yang unik, bahan dasarnya sudah bisa kita tebak dari asal namanya, memakai bahan dasar sagu, selain sagu makanan khas Maluku ini memiliki bahan dasar lain yaitu bawang putih, serai, jahe, dan jeroan ikan.

Beberapa orang mungkin akan ragu mencoba jeroan ikan, ketika kamu mencicipi pendapatmu tentang Sagu Woku Komo-Komo akan berubah, cita rasa yang legit dan gurih akan kamu rasakan sekita masuk kedalam mulutmu.

keluyuran.com

3. Nasi Jaha

Nasi jaha merupakan salah satu makanan khas Maluku, bahan dasar dari nasi jaha adalah beras ketan dan santan kelapa kemudian akan dibungkus dengan daun pisang muda yang berwarna hijau muda setelah itu masukan ke dalam bambu dan dibakar.

Nasi Jaha makanan yang sangat mengenyangkan, karena makanan ini memiliki diameter 30-50 cm jika belum dipotong menjadi lebih kecil. Bahkan panjangnya ada yang mencapai 1 meter, hal ini bisa terjadi karena masakan ini tergantung dari panjang bambu yang digunakan untuk membakar nasi jaha.

keluyuran.com

4. Papeda

Papeda yang merupakan salah satu makanan khas Indonesia Timur, yang memiliki ciri khas yang lengket, warnanya yang putih pucat dan agak sedikit pekat, walaupun tampak seperti itu, Papeda memiliki manfaat kesehatan yang banyak, jika kita bandingkan dengan nasi, papeda sangat cocok buat kamu yang sedang diet.

Papeda sebenarnya adalah bubur sagu, karena terbuat dari tepung sagu yang telah dilarutkan ke dalam air kemudian diberi air panas mendidih, selama proses penuangan air panas, papeda akan diaduk sampai mengental, biasanya papeda disantap bersama ikan kuah kuning.

mytrip123.co

5. Ikan Komu Asar

Asar memiliki arti sendiri yakni pengasapan, Ikan Komu Asar yang berarti ikan komu asap, yang memiliki bahan dasar ikan jenis comu, cakalang, tongkol, tuna yang masih segar, kemudian dibersihkan dan diberi bumbu khas Maluku.

Jika kamu liburan ke Maluku, kamu bisa menemukan makanan ini dimana saja, makanan ini sudah dipatenkan menjadi makanan khas Maluku.

keluyuran.com

6. Ikan Kuah Pala Banda

Ikan kuah pala banda merupakan makanan yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku, masakan yang sangat difavoritkan oleh banyak masyarakat Banda, memiliki aroma yang dapat menggugah selera makanmu, makanan ini menjadi hidangan utama di masyarakat Maluku. Sering ditemukan di acara-acara besar seperti jamuan untuk tamu-tamu penting yang berkunjung ke Banda.

phinemo.com

7. Gohu Ikan

Gohu Ikan jika kamu lihat cara penyajiannya, masakan khas ini memiliki kemiripan seperti Sashimi Jepang, karena disajikan dengan segar, tidak menggunakan api sama sekali, karena itu kuliner khas Maluku ini disebut dengan Sashimi Ternate.

Bahan dasar dari kuliner khas Maluku ini menggunakan daging ikan tuna segar, jeruk nipis/lemon, dan daun kemangi, yang telah dirajang kembali, makanan ini juga mirip seperti makanan khas Hawai, Poke.