Tips Traveling – Kita pasti tahu, peraturan dibuat agar orang-orang dapat mentaatinya. Ada peraturan tertulis, maupun tidak tertulis. Begitupun pada Maskapai Penerbangan, Peraturan ketat dibuat demi keselamatan dalam perjalanan menjadi hal utama.

Tapi apa kalian tahu,  kenapa ada larangan-larangan tersebut baik sebelum naik pesawat maupun  waktu lagi di pesawat?. Yuk kita cari tahu 10 Hal Terlarang Ketika Di Dalam Pesawat dan apa penyebab nya.

Cairan Lebih dari 100 ml

Source : kocomripat.wordpress.com

Mengapa Tak Dibiarkan Membawa Cairan Lebih dari 100 ml?

Peraturan ini dibuat setelah terungkapnya agenda teroris di bandar udara Inggris Agustus 2006. Saat itu sekelompok teroris mempunyai rencana untuk meledakkan pesawat menggunakan bom cair.

Oleh sebab itu International Civil Aviation Organization mengeluarkan aturan mengenai batas cairan ke semua penerbangan.

Jika kalian  membawa parfum, susu dan cairan lain yang sudah umum dan dibutuhkan di tempat tujuan, dapat dilaporkan dahulu ke pihak yg memiliki wewenang atau kalian bisa memasukan  ke dalam bagasi pesawat saja.

Melipat Meja Makan Di Pesawat

Source : Travelingyuk.Com

Mengapa Seharusnya Melipat Meja Makan dan Menegakkan Tempat Saat Take Off dan Landing?

Take off dan Landing merupakan 2 fase yang benar-benar penting dan vital dalam penerbangan. Jika dalam 2 fase ini terdapat kegagalan, maka semua penumpang langsung dievakuasi keluar pesawat supaya selamat dari bahaya yang akan mungkin terjadi nanti.

Tidak dapat dibayangkan,  Jika meja makan kalian masih terbuka, dan sandaran kursi masih ke belakang. Proses evakuasi nanti pastinya akan  menjadi susah ini dikarenakan ruang yang dibutuhkan menjadi terbatas. Hal ini juga akan menjadi boomerang karena bisa menghantam tubuh penumpang disaat keadaan darurat.

Jendela Di Pesawat

Source : kupang.tribunnews.com

Mengapa Seharusnya Membuka Jendela Saat Take Off dan Landing?

Alasannya ini ternyata cukup mengagetkan juga. Salah satu alas an kenapa jendela  tidak  boleh ditutup  dikarenakan agar penumpang yakin di sisi mana mereka harus keluar disaat  keadaan darurat saat evakuasi.

Hal ini juga ternyata dibutuhkan buat pramugari untuk mengamati keadaan sekitar pesawat.

sealtbelt di pesawat

Source : viamexico.mx

Mengapa Seatbelt Seharusnya Dikencangkan?

Saat Pesawat melakukan posisi Take Off ataupun Landing, seat bealt  harus dalam keadaan kencang. Ini dikarenakan jika terjadi rem mendadak dari pilot, dapat membuat penumpang terbentur ke kursi di depannya dengan keras.

Aturan ini juga berlaku saat berada di udara, turbulence dan kerusakaan mesin bahkan pesawat jatuh dapatmembuat kita cium langit-langit pesawat.

Baca Juga : TIPS & TRIK PENGALAMAN PERTAMA NAIK PESAWAT

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah posisi seat bealt  yang  harus tepat. Jangan di tempat perut, jika ada impact besar dapat membuat perut tertekan kuat dan itu berbahaya terhadap diri sendiri.

handphone di pesawat

Source : scmp.com

Mengapa Segala Alat Komunikasi Seharusnya Dimatikan?

Ini adalah peraturan umum yang sudah diketahui oleh masyarakat, tetapi masih banyak yang melanggar aturan ini.  Alasan utama alat komunikasi harus dimatikan adalah supaya sinyal yg terpancar dari telpon seluler, ipad, dan sebagainya tak mengganggu sinyal tower ke pesawat.

Baca Juga : CARA RESERVASI HOTEL ONLINE DENGAN HARGA MURAH

Tetapi informasinya, pada saat sekarang ini di sebagian penerbangan luar negri sudah dibiarkan mengaplikasikan alat komunikasi. Bahkan pada pesawat tertentu sudah menyediakan wi-fi untuk penumpang.

minuman di kabin pesawat

Source : Tribunnews.com

Mengapa Tak Boleh Menyimpan Minuman di Dalam Bagasi kabin?

Di saat pesawat terbang dan kian tinggi, tekanan udara akan besar. Hal ini ga hanya terjadi di luar pesawat tetapi juga berlaku di dalam pesawat. Kadang hal ini  berpengaruh juga kepada alat pendengaran kita sehingga berdenging atau tuli.

Pesawat memiliki alat yang mengontrol tekanan udara supaya tubuh manusia sanggup mengikuti kondisi sehingga seolah-olah di darat. Tetapi, efeknya tetap  masih berasa walaupun kecil dan berefek juga kepada cairan yang kita bawa.

Secara tak kasat mata, permukaan air akan mengalami tekanan dan berupaya mencari jalan keluar. Dikarenakan alas an inilah menjadi bahaya seandainya cairan atau minuman disimpan di bagasi.

Walaupun sebetulnya dengan tutup yang kuat, tekanan itu tak akan membuat wadahnya meledak. Tetapi untuk mencegah lebih bagus dari pada semua bagasi dan penumpang di bawahnya kena tumpahan cairan tersebut.

demo keselamatan di pesawat

Source : SafetyNet.Asia

Mengapa Kita Seharusnya Melihat Demo Keselamatan?

Memperhatikan Pramugari saat Demo Keselamatan juga sangat penting. Perlu diingat, Selain bertugas untuk melayani penumpang, Pramugari tersebut juga harus memberikan pertolongan tentang prosedur keselamatan disaat kepanikan terjadi.

lampu kabin di pesawat

Source : Liputan6.com

Mengapa ketika terbang di malam hari, ketika take off atau landing, lampu kabin harus dipadamkan?

Hal ini tentu saja bertujuan supaya membiasakan mata para penumpang dengan kegelapan, sehingga jika terjadi hal-hal yg tak diharapkan, maka para penumpang dapat segera menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar pesawat. tentu saja jika terjadi saat keadaan darurat akan memperlambat sistem evakuasi.

emergency door di pesawat

Source : Leblung.Com

Mengapa emergency exit door penumpang kebanyakan diisi oleh orang muda?

Penumpang yang posisinya berada di emergency exit door nanti harus menolong pramugari/pramugara jika terjadi emergency procedure. Penumpang yang duduk di sana biasanya mempunyai fisik yang kuat.

Oleh sebab itu jika ada orang tua yang berumur/orang yang tak menyanggupinya maka tempat duduknya akan ditukar.

Toilet Di Pesawat

Source : sosyalmedya.co

Mengapa ada larangan tak boleh ke kamar mandi disaat pesawat sedang posisi naik dan turun?

Hal ini disebabkan kamar mandi pesawat tak ada masker oksigen. Pada ketika pesawat melakukan Take Off ataupun Landing akan terjadi perubahan tekanan udara yang mendadak. Seandainya ketika itu terjadi kerusakan sistem tekanan udara pada kabin maka penumpang yang sedang di kamar mandi dapat pingsan dan meninggal.