Alexa Metrix

10 Kuliner Khas Bali Mantab dan Aromatik

Kurang lengkap ya rasanya kalau liburan di Bali ga merasakan Makanan khas Bali yang terkenal banyak bumbu alias aromatik. Ini yang membuat masakan khas Bali rasanya beda dari yang lain, jadi kalau sudah pernah berlibur ke Bali dan merasakan kulinernya di sana, pasti deh ketagihan dan ingin balik lagi ke sana untuk merasakan kulinernya. Mulai dari halal sampai non halal, semuanya nikmat.

Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Bali sih seringnya mendengar atau pernah merasakan makanan khas Bali yang namanya Ayam betutu atau Babi guling yang nikmatnya bikin lidah ga ingin berhenti merasakan. Nah, lebih jelasnya simak ulasan 10 makanan khas Bali mantab dan aromatik ini ya..

Babi Guling Bali

Source : scmp.com

1. Babi Guling (non halal)

Warna kulit Babi Guling yang kecoklatan dan mengkilat ini teksturnya beneran renyah dan rasanya gurih. Nah, kunci kulit babi agar bertekstur renyah, gurih dan warnanya cerah kekuningan ini adalah mengolesinya dengan minyak kelapa, garam dan bumbu rendaman kunyit dengan minyak kelapa. Dan dagingnya pun empuk, masih juicy dan kaya rempah-rempah. Ada yang ga ketinggalan, memasukan bumbu basa genep Bali dan sayur daun singkong ke dalam perut babi sambil diguling di atas bara api.

Untuk jerohannya biasanya disajikan kering sekali, selain itu ada juga kuah semacam soto tapi rasanya itu mantab sekali namanya adalah jukut ares (sayur batang pisang), kuahnya segar dan gurih, lalu ada sate babi, lawar putih (biasanya) dan nasi. Yang paling terkenal adalah Babi guling Oka yang berada di Ubud, babi Guling Oka ini terkenal karena kulitnya yang krispi itu tahan lama, tapi kalau ingin merasakan Babi Guling lainnya bisa mengunjungi Jln. Teuku Umar, di sana ada babi guling Candra yang ga kalah sedapnya.

10 Kuliner Khas Bali Mantab dan Aromatik

Source : yukwisatakuliner.blogspot.com

2. Ayam Betutu

Untuk kamu pencinta masakan yang pedas, jangan kelewatan juga mencoba makanan khas Bali satu iniyaitu ayam betutu yang berlimpahkan rempah dengan rasa yang pedas dan bumbunya sampai merasuk ke dalam daging ayamnya.

Hampir mirip dengan babi guling tadi, bumbu ayam betutu ini dimasukan ke dalam perut ayam kampung. Lalu setelah itu dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang dengan bara api sekam sampai setidaknya memakan waktu hingga 24 jam, agar bisa menghasilkan rasa gurih, bertekstur lembut dan pedas yang khas. Selain ayam, sekarang ada juga bebek betutu yang jangan terlewat juga didaftar kuliner kamu.

Nasi Campur Ayam Bali

Source : masakanbali.com

3. Nasi Campur Ayam Bali

Nasi Campur adalah termasuk salah satu makanan khas Bali yang populer juga. Bagi para penduduk asli Bali, nasi campur ini adalah menu makanan mereka sehari-hari.

Sate lilit, ayam sisit (sisit=suwir) yang menggunakan bumbu Basa Genep Bali, urapan sayur, dan lawar ayam siap untuk dinikmati bersama nasi putih hangat. Makan Nasi Campur ini akan terasa lebih nikmat, saat kalian mencampurnya dengan sambal matah maupun sambal embe khas Bali.

Tidak hanya itu aja, ada yang menarik lagi dari menu ini, menu nasi campur ini selalu tampil dengan lauk yang bermacam-macam di setiap rumah makan di Bali, contohnya ada yang menyajikannya dengan ayam betutu, telur sambal tomat, kulit ayam goreng, daun ubi pedas, ikan pindang, ataupun taburan kacang tanah goreng.

Nasi campur Jimbaran, bu Oki
Warung Men Weti, Sanur

Sate Lilit  khas bali

Source : dapurceria.wordpress.com

4. Sate Lilit (halal dan non halal)

Kalau mendengar atau membaca sate lilit, yang ada dibayangan kita adalah daging sate ini tidak ditusukkan tapi dililitkan. Biasanya sate lilit ini terbuat dari daging ayam, ikan tengiri, maupun daging babi yang digiling lalu dicampur dengan bumbu khas Bali lalu dililitkan pada batang serai atauserai. Karena serainya itu membuat aroma dan rasa satenya semakin sedap.

Lawar Kuwir Khas Bali

5. Lawar Kuwir

Ngomong-ngomong soal lawar, menurut informasi dari warga Bali, lawar terdiri dari 2 macam. Yaitu lawar merah dan lawar putih. Kalau lawar merah itu ada campuran darah babinya nah kalau lawar putih itu ya lawar biasanya yang ada dimenu masakan khas Bali. Nah, kalau lawar kuwir ini adalah campuran sayur-sayuran menggunakan daging bebek/entog (kuwir) cincang. Nah lawar kuwir ini biasanya disajikan bersama sate lilit, jukut ares, nasi putih, suwiran ayam betutu dan kacang tanah goreng.

Rujak Kuah Pindang Khas Bali

Source : travelouslife.com

6. Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung

Kalau sudah tidak tahan dengan panasnya Bali, segera segarkan dengan rujak kuah pindang dan rujak bulung ini. Kuahnya itu biasanya adalah kuah pindang ikan tuna dan rasanya segar pedas. Biasanya ini dijual dipinggir-pinggir jalan gitu. Nah, kalau kalian mengganti isiannya dengan rumput laut bisa juga sih, dan ini namanya rujak bulung.

serombotan khas bali

Source : pelajarbloger.000webhostapp.com

7. Serombotan

Serombotan Klungkung khas Bali yang satu ini memanjakan lidah kita dengan campuran sayur-sayuran yang direbus, biasanya sayuran itu adalah kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terong bulat, kecambah, dan pare.

Nah untuk bumbunya disebut dengan Kalas, yaitu semacam santan gitu yang berisi campuran kunyit tumbuk, laos atau lengkuas, bawang merah, bawang putih, tumbar dan temu kencur. Lalu bumbu tersebut dicampur rata lagi dengan bumbu kacang dan bumbu pedas khas Bali.

Nasi Jinggo khas bali

Source : freakout.id

8. Nasi Jinggo

Pernah jajan nasi jinggo ga? nasi yang mirip dengan nasi kucing, porsinya persis deh dengan nasi kucing, dikit banget. Harganya itu murah banget, nah uniknya adalah cara membungkus daun pisangnya dan rasa sambal yang nendang abis.
Lauknya biasanya ada mie goreng, ayam suwir atau tempe goreng.

Tipat Blayag Khas Bali

Source : Sumber.Com

9. Tipat Blayag

Wujud tipat blayang ini tidak dibuat seperti ketupat persegi, tapi ini lebih mirip dengan lontong yang dililit panjang menggunakan janur muda atau juga daun enau muda. Blayag mempunyai bumbu yang asalnya dari olahan tepung beras dan campuran bumbu-bumbu bali. Konsistensi bumbunya yang kental banget ini mirip dengan santan, nikmat banget saat disantap bersama potongan-potongan tipat blayag, urab sayuran, ayam sisit, ceker ayam goreng, kerupuk kulit ayam, dan kacang kedelai.

Nasi Tepeng

source : wisataku.id

10. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng itu adalah makanan khas dari Gianyar Bali yang di sajikan cukup lembek seperti bubur. Racikan bumbu aromatik khas Bali yang disiram di atas Tepeng menjadi daya tarik utamanya. Gak heran pedasnya itu bikin orang ketagihan untuk kembali merasakannya.

Isinya adalah kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut adalah sayur-sayuran yang sering dijadikan pelengkap Nasi Tepeng ini. Lalu untuk lauknya yang tersaji biasanya ada telur dan suwiran ayam goreng. Dan makanan ini disajikan dengan daun pisang.

Gimana guys? sudah siap ber wisata kuliner ke Bali?

HOTEL FAVORITE BALI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.