Jalan-jalan, sebagaimana yang kita tahu, nggak selalu harus mahal. Kalau kamu ingin keliling Jawa Barat dan mengunjungi tempat wisata yang murah, kamu harus baca ini ini dulu. Yap, ini 10 Lokasi yang harus kamu kunjungi saat keliling Jawa Barat

Keraton Kasepuhan

Source : triptrus.com

  1. Cirebon

Kamu bisa mengunjungi salah satu tempat bersejarah yang istimewa di Cirebon, yaitu Keraton Kasepuhan di pusat kota. Keraton ini merupakan keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Biaya masuknya sangat murah, untuk pelajar Rp 15.000 dan umum Rp 20.000.

Satu lagi yaitu Gua Sunyaragi, yang letaknya juga tak jauh dari pusat Kota Cirebon. Taman Gua Sunyaragi ini sebenarnya merupakan kompleks bangunan kuno. Tempat wisata ini buka setiap hari, dengan tiket masuk sebesar Rp 10.000 dan parkir Rp 5.000. Lain lagi kalau kamu ingin menyewa pemandu ya! Karena untuk sewa pemandu, kamu harus menambahkan biaya sebesar Rp 40.000 – Rp 50.000 (nego). Kalau memang dirasa perlu tahu mengenai sejarah di tempat ini, kamu bisa memakai jasa pemandu.

Pantai Pangandaran

Source : anekahotelmurah.com

  1. Ciamis

Ciamis punya pantai yang dulu sering digunakan untuk shooting film legenda. Yap, itulah Pantai Pangandaran. Pantai ini merupakan pantai yang terletak di pantai selatan dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pengunjung bisa dengan nyaman berperahu, berenang, atau sekedar bersantai di pantai. Tiket masuknya hanya Rp 6.000 untuk pejalan kaki, tapi untuk kamu yang bawa motor tiketnya menjadi Rp 14.000.

Baca : 7 Wisata Snorkeling Asik di Nusantara

Pantai Cipatujah

Source : Sportourism.id

  1. Tasikmalaya

Pantai Selatan Tasikmalaya, dikenal dengan Pantai Cipatujah merupakan salah satu wisata bahari yang terkenal. Pasir putihnya nyaman untuk bersantai, main voli pantai, atau memancing. Tempat ini buka 24 jam, dengan tiket masuk seharga Rp 3.500.

Gunung Papandayan

Source : 7saudara.com

  1. Garut

Kamu yang suka mendaki, bisa ke Gunung Papandayan yang cukup terkenal di kalangan pendaki gunung. Pendakian sebaiknya dimulai pagi hari jam 08.00 WIB agar kamu bisa menikmati pemandangan alamnya. Tiket masuknya seharga Rp 20.000, dengan tarif parkir berbeda untuk kendaraan yang berbeda. Kamu juga akan diminta fotokopi KTP apabila akan mendaki. Jadi, jangan lupa siapkan fotokopinya sebelum jauh kesini ya.

Baca : 5 Wisata yang Cocok untuk Relaksasi Pikiran dan Mudah Dijangkau

Kawah Putih Ciwidey

Source : rezabloge.blogspot.com

  1. Bandung

Bandung sebenarnya memiliki tempat wisata yang sangat banyak. Tapi kalau kamu sedang keliling Jawa Barat, ingin ke tempat legendaris yang sudah terkenal sejak lama dan ingin harga murah, coba mampir ke Kawah Putih Ciwidey. Kawah putih ini merupakan sebuah danau kawah dari Gunung Patuha. Tiket masuknya saat ini Rp 20.000. Masih di Ciwidey, kamu juga bisa mengunjungi sebuah danau bernama Situ Patenggang dengan tiket masuk sebesar Rp 20.500. Selain danau, kamu juga dapat menikmati hamparan kebun the di Situ Patenggang.

Selain kedua tempat wisata diatas, kamu juga bisa mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu, gunung yang konon katanya merupakan perahu yang berubah karena ditendang oleh Sangkuriang. Tiket masuknya saat ini sebesar Rp 20.000 saja.

Situ Sangiang

Source : majalengka-web.blogspot.com

  1. Majalengka

Majalengka memiliki telaga yang letaknya tak jauh dari pusat kota, bernama Situ Sangiang. Daerah bersejarah ini merupakan tempat tinggal pasukan Kerajaan Pajajaran yang terdesak perkembangan Islam. Pasukan tersebut menghilang dan tak ditemukan jejaknya di tempat ini, sehingga tempat ini disebut Situ Sangiang. Untuk dapat masuk ke tempat ini, kamu hanya perlu menyiapkan dana sebanyak Rp 10.000 saja. Namun kamu perlu hati-hati, ikuti saran dari juru kunci setempat karena lokasi ini masih dipercaya sebagai lokasi yang penuh dengan hal mistis.

Waduk Jatiluhur

Source : enrymazni.com

  1. Purwakarta

Saat ini Purwakarta menjadi kabupaten yang indah dan bersih, bahkan bisa menjadi pesaing di luar negeri. Purwakarta memiliki bendungan bernama Waduk Jatiluhur yang selain berfungsi sebagai PLTA juga berfungsi sebagai tempat rekreasi. Tarif masuk ke Waduk Jatiluhur saat ini sebesar Rp 20.000.

Kebun Raya Bogor

Source : lapisbogor.co.id

  1. Bogor

Setelah sampai Bogor, kamu bisa mengunjungi tempat wisata terkenal Kebun Raya Bogor. Lokasi ini merupakan tempat spesial karena Istana Bogor terdapat di dalamnya. Kawasan Kebun Raya Bogor sangat luas, sehingga seharipun nggak akan cukup untuk kamu mengelilingi kawasan ini. Tiket masuk kesini yaitu Rp 15.000 per orang. Belum termasuk parkir ya!

Baca : Selain KRB, Bogor Masih Punya 5 Tempat Yang Asyik!

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Source : wisatapriangan.co.id

  1. Sukabumi

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki keadaan alam yang khas dan unik, sehingga kamu harus mengunjungi tempat ini saat kamu ke Sukabumi. Beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi di taman nasional ini adalah Telaga Biru, Air Terjun Cibeureum, Air Panas, Kandang Badak, Puncak dan Kawah Gunung Gede, serta Alun-Alun Suryakencana. Untuk dapat masuk ke taman nasional ini, siapkan dana sekitar Rp 13.500 – Rp 40.000 karena tiket masuknya berbeda-beda pada setiap lokasi.

Pantai Jayanti

Source : lnauval.wordpress.com

  1. Cianjur

Kamu bisa mengunjungi Pantai Jayanti saat sudah sampai di Cianjur. Pantai ini memang terhitung baru populer, sehingga lokasinya masih terbebas dari polusi apapun. Tiket masuknya relatif murah, yaitu Rp 5.000 untuk roda dua dan Rp 15.000 untuk roda empat. Apabila kamu ingin bermalam, kamu bisa menyewa kamar di penginapan dengan biaya yang juga relatif murah, sekitar Rp 50.000 – Rp 75.000 per malam.