Berlibur tujuan utamanya tentu relaksasi pikiran. Dengan menjauh sebentar dari rutinitas, berlibur memberi kita kesempatan untuk istirahat dan mengembalikan energi. Bagi Kamu yang sedang jenuh dengan hiruk-pikuk di kota dan menginginkan suasana yang tenang dan segar, berikut ini adalah alternatif liburan yang bisa dipilih.

Kopeng, Semarang

Source : youtube.com

  1. Kopeng, Semarang

Wisata Kopeng terletak di lereng Gunung Merbabu di Kabupaten Semarang. Pemandangan alam khas daerah pegunungan dan udara yang sejuk mendominasi kawasan wisata ini. Kamu bisa menyaksikan hamparan ladang sayuran yang membentang di kanan-kiri jalan. Belanja sayur langsung on the spot dan petik sendiri juga bisa lho. Harganya pun sangat murah karena Kopeng juga menjadi pemasok sayur-sayuran ke berbagai daerah di Jawa Tengah. Sambil menikmati suasana pegunungan, kamu bisa sekalian mengajak keluarga dan teman-teman untuk camping, outbond, atau menginap di homestay dan hotel yang tersebar di penjuru Kopeng.

Baca : Gudeg Mbak Tum, Kuliner Malam Di Semarang

Dieng, Wonosobo

Source : wisatadieng.net

  1. Dieng, Wonosobo

Objek wisata Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo. Dieng menjadi tempat wisata terbaik untuk menikmati keindahan alam dari atas awan. Di dataran tinggi Dieng, kamu bisa menemukan telaga-telaga yang airnya jernih kebiruan, seperti Telaga Warna, Telaga Merdada, dan Telaga Pengilon. Kamu juga bisa menikmati matahari terbit dengan camping di Bukit Sikunir atau Gunung Prau. Tempat penginapan, losmen, dan hotel tersebar di sekitar objek wisata yang memudahkan kamu untuk menjangkau lokasi. Suhu di dataran tinggi Dieng lebih rendah dibanding daerah lain. Di pagi hari, jalanan Dieng akan tertutup kabut tebal yang membuat jarak pkamung hanya sampai 5 meter.

Batu, Malang

Source : icrixs.wordpress.com

  1. Batu, Malang

Kota Batu di Malang, Jawa Timur, sangat dikenal sebagai lokasi wisata yang sejuk dan indah pemkamungan alamnya. Berbagai wahana seperti air terjun, lokasi outbond, museum, dan perkebunan bisa kamu nikmati bersama teman maupun keluarga. Jangan lupa juga mampir ke Museum Angkut, yang menyajikan berbagai alat transportasi di dunia dari masa lampau hingga sekarang. Pulangnya kamu bisa membawa oleh-oleh khas Batu, misalnya sari buah apel atau berbagai olahan apel lainnya.

Baca : 5 Destinasi Wisata Populer di Malang 2018

Floating-Market-Lembang

Source : pergidulu.com

  1. Lembang, Bandung

Salah satu lokasi “escape” yang diminati di Jawa Barat adalah Lembang, Bandung. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Bandung, yaitu sekitar 2 jam perjalanan. Masuk ke daerah Lembang, Kamu akan mulai merasakan hawa yang sejuk dan udara yang segar. Lembang terletak di dataran tinggi dan terdapat banyak villa di antara rumah-rumah penduduk. Lembang sering dijadikan sebagai lokasi liburan keluarga, ospek mahasiswa, dan acara gathering perusahaan atau institusi. Kamu bisa menyewa salah satu villa di Lembang bagian atas untuk bersantai. Di malam hari, lampu-lampu di desa-desa bagian bawah akan menjadi pemandangan yang sangat indah.

Baca : 4 Tempat Wisata di Bandung yang Instagramable

Baturaden, Banyumas

Source : anekatempatwisata.com

  1. Baturaden, Banyumas

Baturaden terletak di Kabupaten Banyumas. Baturaden terkenal dengan wisata pemandian air panasnya. Terdapat sejumlah mata air yang mengandung belerang yang tersebar di beberapa lokasi di Baturaden. Salah satu yang terbesar menjadi sumber air panas yang ditampung di kolam batu besar tempat orang-orang bisa berendam. Kandungan belerangnya dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit. Namun Kamu tak hanya bisa berendam air panas saja. Di sekitar kolam terdapat banyak wahana seperti outbond, wisata kuliner, taman untuk bersantai, dan resort yang bisa disewa.

Ke 5 lokasi wisata di atas sangat cocok bagi kamu yang mencari rekreasi jauh dari kehidupan kota. Memandang keindahan alam sambil menikmati suasana yang tenang akan membantu kamu mengembalikan energi sebelum kembali ke rutinitas sehari-hari.