Wisata Indonesia – Siapa yang tidak kenal Bali? Bahkan seluruh dunia pun tau tentang Bali. Hampir semua yang ada di Bali menjadi daya tarik para pelancong baik wisatawan lokal hingga mancanegara. Hingga terdapat selentingan kecil tentang Bali pada waktu dulu, masyarakat dunia tahu tentang Bali tetapi tidak dengan Indonesia. Namun kini, saat media sosial mulai merajalela perlahan selentingan itu menghilang dan dunia tau tentang Bali adalah salah satu provinsi di Indonesia.

Di awal kemerdekaan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur masuk ke dalam provinsi sunda kecil dengan ibukota di Singaraja hingga akhirnya mereka bertiga pada memisahkan diri menjadi provinsi masing-masing. Bali terletak diantara Pulau Jawa dan Pulau Lombok dengan luas wilayah sebesar 5.636,66 km2. Sebelah utara Bali berbatasan dengan Laut Bali, sebelah Timur berbatasan dengan Selat Lombok provinsi nusa tenggara barat. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan sebelah barat berbatasan dengan selat bali provinsi jawa timur.

Banyak sisi menarik yang dapat diulas dari pesona pulau BALI. Seakan tidak pernah habis untuk di eksplorasi akan keindahan Maha Karya Sang Pencipta Alam. Jika anda merencanakan liburan ke bali, berikut rekomendasi yang dapat anda jadikan referensi sebagai tujuan berlibur bersama keluarga dan kolega.

DESTINASI WISATA

Mayoritas penduduk pulau bali adalah beragama hindu, maka pulau bali pun mendapatkan julukan pulau seribu pura atau pulau dewata. Tetapi Pulau Bali tetap ramah menerima pengunjung siapa pun yang datang, berikut destinasi wisata pulau bali bagi kamu yang ingin tau mengenai perkembangan islam di pulau tersebut.

  1. Nusa Dua

Terletak di Jalan Kuru Setra, Desa Bualu, Nusa Dua terdapat tempat yang sangat menggambarkan semangat keberagaman kerukunan antar umat beragama. Tempat ibadah umat Muslim, Katolik, Kristen, Hindu dan Budha berjejer rapi dan berdampingan di dalam kompleks. Bahkan terdapat pusat pendidikan dan perpustakaan terbesar di Bali.

  1. Candi Kuning Bedugul

Desa yang menawarkan keindahan secara lengkap mulai dari gunung, danau, air terjun hingga hamparan kebun raya ini juga memberikan gambaran kehidupan dan keseharian komunitas muslim kuno di Desa Candi Kuning. Adat istiadat yang masih asli yang masih terjaga daari pengaruh modernisme, menjadikan kawasan desa ini sangat rekomended untuk dikunjungi dan mengambil foto – foto.

Baca Juga : 10 KULINER KHAS BALI MANTAB DAN AROMATIK

  1. Kampung Glegel

Kampung yang menjadi lokasi masjid tertua di Bali, pun menjadi tempat pemukiman tertua di Pulau Dewata. Awal mula Islam masuk di Bali melalui kejadian Raja Glegel dan pasukannya yang akan berkunjung ke Kerajaan Majapahit. Saat itu, sang Raja dikawal oleh pengawal yang adalah seorang muslim. Sebagian dari mereka tak pernah kunjung sampai di Kerajaan Majapahit sehingga diyakini menetap di Bali dan menjadi orang pertama yang menyebarkan Islam disana.

  1. Kampung Loloan

Kampung yang terletak di Jembrana ini dipercaya sudah ada sejak 4 abad yang lalu. Para prajurit dari suku bugis datang dan memilih untuk menetap di kampung sini. Para prajurit tersebut sudah beragama islam dan merekalah yang dipercaya sebagai orang-orang yang mulai menyebarkan islam seiring dengan berjalannya waktu.