Wisata Kuliner – Medan adalah salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia, untuk kamu yang sedang berada di Medan. Ntah itu liburan menyempatkan diri berwisata ke danau toba atau hanya datang untuk urusan pekerjaan dan sengaja datang hanya untuk wisata kuliner aja.

Rasanya, kalau pulang ke rumah tidak membawa oleh-oleh khas daerah tu kan ada yang kurang ya? Belum lagi nanti kamu menerima pesanan oleh-oleh dari keluarga atau teman-teman kamu. Nah, biar kamu ga bingung apa aja yang akan dibawa pulang untuk oleh-oleh, kamu bisa simak beberapa daftar oleh-oleh khas di kota Medan ini :

bolu meranti oleh oleh medan

Source : pinterest.es

BOLU MERANTI

Ini adalah bolu yang paling banyak diminati para wisatawan kalau datang ke kota ini. Bolu gulung yang tokonya ada di Jalan Kruing No. 2 K dan Jalan Sisingamangaraja No. 19B ini menawarkan bermacam-macam varian rasa seperti keju, coklat, blueberry, mocca, nanas dan strawberry. Selain itu juga kamu bisa beli kue sus di sini juga lho. Tapi kalu kamu ga sempet pergi ke tokony, kamu juga bisa beli di Bandara Polonia Medan meskipun harga lebih mahal.

BIKA AMBON ZULAIKHA Oleh Oleh Khas Medan

Source : Bukalapak.Com

BIKA AMBON ZULAIKHA

Bika ini adalah jenis kue yang seratnya seperti sarang semut gitu, rasanya manis dan legit. Ga hanya satu toko aja yang menjualnya, kamu bisa mengunjungi berbagai toko bika ambon, tapi yang lebih terkenalnya sih ya bika ambon zulaikha yang letaknya ada di Jalan Mojopahit No. 62.

Baca Juga : INI DIA PINUKUIK, SERABI KHAS NYA ORANG MINANG

TERI MEDAN Oleh Oleh Khas Medan

Source : milakonan.blogspot.com

TERI MEDAN

Teri medan ini biasanya berwujud kering yang rasanya manis, asin, pedas dan ada kacang tanahnya. Cocok banget dimakan pakai nasi anget ataupun dicemil gitu aja. Nah untuk terinya sih ada teri tauge Medan, teri nasi Medan dan teri bajak Medan. Kalau kamu tertarik untuk membelinya kamu bisa kunjungi pusat pasar yang terkenal sebagai pusat perdagangan ikan teri.

KACANG SIHOBUK Oleh Oleh Khas Medan

Source : Tokopedia.Com

KACANG SIHOBUK

Cemilan ini berasal dari Desa Sihobuk, Tapanuli Utara. Cara memasak kacang sihobuk ini terbilang unik, karena kacang tanah ini dimasak (goreng sangan) menggunakan pasir yang panas di dalam kuali yang sangat besar. Ga heran saking gurihnya dengan rasa unik ini kacang sihobuk juga jadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli oleh wisatawan.

PANCAKE DURIAN Khas Medan

Source : Flickr.Com

PANCAKE DURIAN

Pecinta durian seperti aku ga bakalan ketinggalan dan melupakan oleh-oleh yang satu ini, rasanya enak banget karena di dalam pancake nya ini ada daging durian Medan yang sudah terkenal enaknya yang dilapisi dengan whipped cream yang banyak. Muantap abis rasanya. Kamu bisa membelinya di Durian House Jalan Sekip No. 67.

Baca Juga : 7 SATE PADANG DI JAKARTA INI DIJAMIN BIKIN KETAGIHAN

SIRUP BUAH MARKISA Oleh Oleh Khas Medan

Source : Tokopedia.Com

SIRUP BUAH MARKISA

Selain makanannya, ada sirup yang sangat terkenal dari Medan yaitu sirup markisa yang rasanya manis, asem dan tentu aja menyegarkan. Enak banget, jadi kebayang kan kalau musim panas bikin minuman dari sirup markisa ini ditambah dengan es batu. Kamu bisa membeli sirup markisa yang super seger ini di seluruh penjuru Medan, yang paling terkenal sih sirup markisa sarang tawon dan sirup markisa pohon pinang.

MANISAN JAMBU AGUAN Oleh Oleh Khas Medan

Source : berburukuliner.blogspot.com

MANISAN JAMBU AGUAN

Kamu harus beli manisan jambu ini sebagai tanda oleh-oleh dari medan, karena manisan jambu biji ini sangat enak apalagi kalau sudah dicocolkan ke sambel rujaknya. Selain itu jambu ini juga bisa menaikan trombosit lho. Kamu bisa membelinya di toko Aguan Jalan Kruing 3D.

Baca Juga : 7 TEMPAT WISATA POPULER DI SEKITAR DANAU TOBA

KOPI SIDIKALANG Oleh Oleh Khas Medan

Source : Tokopedia.Com

KOPI SIDIKALANG

Kopi… Kopi… selain sebagai oleh-oleh, kamu juga harus icipin nih kopi sidikalangnya. Kopi robusta ini mempunyai cita rasanya yang kuat. Jadi ga heran nih wisatawan luar negeri dan dalam negeri juga ga lupa beli kopi sidikalang yang nikmat banget ini.

ROTI TAWAR SELAI SRIKAYA GANDA Oleh Oleh Khas Medan

Source : Kopisiantar.com

ROTI TAWAR SELAI SRIKAYA GANDA

Letak toko roti ini adalah di Pemantang Siantar, ketika kamu akan pergi menuju Danau Toba, kamu pasti akan melewati daerah ini dan akan beristirahat. Nah, jangan lupa kamu cobain dan bawa pulang roti legendaris yang ada di sini namanya toko Ganda. Di sini yang paling terkenal adalah roti tawarnya yang diolesi dengan selai srikaya yang melimpah. Biasanya para wisatawan sih membeli roti tawar dan selainya untuk dijadikan oleh-oleh.

LEMANG MEDAN Oleh Oleh Khas Medan

Source : pariwisatasumut.net

LEMANG MEDAN

Kamu tahu makanan lemang ga? Lemang ini berasal dari beras ketan yang dicampur dengan santan lalu dibungkus dengan daun pisang. Nah cara memasaknya ini unik, karena dimasukan kedalam tabung bambu yang dibakar. Mantap nya lagi nih, biasanya lemang dimakan bersama selai srikaya, durian atau tapai.

Kalau kamu ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh disarankan beli yang masih ada bambunya ya, karena bisa tahan sampai 2 hari dibanding yang tanpa bambu yang bertahan selama 1 hari aja. Kamu bisa membelinya di Jalan Flamboyan, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Bromo di Medan.

Nah itu dia daftar oleh-oleh khas Medan yang paling banyak diburu oleh para Wisatawan baik luar negeri ataupun dalam negeri.