Wisata Kuliner – Kalau kamu mendengar kata Hawaii atau membaca kata Hawaii, apa yang pertama terlintas dipikiranmu?. Pantai, pohon kelapa, ombaknya, masyarakatnya yang ramah, gunung berapi, atau hula-hula? Pulau ini memang menawarkan keindahan pantainya yang eksotis dengan suasana tropis yang kental, tapi ga hanya pulaunya aja yang eksotis lho, makanannya pun eksotis pula dan kamu harus coba.

Makanan Hawaii ini biasanya berbahan utama, seafood, daging ayam, daging sapi dan daging babi. Dan di Hawaii pun juga terkenal dengan buah-buahan tropisnya untung hidangan penutupmu. Lalu apa aja sih makanan khasnya Hawaii? Yuk kita simak 6 Makanan Populer Khas Hawaii.

LOMI SALMON Khas Hawaii

Source : divinacocina.es

LOMI SALMON

Arti lomi dalam bahasa Hawaii adalah memijat, jadi salmonnya dipijat gitu? hmm.. ya ga juga sih, isi makanan ini berupa fillet salmon yang dipotong dadu, tomat potong kecil-kecil, bawang merah cincang kasar dan lada. Semua bahan ini dicampur sampai rata menggunakan tangan dengan gerakan seperti orang memijat gitu. Makanya makanan ini dinamakan Lomi Salmon.

Eh, ternyata makanan ini udah tua banget lho, makanan ini sudah ada sejak tahun 1700-an gitu. Lomi salmon ini biasanya disajikan dingin seperti salad untuk menu pembuka. Ya, anggap aja salad salmon gitu ya tapi tidak menggunakan dressing mayo atau yogurt.

PIPI KAULA Khas Hawaii

Source : kapotrading.com

PIPI KAULA

Pipi Kaula ini adalah makanan khas Hawaii yang menggunakan daging sapi yang dipotong-potong lalu digoreng, dikukus atau dipanggang, kalau dilihat sih mirip banget dengan dendeng.

Tekstur nya lembut didalam dan diluarnya itu garing, biasanya ini dijadikan makanan utama yang dimakan bersama nasi atau juga bisa dimakan gitu aja seperti cemilan kalau yang diiris tipis-tipis. Biasanya kalau yang diiris tipis-tipis ini diasap setelah dilumuri madu. Tuh, kan mirip deh dengan dendeng.

Baca Juga : MENIKMATI KULINER LOKAL DI KEPULAUAN FIJI

POKE Khas Hawaii

Source : SeriousEats.Com

POKE

Poke ini makanan yang ga kalah lezatnya, makanan ini bisa juga disebut dengan salad ikan. Kalau makanan yang ini lebih mirip dengan sashimi soalnya makanan ini dimakan mentah-mentah gitu. Biasanya bahan yang digunakan adalah ikan laut, udang, gurita dan cumi-cumi. Kalau kamu ga terbiasa makan seafood mentah, biar kamu ga mual nih, kamu cocolin aja ke sausnya. Mantap abis!

HAUPIA Khas Hawaii

Source : vegetariantimes.com

HAUPIA

Selain buah-buahan tropis yang ada di Hawaii sebagai makanan penutup, haupia juga bisa kamu makan sebagai makanan penutup lho (ya, emang dessert sih ini.. hehehe). Haupia itu adalah puding khasnya Hawaii yang paling favorit di Hawaii, pudding ini dibuatnya dari kelapa segar, rasanya manis dan mempunyai tekstur yang lembut. Cocok banget dengan suasana tropisnya Hawaii deh pokoknya.

Baca Juga : 8 REKOMENDASI RESTORAN VEGAN DI HONG KONG

LOCO MOCO Khas Hawaii

Source : Nomageddon.Com

LOCO MOCO

Ini nih makanan yang paling populer di Hawaii, isinya selain nasi, ada juga patty burger alias daging cincang untuk isian burger, saus daging atau sering disebut dengan gravy dan sunny side up egg (telur mata sapi). Mantap kan isinya, kenyang dan nikmat.

CHICKEN LONGRICE Khas Hawaii

Source : winkoo.de

CHICKEN LONGRICE

Kalau kamu perhatikan ya, masakan Hawaii ini ada campuran resep Tiongkoknya lho. Cerita sangat singkatnya sih, orang-orang Tiongkok datang ke Hawai sekitar tahun 1800-an gitu deh, makanya masakan di sini ada pengaruhnya juga dari orang-orang Tiongkok, termasuk Chicken Longrice ini.

Longrice yang dimaksud di sini adalah mie kacang hijau, soun kali ya? hihihihihi. Makanan ini disajikan dengan kuah jahe yang sedap dan menghangatkan dengan potongan daging ayam yang gurih. Uh.. mantap.