Wisata Kuliner – Ciao, siapa sih yang ga tahu pizza? Makanan asli dari Italia ini sejenis roti berbentuk bundar dan pipih yang dipanggang bersama dengan topping dengan rasa yang lezat dan nikmat yang sudah populer sekali di dunia. Makanan ini paling cocok memang untuk cemilan ya, soalnya makan satu potong aja berasa kurang (kalau aku sih.. hehehe) dengan catatan itu adalah pizza Italia lho ya.

Emang ada pizza lainnya selain pizza Italia? ada dong, kalau kamu makan pizza yang rotinya tebal itu namanya pizza Amerika, nah kalau pizza Italia ini otentiknya memang tipis sekali jadi kalau makan sebundar utuh pun juga ga bakal bikin kenyang, karena adonan rotinya sangat tipis.

Pizza ini dulunya sih ga ada topping, bahkan roti tipis ini adalah makanan para orang miskin di Italia sana, terkenalnya ada di Napoli. Tapi berhubung Ratu Margherita request pizza yang dipersembahkan beliau ini dengan pizza berlambang bendera Italia, maka Raffaele Esposito membuat pizza Margherita dengan topping saus tomat ( merah), mozzarella (putih dan daun basil (hijau).

Nah, untuk memanggang pizza Italia ini menggunakan oven kayu bakar. Asosiasi Pizza Neapolitan ini mempunyai beberapa aturan:

  • Pizza cuma dimasak menggunakan oven kayu bakar.
  • Bagian bawahnya (kerak) harus bertekstur lembut dan ringan, biasanya adonan pizza dibuat sehari sebelum dipanggang atau minimal ya 10-15 jam.
  • Pizzaiolo (si pembuat pizza) harus mempunyai teknik yang sudah matang, yang paling penting adalah untuk teknik peregangan adonan pizza. Jadi, pizza bukan dipipihkan dengan alat lain tapi diputar-putar bahkan sering juga diterbang-terbang-terbangkan menggunakan tangan sampai adonan menjadi bundar dan lebar.

Lalu di mana aja, bisa ngerasain pizza enak di Italia?

L'Antica Pizzeria Da Michele

Source : thyme-and-envy.com

L’Antica Pizzeria Da Michele

Via Cesare Sersale, 1, 80139, Napoli

Kalau kamu pernah nonton filmnya Julia Robert yang judulnya Eat, Pray, Love kamu pasti tahu scene di mana dia makan pizza dengan nikmatnya. Ya.. di sini lah tempatnya, lihat di filmnya aja udah kebayang enaknya kan? apalagi ngerasain langsung. Meski kamu harus ngantri puanjang tapi setelah kamu ngerasain pizza nya ini ya sebanding lah dengan kerelaan mengantrimu.

Di sini juga hanya menyediakan 2 macam pizza, yaitu pizza marinara dan pizza margherita dan cuma menggunakan susu sapi fiordilatte dan tomat san marzano yang manis dan menggiurkan banget. Tempat ini juga ternyata sudah lama sekali lho dibukanya, sejak tahun 1870. Pelanggannya ga cuma turis biasa lho, Maradona (pesepak bola terkenal dunia) pun sering makan pizza di sini.

Il Pizzaiolo del Presidente

Source : www.dalpresidentepizzeria.it

Il Pizzaiolo del Presidente

Via Tribunali, 120/121

Posisinya tepat di jantung Spaccanapoli, pusat sejarah Napoli. Pizzaiolo yang sejak usia 7 tahun ( Signore Ernesto Cacialli) ini mengundang mantan presiden Amerika Serikat Bill Clinton untuk mencicipi hasil kreasinya. Nah, sejak itu deh tempat ini dinamai dengan Pizzaiolo Presidente untuk menghormatinya.

Brandi

Source : fr.tripadvisor.be

Brandi

Salita S.Anna di Palazzo, 1- 2 (angolo via Chiaia)

Letaknya dekat dengan lingkungan Chiaia di sinilah cerita “pizza margherita” diciptakan. Raffaele Esposito yang membuat pizza margherita ternyata bekerja di sini dan tempat ini sudah didirikan sejak tahun 1780, nah tahun 1889 inilah Ratu Margherita meminta beliau untuk membuat pizza dengan lambang bendera Italia. Selain itu biasanya orang-orang di resto ini menyantap pizza dengan minum beer, white wine Falanghina dan red wine Aglianico.

Baca Juga : 6 MAKANAN POPULER KHAS HAWAII, COBAIN YUK

Di Matteo

Source : Pinterest.Com

Di Matteo

Via dei Tribunali, 94, 80138 Napoli

Resto ini berdiri pada tahun 1936 oleh Salvatore di Matteo, pizzeria ini lalu dikelola oleh scugnizzi pizzaioli (anak-anak jalanan) yang pernah bekerja untuknya. Sekarang di jalankan oleh Raffaele Marigliano, 50 tahun lalu beliau menciptakan pizza con alici e cicinielli (ikan teri dan ikan yang baru aja lahir) tapi ikan ini sudah tidak diproduksi lagi. Selain itu ada pizza fritta, pizza goreng dengan keju ricotta, provola cheese, saus tomat dan sugna ( lemak babi ).

Pizzeria Trianon da Ciro

Source : piazzacardarelli.com

Pizzeria Trianon da Ciro

Via P. Colletta, 44/46 80139 Napoli

Pizzeria ini berdiri dari tahun 1923, restoran ini besar banget lho, sampai 3 lantai. Di sini kamu bisa menikmati keju mozzarella dari susu kerbau segar yang dibuat setiap hari untuk taburannya. Menu spesial di sini adalah salsiccia (sosis Italia) dan friarielli (sejenis brokoli bertunas yang tumbuhnya cuma ada di sekitaran desa Naples).

Sorbillo

Source : ny.eater.com

Sorbillo

via Tribunali, 32

Letak Pizzeria ini ada di centri storico Naples, tempati ini sudah dijalankan oleh keluarga generasi ke-3. Kalau kamu ada di wilayah pusatnya sejarah Napoli dan kamu bisa juga lho pesen pizza nya lewat online, soalnya di sini tu pasti ngantri panjang banget lho.

Baca Juga : MENIKMATI KULINER LOKAL DI KEPULAUAN FIJI

Da Ettore

Source : Mapio.net

Da Ettore

Via Gennaro Serra 39, Napoli

Pizzeria ini letaknya tepat banget di pinggir laut menghadap ke marina atau benteng Castle dell’Ovo yang indah di jalan Santa Lucia, pizzeria ini mempunyai rasa pizza yang luar biasa enaknya apalagi tempatnya mendukung banget ya, ngadepnya ke tempat bersejarah. Ga hanya pizza aja yang enak di sini, ada frittura all’italiana seporsi berisikan terong goreng, zucchini, mozzrella, arancini (kroket beras), kembang kol, kroket kentang, zeppulelle con alghe (donat asin). Aduh… kok makin ke sini makin lapar ya.

Lombardi 1892

Source : ditestaedigola.com

Lombardi 1892

via Foria, 12/14

Letaknya yang dekat dengan museum arkeologi FABULOUS Napolii, pizzeria ini didirikan pada pergantian abad oleh Enrico Lombardi yang sebelumnya pernah menjual pizza di Brazil sebelum mejual pizza di Naples. Makanan yang spesial di sini adalah pizza dengan keju provola asap. Ya ampun.

Antica Pizzeria Port'Alba

Source : TonyEnglish.vn

Antica Pizzeria Port’Alba

Via Port’Alba, 18

Ternyata pizzeria ini adalah pizzeria tertua di Naples lho. Pizzeria ini berdiri pada tahun 1738 sebagai street food gitu trus jadi restoran dari tahun 1830, tempat ini sudah dijalankan oleh generasi ke-5.

La Notizia

Source : mytravelblog.it

La Notizia

Via Michelangelo da Caravaggio, 53

Pizzeria ini bukanya kalau malam aja, resto ini masih menggunakan teknik dan tradisi kuno untuk membuat pizza lho. Tapi letaknya bukan di tempat di mana turis-turis berkumpul sih, agak jauh.. harus pergi ke atas kota dulu untuk makan di pizzeria ini.

Tapi kalau kamu penasaran gimana rasanya ga papa lah kalau belain datang ke sana sekalian mengenal jalan. Menu yang ditawarkan di sini ada pizza margherita yang tomatnya menggiurkan, Pizza San Genaro yang berisikan tomat kuning yang segar dengan ikan teri, buah zaitun hitam, oregano, piterseli cincang, bawang putih, extra virgin olive oil, pizza del contadino yang ada daging kerbau asapnya.

Ada juga murzillo saporito yang mengandung perut babi, ripieno con cigoli , pizza pomodori del piennolo especk yang bertopping tomat pienollo, speck ham, mozzarella kerbau, basil, terong funghetto disiram dengan sedikit extra virgin olive oil dan masih banyak lagi menu yang menggiurkan. Cocok nih untuk kudapan malam-malam gitu.

Kira-kira kalau kamu lagi Wisata Ke Italia bakalan mengunjungi Pizzeria yang mana nih guys?

HOTEL POPULER DI ITALIA