7 Destinasi Wisata Aceh Yang Cantik dan Wajib Dikunjungi

Alam provinsi yang terletak pada ujung pulau Sumatera ini terkenal cantik dan menawan lho. Dengan pantai-pantai cantiknya yang diapit oleh kedua Samudera Hindia dan Selat Malaka

Keindahannya sering kali membuat  para wisatawan  berkeinginan kembali berkunjung untuk  menikmati dan menyelami kekayaan alam Aceh yang masih  sangat natural.  Tidak  cuma pantainya, ada banyak  tempat – tempat lainnya yang juga menarik dikunjungi dan  bisa  kamu kagumi di tempat ini.

Provinsi  Nanggroe Aceh Darussalam ini  dulu pernah diterjang bencana Tsunami hebat, tepatnya tanggal 26 December 2004 silam.  Bencana ini langsung  melumpuhkan  semua  infrastruktur dan  aktivitas  masyarakat di Aceh untuk waktu sekian lama, termasuk juga pariwisatanya.  Sekarang  situasi  Aceh  perlahan – lahan kembali pulih,  hingga  mampu menjadi salah satu destinasi paling  favorit  yang  kerap  dikunjungi para pelancong lokal dan mancanegara.

Destinasi wisata  Aceh tak kalah menarik dari kota-kota lainnya di Indonesia. Padahal  dengan sejarah  bencana  yang memilukan, namun  ini justru menambah  daya  tarik pengunjung untuk lebih  mengenal  lebih dekat alam dan kota Aceh.  Kamu bisa  lihat 7 Destinasi Wisata  Aceh  unggulan  di Aceh berikut ini.

Wisata Pantai Lampuuk

Source: sengpaku.blogspot.co.id

  1. Pantai Lampuuk

Bagai sedang berada di surga, dengan pasir putihnya lembut dan air lautnya betul-betul  terlihat  biru lantaran masih  sangat jernih  Dan juga selain pemandangan  pantainya yang  cantik dan menawan berlatarkan alam hijau,  Di pantai Lampuuk ini, kamu  juga  bisa  melakukan bermacam-macam wisata  air seperti  berselancar , bermain banana boat, snorkeling, dan berbagai  aktivitas  rekreasi pantai lainnya.

Wisata Pantai Ulee Lheue

Photo by @dery_caropeboka

  1. Pantai Ulee Lheue

Pantai yang ini sangat ideal  untuk  kamu  yang hobi memancing. Pantai Ulee Lheue populer di kalangan masyarakat Banda Aceh. Di sini  kamu bisa menyewa alat pancing dan perahu nelayan untuk berlayar di lautnya. Pengalaman  seru lainnya untuk  merasakan wisata  pantai di Aceh.  Kamu  dapat  duduk-duduk santai di sepanjang tepi pantai sambil menyaksikan  panorama  sunset yang luar  biasa  dari  spot  pantai ini. Dengan jarak hanya  sekitar 3 km dari pusat  Kota Banda Aceh, dan lokasinya berada di Kecamatan Meuraxa.

wisata Pantai Lhoknga

Photo by @fikamanja

  1. Pantai Lhoknga

Berada  tak  jauh dari Pantai Lampuuk, spot wisata  pantai yang satu ini berjarak kurang lebih 20 km dari Kota Banda Aceh. Di sini  kamu bisa  menikmati panorama indah dan menawan dengan bermain-main di tepian pantai dengan pasir putihnya yang membentang luas. Jika kamu  menyukai  mengumpulkan kerang sebagai kenang-kenangan,  kamu  pasti betah berburu kerang-kerang indah di pantai ini. Pantai Lhoknga  memiliki ombak berketinggian 1,5 – 2 meter dan  benar-benar pantas buat  kamu  yang gemar  berselancar .

wisata Air Terjun Suhom

Source : sportourism.id

  1. Air Terjun Suhom

Jikalau dari tadi membahas pantai-pantainya,  sekarang  giliran air terjun di Banda Aceh yang tengah menjadi salah satu destinasi menarik bagi para wisatawan.

Berlokasi di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Air terjun Suhom yang  mempunyai  tinggi kurang lebih 50 meter ini terbagi atas tiga tingkat,  tetapi  jangan pernah mencoba untuk menaiki tingkat kedua dan ketiga  apabila kamu sedang berada di sini. Tetapi , untuk menjumpai air terjun yang luar  biasa ini  diperlukan perjuangan yang  tak kalah  hebat,  sebab kamu harus  mendaki  jalur lebih  dahulu untuk  mencapainya, dan di sepanjang perjalanannya  kamu akan  berjumpa dengan monyet atau kera liar yang berkeliaran. Jangan  khawatir mereka tidak akan menyerang  jika kamu juga tidak menganggunya.

wisata Pulau Rubiah

Source : backpackerindonesia.com

  1. Pulau Rubiah

Pulau yang terletak  di Sabang sebelah Barat Pulau Weh ini  merupakan  salah satu  daerah wisata paling  tenar  di Aceh lantaran kekayaan bawah lautnya. Terdapat 14 dari 15 biota laut yang dilindungi oleh Indonesia di Pulau Rubiah ini.  Jikalau kamu berkeinginan  bermain air di sini, cukup mengeluarkan  biaya  Rp. 40.000 untuk menyewa alat snorkeling yang  dapat kamu gunakan seharian penuh. Penasaran  untuk mengamati kekayaan apa saja yang ada di bawah lautnya?  Kamu harus mencari tahu sendiri!

Museum Tsunami aceh

Source : @danielharmaini

  1. Museum Tsunami

Destinasi wisata  ini menjadi kunjungan  wajib  bagi  kamu  yang datang ke Banda Aceh. Demi mengenang  sekaligus untuk menghormati para korban yang meninggal  saat musibah  Tsunami Aceh tahun 2004 silam,  sejak tahun 2009 Museum Tsunami ini didirikan di Jl. Sultan Iskandar Muda. Museum dengan arsitektur menarik ini dilengkapi sarana audio berupa gemuruh ombak dan air yang  mengucur , mirip  suara ketika  tsunami datang menghempas daratan tanah rencong ini.

Tempat wisata  ini  selalu dikunjungi oleh  wisatawan  mancanegara yang penasaran dengan Tsunami Aceh dan  berharap melihat  apa saja yang tersisa dari gelombang tsunami yang lalu.  Kecuali menyimpan  benda-benda sisa  bencana  alam, di sini  kamu  juga  dapat melihat  sebagian foto kerusakan  akibat  tsunami dan  sebagian kisah korban yang selamat dari  bencana tersebut

Mesjid Raya Baiturrahman

Source: @nayya24

  1. Mesjid Raya Baiturrahman

Mesjid  yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 ini  merupakan  salah satu ikon dari Kota Banda Aceh. Bangunan yang  memiliki dominan warna putih dengan kubah hitam nya yang besar dan dikelilingi oleh tujuh menara ini rasanya  sepatutnya dikunjungi  dikala  mampir ke Banda Aceh.  Bahkan saat bencana tsunami tempo lalu, banyak bangunan yang  ambruk  disekitar   Mesjid tersebut ,  tetapi mesjid  ini  tetap  berdiri kokoh pada  ketika  air tsunami  menerjang  Banda Aceh. Mesjid  Raya Baiturrahman ini juga masuk dalam daftar 100  mesjid terindah di dunia

Check Hotel Murah Di Aceh

Just Ordinary Person And Love Travelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.