Festival Budaya Indonesia – Apakah pada bulan ini kamu mempunyai rencana untuk berwisata ke Banyuwangi ?. Perlu diketahui selama bulan oktober ini, akan ada Banyuwangi Festival (B-Fest) Yang diwarnai dengan berbagai atraksi menarik yang akan dipertontonkan kepada wisatawan lokal dan mancanegara.

Festival Budaya Banyuwangi ini akan diawali pada akhir pekan ini, yaitu Sabtu 6 Oktober dengan Festival Kuntulan Caruk. Kuntulan atau hadrah kuntul yaitu kesenian asli Banyuwangi dengan berbagai perlengkapan yang khas bernama terbang.

Jangan Ketinggalan, Oktober Di Banyuwangi Penuh Dengan Festival Budaya

Source : Tribun.Com

Kuntulan Caruk artinya kuntulan yang akan saling bersua (caruk) untuk kemudian akan bertanding antar group. Jadi acara ini boleh dibilang akan ramai dan untuk acaranya di Gesibu (Gedung Seni Tradisi).

Pada hari yang sama, akan digelar juga Festival Perahu Hias yang nantinya akan menampilkan miniatur raksasa berbagai macam kapal, ada kapal perang, kapal pesiar yang panjangnya hampir 20-30 meter. Dan pada Festival Perahu Hias ini, Kapal yang ikut serta akan melintas di Sungai Pekalen Sampean, Desa Kebondalem Kecamatan Bangorejo dengan jarak tempuh 1,7 kilometer dan akan dilakukan pada malam hari.

Festival Kopi Di Banyuwangi

Source : Merdeka.Com

Selanjutnya, pada 16-17 Oktober akan digelar juga Festival Kopi. Untuk para wisatawan yang mau mendapatkan pengetahuan bagaimana memproduksi kopi yang ideal dengan kualitas terbaik,  dapat segera bergabung dalam Coffee Processing Festival yang digelar selama dua hari.

Festival Gandrung Sewu Banyuwangi

Source : CatatanNobi.Com

Pada minggu ketiga dibulan Oktober, akan digelar Tari Kolosal Gandrung Sewu. Acara ini akan dihelat di Pantai Marina Boom Banyuwangi. Atraksi seni dan budaya yang masuk kalender pariwisata nasional Kementerian Pariwisata RI ini, akan mengambil tema Layar Kumendung yang berkisah tentang bupati pertama di Banyuwangi yang heroik melawan kolonial Belanda. Dan acara ini merupakan bagian yang paling banyak ditunggu oleh para wisatawan lokal dan mancanegara.

Perlu diketahui pada tahun 2013 Tari Gandrung ini sendiri ditetapkan sebagai Warisan Tradisi Bukan Benda. Dan sebagai penutup pada tanggal 22 oktober nanti, yang juga bertepatan dengan Hari Santri Nasional akan digelar puncak acara Festival Santri. Ada sejumlah kegiatan menarik untuk memeriahkan Hari Santri Nasional 2018 ini. Jadi jangan sampai kelewatan untuk menghadiri Festival Budaya Banyuwangi ini agar kamu juga mengetahui tentang keaneka ragaman budaya yang ada di indonesia.

Hotel Populer Di Banyuwangi