Wisata Kuliner Palembang – Kota Palembang merupakan kota terbesar di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera. Palembang juga memiliki berbgai macam suku dan budaya, setiap daerah dan menciptakan berbagai macam cita rasa yang berbeda, sehingga sangat menarik untuk kita bahas, yang salah satunya adalah wisata kuliner Palembang.

Wisata Kuliner Palembang banyak sekali jenisnya, mungkin yang kalian ketahui adalah Pempek, yang berbahan dasar dari ikan giling dan tepung kanji, tetapi dapat menggoyang lidahmu, Sebenarnya masih banyak lagi kuliner Palembang yang cukup terkenal dan lezat mampu membuat kamu tidak tahan untuk mencobanya. Jika kamu punya rencana untuk liburan di Palembang, kamu harus mencicipi 9 menu kuliner asal Palembang ini, tapi awas ketagihan tidak cukup hanya 1 porsi saja. Yuk dari pada penasaran kita bahas lansung di bawah ini.

1. Restoran Kuto Besak Theater

Mencicipi 9 Menu Wisata Kuliner Kota Palembang Yang Bikin Ngiler !

Flickr.com

Restoran Kuto Besak Theater tidak hanya untuk menikmati kuliner Palembang saja. kamu juga bisa belajar tentang sejarah palembang, Restoran yang terletak di Sekanak No 46, Bukit Kecil, yang bersebalahan dengan bangunan bersejarah ketika saat masa-masa perang kolonialisasi.

Restoran ini memberikan hidangan yang lezat dengan cita rasa Nusantara, Kuto Besak Theater juga memiliki menu hidangan Western yang menjadi andalannya, jika kamu masuk kedalam restoran ini, kamu akan di berikan suasana klasik yang sangat kental, jadi sangat tepat untuk kamu yang ingin bersantai dan makan cantik ketika kamu sedang berada di Palembang, Sulawesi Selatan.

2. Restoran Kampung Kapitan Seafood

Mencicipi 9 Menu Wisata Kuliner Kota Palembang Yang Bikin Ngiler !

Omnduut.com

Restoran Kampung Kapitan Seafood yang dikenal dengan tempat wisata sejarah yang sangat ramai dikunjungi oleh para Wisatawan lokal maupun Mancanegara. Kamu dapat belajar sejarah sembari mencicipi hidangan laut yang restoran kampung berikan, sebagai tempat makanan laut paling populer di Palembang.

Restoran Kampung Kapitan Seafood walaupun menawarkan makanan lokal saja, tetapi mereka memiliki menu dengan cita rasa Internasional. Jadi kamu mempunyai banyak pilihan untuk di santap.

3. Bakmi Alun

Mencicipi 9 Menu Wisata Kuliner Kota Palembang Yang Bikin Ngiler !

foursquare.com

Bakmi Alun yang terletak di Pasar Sayangan buka dari sore sampai malam, restoran ini tidak hanya memberikan hidangan bakmi, akan tetapi mereka juga mempunyai hidangan andalan lainnya seperti es tahua atau es kembang tahu sebagai menu pendamping bakmi, Selain itu, kamu juga dapat menikmati makanan yang memiliki cita rasa tiongkok, yang membuat kamu dapat mencoba berbagai macam jenis hidangan.

4. Warung Terapung

Mencicipi 9 Menu Wisata Kuliner Kota Palembang Yang Bikin Ngiler !

Kompasiana.com

Warung Terapung yang terkenal di palembang dengan keindahan sungai Musi, terletak lebih tepatnya di sebelah pasar 16 ilir Palembang menjadikan salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi.

Warung terapung ini memberikan kamu sensasi menarik, kamu bisa menikmati kuliner di atas perahu-perahu kecil yang memiliki hidangan kuliner seperti pempek dan pindang, selagi kamu meyantap hidangan Palembang kamu juga di temani dengan pemandangan sungai Musi yang indah.

5. Rumah Makan Pindang Sri Melayu

Mencicipi 9 Menu Wisata Kuliner Kota Palembang Yang Bikin Ngiler !

ampera.co/

Rumah Makan Pindang Sri Melayu menjadi salah satu tempat yang selalu dituju untuk wisata kuliner di Palembang, kerena mereka memiliki cita rasa lokal, Menu andalannya adalah brengkes patin, pindang patin dan berbagai jenis menu pindang, serta menu makanan khas palembang.
RM Pindah Sri Melayu juga memiliki tempat yang cukup luas dengan beberapa fasilitas seperti taman dan ruang bermain jadi kamu yang membawa anak-anak bisa sembari ajak bermain. Tempat makan yang berlokasi di Jalan Demang Lebar daun sangat cocok di kunjungi bersama teman dan sanak keluarga.

6. Riverside Restaurant

Mencicipi 9 Menu Wisata Kuliner Kota Palembang Yang Bikin Ngiler !

laksmiandina.wordpress.com

Restoran yang memiliki beberapa menu andalan dan paling di rekomendasikan adalah menu pepes ikan patinm aneka sambal, dan sup pindang, Restoran ini memiliki ciri khas yang unik, sesuai namanya Riverside Restaurant, Restoran yang letaknya di pinggir sungai dengan pemandangan jembatan Ampera membuat kamu lebih seru dan nikmat ketika mencicipi hidangan dari restoran ini, Restoran yang terletak di Jalan Temon Ilir Barat II, 19 Ilir, Bukit Kecil wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke kota Palembang.

7. Mie Celor

Mencicipi 9 Menu Wisata Kuliner Kota Palembang Yang Bikin Ngiler !

Travelingyuk.com

Makanan ini merupakan makanan tradisional dari ibu kota Sumatera Selatan, Mie satu ini tidak kalah lezatnya di bandingkan dengan Pempek Palembang yaitu Mie Celor. Hidangan kuliner asli Palembang ini memiliki rasa gurih dnegan kuah yang kental, jika kamu berniat ingin mencobanya coba datang ke salah satu tempat yang menyediakan Mie Celor ini di Mie Celor 26 Ilir H M Syarief Z, lokasinya berada di Jalan KH Ahmad Dahlan No 2, 26 Ilir.

Yang pertama kali menjual Mie Celor adalah HM Syarief Z, setelah itu diteruskan oleh Abdul Aziz anaknya, memang banyak yang menjual Mie Celor di Palembang, akan tetapi yang terkenal adalah Mie Celor yang di jual oleh H M Syarief Z Mie Celor 26. Mie ini bukan semabrang mie kuning pada umumnya, karena mie ini memiliki tekstur yang kenyal dan lebih tebal, kuahnya juga kental, sangat berbeda dibandingkan dengan kuah mie pada umumnya. Kuahnya berasal dari kaldu udang yang di kentalkan dan dicampur dengan tepung Maizena.

8. Martabak HAR

Mencicipi 9 Menu Wisata Kuliner Kota Palembang Yang Bikin Ngiler !

masakandapurku.com

Martabak ini sudah berdiri sejak tahun 1947, yang menjadikannya makanan paling banyak di incar oleh para wisatawan, yang disebut Martabak HAR yang merupakan salah satu wisata kuliner Palembang berasal dari Bumi Sriwijaya ini, dan memiliki ciri khas, dimana martabaknya akan disiram dengan saus kari serta rempah-rempah lezat dan gurih di tambahkan pada topingnya.

Untuk harga Martabak HR juga sangat terjangkau, dan kamu bisa dengan mudah menemukannya karena ada banyak cabang di Palembang yang bisa kamu datangi.

9. Es Kacang Merah

Mencicipi 9 Menu Wisata Kuliner Kota Palembang Yang Bikin Ngiler !

KSMTour.com

Makanan tadi sudah kita bahas semua, sekarang saatnya kita bahas tentang hidangan penutup yang paling di cari di Palembang yaitu Es Kacang Merah, Kuliner ini bisa disajikan sebagai sup atau dessert, dengan campuran dari sirup merah dan es serut membuatnya makin terasa lezat dan tidak ingin henti mencobanya.

Tekstur kacang merah yang lembut membuat kamu lebih mudah untuk menyeruput hidangan penutup ini. Es ini sangat terkenal di daerah Manado dan Palembang, jika di Manado es kecang merah di sajikan dengan susu kental, sementara untuk Palembang hanya di berikan sirup cocopandan dan es serut.

Makanan penutup ini yang biasanya di nikmati bersama hidangan kuliner Palembang lainnya seperti pempek dan makanan khas Palembang lainnya. Beberapa tempat memang sangat populer dengan hidangan ini tetapi ada satu tempat yang wajib kamu kunjungi untuk merasakan kenikmatan dari es kacang merah yaitu di Garuda Putra, Pak Raden, 161, dan Milian. Harga untuk satu porsi es kacang merah cukup murah, mulai dari Rp 8.000 – Rp 18.000 untuk satu porsi.

HOTEL POPULER DAN MURAH DI PALEMBANG