Madura merupakan salah satu pulau di Indonesia dengan budayanya yang sangat khas. Selain budayanya yang menarik, ternyata Madura juga menawarkan tempat wisata yang oke banget untuk dikunjungi. Apa saja ya? berikut 10 Tempat Wisata Alam Yang Keren di Madura.

  1. Pantai Lombang

Pantai Lombang terletak di Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep. Disini, kamu bisa menikmati pasir putihnya dan cemara udang yang tumbuh menyebar disana.

  1. Pantai Slopeng

Selain Lombang, Sumenep yang terletak di ujung timur Madura juga memiliki pantai Slopeng, yang letaknya di Dasuk, Sumenep. Slopeng juga memiliki gumuk pasir seperti Parangtritis, Yogyakarta. Selain menikmati keindahan Pantai Slopeng, kamu juga bisa menunggang kuda di pantai ini.

  1. Boekit Tinggi Daramista

Lenteng, Sumenep memiliki wisata alam yang belakangan ini hits di kalangan anak muda, yaitu Boekit Tinggi Daramista. Meskipun Madura terkenal dengan cuacanya yang panas, kamu bisa menikmati hawa yang segar di Boekit Tinggi Daramista ini.

  1. Pulau Giligenting

Terdapat banyak kepulauan di Madura yang termasuk dalam kawasan Sumenep, salah satunya Giligenting. Pulau Giligenting memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan masih terjaga keasriannya. Kamu bisa menikmati salah satu pantai di Giligenting, yaitu Pantai Sembilan, yang namanya diambil dari gambaran visual yang terlihat dari atas pantai dan bentuknya mirip angka 9.

Baca : 5 Rekomendasi Wisata Pantai di Pesisir Kebumen

  1. Bukit Brukoh

Bukit Brukoh merupakan salah satu tempat wisata di Madura yang terus mengalami perubahan. Perubahan ini dilakukan agar Bukit Brukoh memiliki citra lebih baik dari sebelumnya. Saat ini, Bukit Brukoh memiliki beberapa spot yang menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

  1. Api Tak Kunjung Padam

Api Tak Kunjung Padam merupakan nama tempat wisata di Pamekasan, yang menawarkan pemandangan unik dan langka. Sesuai namanya, di tempat ini kamu bisa melihat api yang selalu menyala, karena mulanya memang muncul dengan sendirinya dari dalam tanah. Karena kemunculannya, tempat ini menjadi populer sebagai tempat wisata yang tak tergantikan.

  1. Pantai Jumiang

Pantai Jumiang terletak di Pademawu, Pamekasan. Pantai ini memiliki khasnya sendiri yaitu tebing-tebing di sekitar pantai, dengan ombak yang tidak terlalu besar sehingga kamu bisa dengan bebas bersantai di pinggir pantai. Selain itu, kamu bisa juga mencoba wahana Banana Boat di Pantai Jumiang. Keren ‘kan?

Baca : Wisata Ujung Kulon, Keindahan Alam Bahari nan Eksostis

  1. Bukit Cinta

Satu lagi yang bisa kamu kunjungi di Pademawu, Pamekasan, adalah Bukit Cinta. Bukit Cinta merupakan salah satu wahana di tempat wisata edukasi Selamat Pagi Madura. Tempatnya yang unik dan menarik menjadi lokasi yang hits untuk berfoto ria. Selain wahana ini, kamu juga bisa mengunjungi wahana lain yang tak kalah menarik seperti waterboom, pemancingan dan flying fox.

  1. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih merupakan bukit kapur yang sebelumnya merupakan tempat penambangan batu kapur putih. Saat ini Bukit Jaddih dibuka untuk umum sebagai tempat wisata yang membawa ciri khas seperti timur tengah. Bukit Jaddih terletak di Socah, Bangkalan. Kalau kamu ingin kesini, jangan lupa pakai masker, ya.

  1. Pantai Jodoh

Madura yang terdiri dari 4 kabupaten yaitu Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan, memiliki tempat wisata uniknya masing-masing. Sampang sendiri memiliki wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi, yakni Pantai Jodoh. Pantai ini terletak di Sokobanah, Sampang. Kalau kamu ingin kesini, bisa baca artikel lengkapnya disini.