Kebumen terletak di pesisir pantai selatan pulau Jawa. Pantai-pantai di Kebumen sangat indah dengan pemandangan perbukitan dan tebing-tebing. Tebing dan bukit memisahkan satu pantai dengan pantai lainnya sekaligus memberi keunikan tersendiri terhadap pemandangan pantainya. Berikut ini 5 rekomendasi pantai di Kebumen untuk kamu kunjungi.

Pantai Menganti

Source : zonekebumen.blogspot.com

  1. Pantai Menganti

Letak Pantai Menganti ada di pesisir bagian barat Kebumen, berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota. Untuk sampai ke Pantai Menganti, kamu harus melewati jalanan aspal yang terus menanjak ke puncak perbukitan. Di sepanjang jalan kamu akan melihat rimbunan pepohonan dan pemandangan kota dari atas bukit. Sampai di puncak, kamu akan terkagum-kagum dengan keindahan lautan luas yang seolah bersatu dengan langit. Kamu juga bisa melihat barisan kapal-kapal nelayan yang ditambatkan di tepi pantai. Pemandangan paling indah akan kamu temui jika kamu berjalan naik ke area mercusuar. Di lereng bukit hijau yang menurun ke pantai, terdapat pondok-pondok bambu untuk duduk-duduk sambil melihat laut. Dari sini bisa terlihat ombak-ombak besar yang bertumbukan dengan Tanjung Karangbata dan kapal-kapal nelayan yang tengah berlayar sambil merasakan sepoi-sepoi angin laut.

Pantai Pecaron

Source : iqbalkautsar.com

  1. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron terletak di Desa Srati, Kecamatan Ayah. Pantai Pecaron belum lama menjadi destinasi yang terbuka untuk umum, yaitu sekitar tahun 2014. Sebelumnya pantai ini tidak banyak diketahui orang dan seolah seperti pantai pribadi. Sejak dibukan untuk umum, sejumlah pondok makan tradisional dibangun sebagai fasilitas wisata. Pantai Pecaron sangat indah dengan ombak yang cukup tinggi dan pasir pantai yang halus dan bersih. Di kanan kiri pantai berbatasan dengan perbukitan hijau dan tebing karang. Lantai pasirnya sangat landai dan luas. Pohon-pohon kelapa menjadi pembatas antara pantai dan rumah-rumah penduduk di sekitar Pantai Pecaron.

Baca : 5 Pantai Di Lombok Yang Indah dan Eksotis

Pantai Watubale

Source : resnufebri.blogspot.com

  1. Pantai Watubale

Terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Pantai Watubale memiliki pantai yang sangat dekat dengan rumah-rumah warga sehingga pengunjung yang datang tidak perlu memarkirkan kendaraan jauh dari pantai. Kamu bisa duduk-duduk menikmati pantai di pondok-pondok warung bambu sambil menikmati tempe mendoan hangat dan nasi pecel. Di sebelah timur, kamu bisa maik ke atas bukit dan melihat pantai dari atas. Sejumlah spot foto seperti gardu pandang, kapal kayu, dan sebagainya dibuat warga sekitar agar kamu dan pengunjung lain bisa mendapat foto kenang-kenangan yang bagus bersama teman-teman.

Pantai Surumanis

Source : galleriku.blogspot.com

Baca :  Wisata Ujung Kulon, Keindahan Alam Bahari nan Eksostis

  1. Pantai Surumanis

Luas Pantai Surumanis relatif lebih kecil daripada pantai lain karena dibatasi perbukitan yang berbentuk setengah lingkaran. Jika kamu ke Pantai Surumanis, kamu harus berjalan menuruni bukit terlebih dahulu untuk sampai ke pantainya. Sebelum dibuka untuk umum, pengunjung harus menuruni bukit batu yang terjal. Namun sekarang sudah dibuat jalur khusus sehingga lebih mudah dijangkau dan aman. Karena letaknya terisolir, Pantai Surumanis terasa seperti pantai pribadi tempat kita bisa bersantai di pantai yang landai. Kamu perlu membawa bekal makanan dan minuman sendiri atau beli di desa terdekat karena di Pantai Surumanis tidak ada pondok makan. Bukit di atasnya ditumbuhi bunga-bunga hutan yang cantik dan rerumputan hijau sehingga kamu juga bisa menikmati keindahan Pantai Surumanis dari ketinggian.

Pantai Sawangan

Source : magazine.job-like.com

  1. Pantai Sawangan

Pantai Sawangan atau Sawangan Adventure Park sangat unik karena terdapat air terjun. Pantai Sawangan dan air terjunnya ada di balik bukit, jadi kamu harus menitipkan kendaraan di bawah lalu mendaki. Jangan khawatir, pengelola setempat sudah membuat jalur hiking dari kayu dan bebatuan untuk mempermudah pengunjung naik-turun bukit Sawangan.

Baca : 5 Kuliner Wajib Untuk Dicicipi di Kebumen

Di sepanjang jalur hiking pun disiapkan pondok-pondok kayu untuk beristirahat. Kamu mungkin akan bertemu satu-dua penduduk lokal yang memanggul rumput dan kayu bakar yang juga beristirahat di pondokan. Kelelahan mendaki akan langsung terbayar begitu kamu melihat air terjun setinggi belasan meter yang airnya mengalir langsung ke pantai karang di bawahnya. Pengunjung boleh bermain air di kolam air terjun maupun di pantainya. Tapi hati-hati karena ombak di pantainya cukup besar.

Lima pantai di Kebumen di atas ramai dikunjungi saat hari libur. Tiket masuk atau parkir kendaraannya bervariasi, mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 10.000. Kalau mampir ke salah satu pantai di atas, jangan lupa sambil mencicipi tempe mendoan ya. Dijamin nikmatnya liburan di pantai makin mantap!