Bagi kebanyakan orang, berlibur merupakan suatu hal yang sangat disukai dan sangat ditunggu-tunggu. Hal ini dikarenakan, berlibur bisa membuat pikiran menjadi lebih fresh setelah seharian penuh bekerja. Oleh karena itu, luangkan waktu Anda untuk berlibur meskipun hanya sehari atau dua hari. Mungkin sebagian besar orang memiliki mindset atau jalan pikiran bahwa berlibur harus memiliki uang yang cukup banyak, karena harus pesan tiket pesawat dan hotel untuk menginap, transportasi, keperluan makan, dan keperluan lainnya. Hilangkan mindset yang seperti itu. Perlu Anda ketahui, bahwa liburan tidak melulu harus mewah. Anda bisa berlibur ala-ala backpacker.

Berlibur ala bacpacker bisa Anda terapkan bagi Anda yang memiliki low budget saat  berlibur. Berlibur ala bacpacker ini tidak mengeluarkan banyak uang. Bagaimana cara berlibur ala backpacker bersama keluarga?

  1. Tetapkan Destinasi Wisatanya

Sebelum Anda bersiap-siap, pastikan terlebih dahulu tempat yang akan Anda kunjungi. Hal ini merupakan hal yang paling utama saat akan berlibur. Pastikan Anda memilih tempat berlibur yang nyaman karena Anda tidak sendiri melainkan bersama keluarga. Selain nyaman, disarankan untuk memilih tempat yang berhubungan dengan alam. Seperti berlibur ke pantai atau ke puncak, dan lain sebagainya.

Baca : 5 Tips Biar Hemat Saat Traveling

  1. Tetapkan Waktunya

Waktu merupakan salah satu hal yang penting disamping tempat destinasi. Musyawarahkan bersama keluarga Anda mengenai waktu keberangkatan. Pastikan juga waktu untuk pulang agar schedule atau jadwal berlibur Anda tidak kacau. Disarankan tidak lebih dari 3 hari. Meskipun hanya sebentar tetapi berkualitas.

  1. Siapkan Budget.

Tanpa budget tentunya Anda tidak bisa berangkat berlibur bersama keluarga. Berlibur tidak harus memiliki budget yang tinggi. Siapkan budget Anda sesuai kebutuhan saja. Tidak perlu membeli barang-barang mahal dan mewah ketika berlibur. Menghabiskan waktu bersama keluarga saja sudah bisa membuat senang.

Baca : 6 Tips Hemat Menyimpan Uang

  1. Tetapkan Transportasi

Jika Anda ingin berlibur ala-ala backpacker bersama keluarga terutama ke luar pulau, Anda disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi yaitu mobil. Meskipun mungkin akan terasa lama didalam perjalanan karena menempuh jarak yang jauh, jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda tidak akan merasa repot jika ingin berpergian kesana -kemari di kota tersebut. contohnya, Anda ingin membeli oleh-oleh Anda tidak perlu bingung menggunakan transportasi apa. Tentunya dengan membawa kendaraan pribadi akan lebih meminimalkan pengeluaran Anda untuk transportasi. Mungkin Anda hanya mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar saja.

Itu adalah 4 tips berlibur ala backpacker yang bisa Anda terapkan bersama teman, sahabat, keluarga atau pacar Anda. Berlibur tidak melulu dengan hal-hal yang mewah dan berlibur juga tidak melulu pergi ke tempat-tempat yang membutuhkan budget tinggi untuk mengunjunginya. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!