Wisata Kuliner Jambi – Bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan tiba, dan jika kamu sedang di kota Jambi kamu akan menemukan berbagai variasi menu makanan langka, yang hanya muncul setiap bulan Ramadan.

Jambi banyak menyimpan racikan menu langka khas warga Melayu Jambi adalah kabupaten Muarajambi, daerah yang bersebelahan dengan kota Jambi ini sangat dikenal dengan gudang makanan khas Jambi, berikut ini 3 kuliner khas Jambi yang biasa di temukan saat bulan Puasa. Simak ulasannya berikut ini.

3 Kuliner Khas Jambi Yang Biasa Di Temukan Saat Bulan Puasa

baca.co.id

1. Gulai Pucuk Rotan

Kebanyakan orang mengenal rotan merupakan bahan dasar dari kerajinan tangan, akan tetapi berbeda dengan warga Kabupaten Muarojambi, rotan tidak hanya bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan, akan tetapi juga bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan juga nikmat.

Untuk hidangan ini tidak sembarang rotan yang digunakan, melainkan yang bisa di olah hanya bagian pucuknya atau ujung mudanya saja, Gulai pucuk rotan sudah sejak ada dan lama dikenal oleh warga Muarojambi mengingat daerah ini sangat banyak memiliki tumbuhan rotan saat masih banyak hutan. Dengan perkembangan manusia dan perluasan kawasan perkebunan, tumbuhan rotan mulai sangat sulit untuk di dapati.

Hidangan ini juga dipercayai oleh masyarakat lokal dapat menyehatkan gigi, menyegarkan napas, sampai membuat dirimu bisa awet muda.

3 Kuliner Khas Jambi Yang Biasa Di Temukan Saat Bulan Puasa

grid.id

2. Ikan Senggung

Ikan Senggung merupakan hidangan khas Jambi yang sangat sulit ditemui, hampir tidak ada warung makan atau restoran yang menjualnya. Dikarenakan proses memasak membutuhkan waktu yang sangat panjang , sampai empat jam karena harus di bakar setelahnya.

Ikan Senggung menggunakan bahan dasar ikan gabus atau toman, ikan yang sudah dibersihkan dan diberi bumbu ini dimasukan ke dalam bambu yang sepanjang satu meter. setelah itu bambu tersebut akan dibakar diatas bara api yang kecil malah terlebih lagi mirip di asapi saja.

Untuk menemukan menu ikan ini kamu harus datangi restoran khusus yang menjual kuliner tradisional Jambi, untuk harga tergolong sangat tinggi di bandingkan masakan lainnya, untuk seporsi ikan senggung isi ikan gabus dihargai sebesar Rp 55.000 , sedangkan untuk isi ikan toman harganya malah lebih mahal.

3 Kuliner Khas Jambi Yang Biasa Di Temukan Saat Bulan Puasa

tribunnews

3. Gangan Palapa

Makanan satu ini merupakan makana yang sangat langka, seperti namanya Gangan Palapa menjadi menu prestisius dari kabupaten Muarojambi yang memakai bahan dasar ikan segar, dan bahan utamanya adalah ikan toman, patin atau juga gabus.

Menu ini sudah sangat jarang terdengar lagi, selain kaya akan bumbu dengan rempah-rempah, gangan palapa sebelumnya adalah makanan prestisius sebagai penanda status sosial masyarakat lampau.

Kuliner Khas Jambi ini lebih mirip dengan masakan pindang. cara membuatnya juga sederhana akan tetapi membutuhkan kecermatan tinggi dalam mengolahnya, Makanan ini sangat sehat, karena dalam proses memasaknya tidak menggunakan minyak maupun santan, Bumbu-bumbu yang digunakan juga sangat segar, dan biasanya hidangan ini sudah dilengkapi dengan lalapan segar dan sambal bacan.

Bagaimana traveller ? tertarik untuk mencoba Wisata Kuliner Jambi ini, kamu hanya cari Tiket Pesawat Murah yang ada di situs atau aplikasi Reservasiku.com. selain itu kamu juga bisa mendapatkan tawaran Hotel Murah Jambi yang dapat memperkecil pengeluaranmu dalam berwisata ke Jambi.

HOTEL MURAH DAN POPULER DI JAMBI