Wisata Indonesia – Sumba Barat Daya adalah Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur, ini adalah pemekaran dari Sumba Barat yang mempunyai luas 1.445 km². Tempat wisata di sini masih sangat jarang dikunjungi oleh para wisatawan lho, masih asri, bersih dan tenang.

Apalagi kalau sudah melihat keindahan-keindahan pemandangan yang ada di Sumba Barat Daya ini, bikin kamu betah berlama-lama di sini. Ga hanya pantainya aja yang terkenal indah, tapi ada air terjun dengan airnya yang biru dan danau yang bening banget dengan warna air yang biru jernih. Ah… bikin betah aja nih. Penasaran nih, Tempat Wisata Sumba mana aja yang harus dikunjungi di Sumba Barat Daya?

AIR TERJUN LOKOMBORO

Source : Deskgram.org

AIR TERJUN LOKOMBORO

Air terjun dengan air yang berwarna biru muda ini tingginya mencapai 62 m. Air terjun ini adalah pertemuan antara dua sungai yang airnya juga dimanfaatkan  untuk Pembangkit Listrik Tenaga Didro. Lumayan dalam juga sih kalau kalau berenang di sini, tapi seger banget dan indah banget lho, jarang-jarang kan ada air terjun yang airnya itu berwarna biru gitu.

KAMPUNG WEE LEWO

Source : rommyhouse.blogspot.com

KAMPUNG WEE LEWO

Kampung adat Wee Lewo ini adalah kampung yang sudah tua yang orang-orang di wilayang Wewewa pertama kali tinggal di sini. Di sini ada 9 rumah adat (Uma Kalada) dan 100 kubur batu yang masih dari zaman dulu. Kalau kamu ke sini dan ingin jeprat-jepret sekeliling kampung ini, kamu harus minta izin dulu kalau ga mau hasil fotomu gelap gulita tanpa gambar sedikitpun. Pokoknya apa-apa di sini harus tanya dulu deh dari pada nanti kena hukuman.. hihihihi. Kamu juga bisa lihat upacara-upacara adat yang ada di Kampung ini juga.

DANAU WEEKURI

Source : Phinemo.Com

DANAU WEEKURI

Wee artinya air dan kuri artinya kerang laut , jadi danau ini dulunya sebelum dibuka untuk umum, ada banyak banget kerang lautnya. Danau yang letaknya di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara timur ini mempunyai air yang biru kehijauan yang jernih, gemessss …. deh kalau kamu lihat air dan pemandangan sekelilingnya. Kata penduduk sekitar sih, saking indahnya,danau ini jadi tempat mandi pribadi para bidadari. Danau ini juga mengalami air pasang sekitar jam 05.00 WITA dan surutnya pada jam 15.00 WITA.

Baca Juga : 8 PANTAI TERINDAH DI SUMBAR WAJIB DIKUNJUNGI

 

PANTAI MANDORAK

Source : Youtube.Com

PANTAI MANDORAK

Pantai Mandorak ini berada di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, NTT. Di Pantai Mandorak ini kamu bakalan melihat keindahan air laut yang biru bening dengan pasir yang putih bersih yang berkilauan dan ada juga air terjun untuk kamu mandi di sana.

Untuk menuju ke Sumba ini kamu dari Bandara Ngurah Rai dulu trus dilanjut ke Bandara Tambaloka yang menempuh perjalanan udara sekitar 1,5 jam. Kalau kamu dari Bandara Tambaloka, kamu bisa menggunakan mobil dan sepeda motor untuk menuju ke pantai ini.

Baca Juga : 5 DESTINASI WISATA BANGKA BELITUNG YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Kalau kamu berada di Weikelo menuju ke Danau Weekuri (tempatnya tinggal jalan kaki aja ke pantai Mandorak) yang bisa menempuh waktu selama 1 jam, berubung sepanjang jalan dan di tempat wisatanya itu jarang banget bahkan ga ada orang yang berjualan makanan dan minuman, lebih baik kamu siapkan berkelanan kamu dulu ya.

Wah… keindahan tempat wisata di sumba  ini bikin pengen ke sana lagi, meski menempuh jarak yang lumayan jauh tapi setelah lihat pemandangan yang ngegemesin gitu kan jadi seger!