Onsen merupakan istilah populer untuk pemandian air panas khas Jepang. Tidak hanya sekedar pemandian air pemanasan biasa, air panas pada onsen bersumber langsung dari gunung vulkanik. Karena Jepang memiliki banyak gunung vulkanik, banyak onsen yang bisa anda temukan ketika sedang berwisata ke negeri sakura satu ini.

Mengunjungi onsen juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulihkan stamina anda setelah seharian berkeliling menikmati keindahan objek-objek wisata di Jepang. Air panas pemandian dengan kandungan mineral terkenal memiliki berbagai manfaat untuk mengembalikan stamina tubuh maupun menyebuhkan berbagai penyakit.

Kini onsen telah menjadi salah satu objek wisata khas yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Jepang. Berikut beberapa 5 rekomendasi onsen terbaik di Jepang yang bisa kalian datangi.

Onsen Yunomine Di jepang

Source : mi-kumano.com

1. Onsen Yunomine

Onsen Yonomine merupakan salah satu onsen terbaik di Jepang yang terletak di prefektur Wakayama. Tempat pemandian ini merupakan onsen tertua yang sudah ada sejak abad ke-4. Tempat pemandian air panas satu ini termasuk dalam area “Situs Keramat dan Jalur Ziarah Pegunungan Kii” yang merupakan situs warisan  UNESCO.

Onsen Yonomine biasanya dikunjungi oleh para pengunjung yang ingin memberisihkan diri sebelum berziarah ke kuil yang berada di Kumano Kodo. Atau bagi pagi pengunjung yang lelah setelah mendaki pegunungan Kii.

Untuk bisa menikmati fasilitas onsen Yonomine, anda harus menyiapkan 250 yen (sekitar Rp 32.000) untuk dewasa dan 130 yen untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun.(sekitar Rp 16.000). Onsen ini buka dari jam 06.00 pagi hingga 22.00 malam.

Onsen Dogo Di Jepang

Source :zekkeijapan.com

2. Onsen Dogo

Satu lagi onsen terbaik di Jepang yang terletak di area pusat timur Matsuyama yaitu Onsen Dogo. Area sekitar pemandian air panas satu ini terkenal dengan interior onsen indah dan banyak ryokan (penginapan traditional khas Jepang) yang tersedia sebagai tempat singah. Selain terkenal di kalangan turis, onsen ini juga merupakan tempat pemandian air panas langganan keluarga kekaisaran Jepang.

Adapun daya tarik yang dimiliki oleh onsen Dogo adalah Dogo Onsen Honkan, yaitu interior kayunya yang masih kokoh dari tahun 1894. Selain itu, interior Honkan dirancang dengan gaya mewah dan megah,terdiri dari banyak tangga, lorong, dan kamar singgah.

Bangunan kayu Dogo Onsen Honkan merupakan salah satu aset budaya yang dilindungi di Jepang.

Dogo onsen terdiri dari dua jenis tempat pemandian; Kami no Yu, dengan ukuran ruangan yang luas dan besar dan Tama no Yu, dengan ukuran yang lebih kecil dan ramai pengunjung. Anda bisa memilih berbagai paket pemandian mulai dari 260 yen (sekitar Rp 33.000) hingga 1550 yen (sekitar Rp 200.000).

Onsen Kinosaki Jepang

Source : nishimuraya.ne.jp

3. Onsen Kinosaki

Jika anda menginginkan paket liburan traditional komplit khas Jepang, berkunjung ‘lah ke Onsen Kinosaki. Onsen ini terletak di lembah yang dikelilingi oleh pegunungan dan laut. Anda juga akan disuguhkan pemandangan indah arsitektur klasik Jepang di sekitaran kota dihiasi aliran sungai dan deretan pohon bunga sakura jika anda berkunjung pada musim semi. Terletak di prefektur Hyogo, Onsen Kinosaki sering di sebut sebagai salah satu onsen terbaik di Jepang.

Tersedia belasan ryokan dengan onsen pribadi dia sekitaran Onsen Kinosaki yang bisa disinggahi oleh para turis. Tersedia pula onsen umum (sotoyu) dan kolam air panas untuk kaki (ashiyu). Bagi kalian pengunjung perempuan, kalian juga bisa menyewah yukata dan sandal geta dengan biaya sewa sebesar 2.300 yen (sekitar Rp 297.000) sudah termasuk jasa memakaikan yukata, yang bisa anda kenakan sembari menyusuri keindahan kota. Namun, jasa penyewaan ini hanya ada selama bulan Juni sampai Oktober.

Terdapat banyak pilihan tempat pemandian air panas di komplek Onsen Kinosaki. Dengan jam operasi 07.00 pagi sampai 23.00 malam, bertarif 300 yen (sekitar Rp 38.000) hingga 800 yen (sekitar Rp 100.000)

Onsen Nyuto Jepang Outdoor

Source :offbeatjapan.org

4. Onsen Nyuto

Onsen Nyuto merupakan sebuah area dari sumber mata air panas yang terletak di kaki gunung Nyuto di kota Semboku, prefektur Akita. Terdapat tujuh mata air kuno yang terbagi menjadi beberapa onsen dengan khasiat yang berbeda di Onsen Nyuto; Tsuru no Yu, Kuroyu Onsen, dan Magoroku Onsen yang sering disebut sebagai ‘obat mata air dari gunung’.

Jika anda berkunjung pada musim dingin, anda bisa menyewah pemandian air panas outdoor dan menikmati pemandangan salju yang menumpuk dengan pemandangan Hutan Thouras.

Sebelum berendam, anda juga bisa menikmati jalur tracking seperti Gunung Akita-Komaga-Take. Setelah lelah berpetulangan, pulih kan satamina di Onsen Nyuto.

Air panas di Onsen Nyuto  merupkan onsen terbaik di Jepang yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, arteriosclerosis, penyakit kulit, gangguan pencernaan, dan diabetes. Untuk menikmati khasiat Onsen Nyuto anda harus menyiapkan biaya mulai dari 510 yen (sekitar Rp 66.000) sampai 720 yen (sekitar Rp 93.000)

Onsen Kusatsu Jepang

Source :gate-jp.com

5. Onsen Kusatsu

Onsen Kusatsu merupakan salah satu dari onsen terbaik di Jepang yang terkenal dengan tiga sumber air panas alaminya. Berlokasi di Kusatsu, prefektur Gunma, area pemandian ini terletak di kaki gunung Shirane dengan ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Udara yang sejuk dang dingin serta panorama alam kaki gunung yang menawan merupakan hal yang sangat sayang untuk dilewatkan jika anda berkunjung ke Jepang.

Onsen Kusatsu terkenal pula akan sumber air panas alaminya yang setiap hari keluar hingga 32.000 liter yang mampu mengisi 230.000 drum baja. Dengan kandungan pH 2.1 yang membuat air panas di pemandian ini bebas dari bakteri.

Karena sumber air panas memilik titik didih hingga 51 – 94 derajat celcius, hal ini mengharuskan adanya proses penurunan suhu air agar dapat digunakan untuk berendam tanpa melukai kulit. Adapun proses manual yang dilakukan adalah Yumomi (mengaduk air). Dilakukan oleh para wanita berpakaian tradisional, mereka akan mengaduk air untuk menurunkan suhu air sambil menyanyikan lagu tradisional. Hal ini juga bisa menjadi tonton menarik bagi para turis.

Rata-rata pemandian beroperasi dari jam 07.00 pagi hingga 21.00 malam. Anda bisa menikmati onsen-onsen tersebut dengan tarif 300 yen (sekitar Rp 33.000) sampai 800 yen (sekitar Rp 100.000)

Ga sabar kan untuk mencoba liburan ke Jepang, mungkin 5 rekomendasi onsen terbaik di atas bisa menjadi salah satu destinasi wisata kamu saat ke jepang, Mulai rencanakan liburan kamu dari sekarang, dan jangan lupa memesan Tiket Pesawat dan Booking Hotel dari sekarang.

BOOKING HOTEL JEPANG