Wisata Kuliner Pakistan – Pakistan terletak di sebelah Selatan Asia, Pakistan memiliki garis pantai dengan panjang 650 mil, negara yang berbatasan langsung dengan Iran disebalah barat, afghanistan di sebalah barat-laut, di utara dengan Tajikistan, Tiongkok sebalah timur laut, India sebelah timur, serta dengan laut arab dan Teluk Oman di selatan. Negara yang terbentuk sejak tahun 1947 telah merdeka bagi penduduk muslim India.

Di tahun 1956, secara resmi negara ini menjadi Republik Islam, dengan ibu kota Pakistan terletak di Islamabad, akan tetapi Karachi tetap menjadi kta terbesar di negara ini, Penduduk di Pakistan mayoritas Muslim, bahasa yang di gunakan setiap harinya adalah Urdu dan Inggris, Mata uang resmi negara ini adalah Rupee Pakistan (PKR) Bandara Internasional utama negeri ini adalah Jinnah International Airport (KHI) yang terletak di Karachi.

Wisata ke negara Pakistan kurang puas jika belum merasakan kuliner khas Pakistan yang orisinil, walaupun beberapa makanan mungkin sudah pernah kamu cicipi di Indonesia akan tetapi tetap saja cita rasa di Pakistan lebih orisinil, berikut ini 6 kuliner khas pakistan yang Reservasiku rekomendasikan untuk kamu cicipi selama liburan di Pakistan, yuk simak di bawah ini.

1. Nasi Biryani

6 Kuliner Khas Pakistan Terlezat Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Wikimedia.org

Nasi Biryani hidangan yang memakan bahan dasar Nasi, yang dimasak menggunakan rempah-rempah lalu di tambah dengan sayur-sayuran serta daging ayam, kambing, ikan, udang atau sapi. Makanan ini banyak di temukan di daerah Asia Selatan seperti India dan Pakistan, walaupun di Indonesia sendiri kamu bisa menemukan nasi Briyani, tetapi untuk rasa lebih merasa puas jika makan langsung dari negara asalnya kan.

Biryani sendiri sebenarnya banyak ragamnya yang dipengaruhi dari daerah serta cara pembuatannya sangat bermacam, nasi ini beradaptasi sesuai daerahnya berikut ini berbagai macam jenis Briyani :

  • Biryani Awadh
  • Biryani Hyderabad
  • Biryani Iran
  • Biryani Malabar
  • Biryani Sindh/Lahore
  • Biryani Sri Lanka
  • Tahiri
  • Biryani di Asia Tenggara
  • Biryani Indonesia

Kalau nasi Biryani Indonesia sering kita sebut dengan nasi kebuli, pasti kamu sudah tahu kan.

2. Tikka

6 Kuliner Khas Pakistan Terlezat Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

maunikagowardhan.co.uk

Tikka atau Chiken Tikka adalah hidangan ayam yang berasal dari wilayah Punjab di bagian utara anak benua India, yang populer di negara India, Bangladesh, Pakistan, dengan potongan kecil ayam tanpa tulang di panggang secara tradisional menggunakan tusuk sate yang disebut Angeethi, setelah di berikan bumbu dan didiamkan hingga menyerap yang sebagian besar bumbu-bumbu tersebut menggunakan rempah-rempah India dan dahi (yogurt), Hidangan ini sebenarnya mirip dengan versi ayam tandoori tanpa tulang, kata Tikka yang berarti “bit” atau “potongan”.

3. Channa Chaat

6 Kuliner Khas Pakistan Terlezat Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

i.ytimg.com

Hidangan ini lebih bersifat seperti cemilan khas Pakistan yang terbuat dari Kacang Arab. Lebih tepatnya hidangan ini seperti salad Chickpea India yang biasanya di buat dengan menggunakan Jus lemon, sayuran cincang seperti tomat, dan bawang, cabai hijau, dan chaat masala (yang merupakan campuran rempah india), sebagian orang ada yang suka dengan menambahkan potongan kentang rebus dan chutney asam, dan sebagian orang ada yang menyajikannya dengan cara dimasak sebentar, ada juga disajikan dingin tidak dimasak.

4. Aloo Keema

6 Kuliner Khas Pakistan Terlezat Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

sndimg.com

Makanan yang sering ditemukan di India maupaun di Pakistan, memang hidangan kuliner satu ini gampang di temukan dimana saja, hampir di setiap tempat jajanan pinggir jalan, kamu dapat menemukan Aloo Keema, Aloo Keema sendiri menggunakan bahan dasar dari Kentang, Daging Kambing yang di cincang, dan biasanya masyarakat disana menyantapnya dengan nasi, Ada juga Keema yang menggunakan kacang yang membedakan hanya itu saja.

5. Samosa

6 Kuliner Khas Pakistan Terlezat Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

guardian.ng

Hidangan yang berbentuk segitiga ini biasanya di hidangkan dengan cara digoreng atau dipanggang dengan isian yang gurih, seperti kacang berbumbu, bawang, kacang polong, atau kacang lentil, sebenarnya Samosa memiliki bentuk yang beragam seperti kerucut dan setengah bulan, tergantung pada wilayahnya saja.

Jika di India biasanya ditambahkan dengan Chutney, Samosa merupakan hidangan yang populer seperti gorengan di Indonesia, makanan ringan yang dapat kita temukan di Semenanjung Arab, Asia Tenggara, Asia Barat Daya, Mediterania, Tanduk Afrika, Afrika Utara, dan Afrika Selatan Karena difusi budaya dan emigrasi dari daerah-daerah ini, samosa beradaptasi sesuai tempatnya.

6. Kheer

6 Kuliner Khas Pakistan Terlezat Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

guardian.ng

Kheer atau Kiru merupakan hidangan penutup yang begitu populer di Pakistan, puding beras, yang berasal dari anak benua India, dibuat dengan merebus beras, gandum rusak, tapioka, atau bihun dengan susu dan gula. Lalu di bumbui dengan kapulaga, kismis, saffron, kacang mete, pistachio atau almond. Biasanya disajikan saat makan atau sebagai makanan penutup. Ia juga dikenal di beberapa daerah sebagai payasam, payasa, dan phirni.

HOTEL POPULER DAN MURAH DI PAKISTAN