Wisata Kuliner – Bersantai sambil menikmati angin pantai, atau menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam kurang puas jika belum sambil menikmati hidangan kuliner lokal yang sedap. Jika kamu berjalan-jalan di sekitar pantai pulau Ambon coba kamu sambangi restoran-restorannya, disana terdapat beragam restoran yang menyediakan hidangan laut yang bisa kamu cicipi, untuk rasa tidak kalah enaknya dari restoran-restoran ternama.

Untuk hidangan aneka laut tidak hanya digoreng atau dibarak, tetapi diolah dengan bumbu yang kebanyakan menggunakan rempah-rempah sesuai dengan ciri khas Indonesia, makanannya menggunakan rempah-rempah yang kaya. Selain hidangan laut, hutan Maluku sendiri masih cukup terjaga untuk menjamin pasokan bahan makanan nabati seperti sagu, umbi-umbian, dan yang menjadi ciri khas makanan ambon adalah buah Kenari. Penasaran apa saja hidangannya 6 Kuliner Ambon Yang Terkenal ? yuk di simak di bawah ini.

 

1. Rwbia Saingan Rendang Padang

Menikmati Indahnya Pantai Maluku ! Sambil Mencicipi 6 Kuliner Ambon Yang Terkenal

tstatic.net

Rwbia merupakan hidangan dari olahan dasar bia atau kerang, Kerang yang di pakai untuk pangan ini berbagai macam jenisnya, tergantung stok jenis kerang yang dapat di temukan di lokasi tersebut

Untuk rempah-rempah yang digunakan seperti aneka bawang, kelapa sangrai, santan, gula aren, jintan, kunyit dan lainnya.

Untuk rasa tidak usah di tanya lagi, dengan tekstur yang agak kenyal di padu dengan rempah yang gurih serta sedikit pedas. Dengan proses masak yang terbilang cukup lama, sepertinya patut dijadikan rival berat dari hidangan asal minang yaitu Rendang Minang.

Jika kamu penasaran bagaimana cara mendapatkan hidangan ini, bisa kamu temukan di resto dekat pantai hingga pasar tradisional yang yang ada di pesisir, dan salah satunya adalah sentra kuliner di Pantai Natsepa, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

2. Ikan Kuah Kuning Beserta Papeda

Menikmati Indahnya Pantai Maluku ! Sambil Mencicipi 6 Kuliner Ambon Yang Terkenal

pacarkecilku.com

Hidangan paling terkenal di Ambon adalah Ikan Kuah Kuning disantap bersama papeda, sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang baru pertama kali ataupun sering ke Ambon dan kepulauan Maluku, pasalnya hidangan ini menjadi menu santapan hampir tiap harinya.

Tekstur papeda yang kenyal dipadukan dengan kuah kuning dan ikan kakap yang segar sudah pasti menggugah selera makanmu.

Untuk menemukan hidangan ini cukup mudah di beberapa resto yang menyajikan hidangan sea food khas maluku, salah satunya di RM Dua Ikan di Jalan Wolter Monginsidi, Lateri Baguala, Kota Ambon.

3. Kue Kenari

Menikmati Indahnya Pantai Maluku ! Sambil Mencicipi 6 Kuliner Ambon Yang Terkenal

masirul.com/

Maluku yang kaya akan biji kenarinya, membuat hidangan khas maluku menjadi unik dan terkenal, dari Kopi, sayuran, ikan hingga kue yang menggunakan bahan baku kenari. Kue yang di buat menggunakan bahan dasar biji kenari ialah kue bolu kenari, sagu kenari, bagea kenari, dan masih banyak lagi hidangan yang menggunakan kenari.

Kamu dapat membelinya di sentra oleh-oleh atauy toko kue kering di kota Ambo, untuk yang penasaran dengan harganya, mulai dari Rp 35.000 untuk 250 gram, mau yang lebih murah ? kamu dapat mencarinya di pasar terdekat yang di jual secara curah.

4. Rujak Natsepa

Menikmati Indahnya Pantai Maluku ! Sambil Mencicipi 6 Kuliner Ambon Yang Terkenal

travelingyuk.com

Rujak sepertinya yang kita ketahui pasti makanan yang pedas menggunakan gula aren dan cabai serta buah-buahan, untuk Rujak Natsepa sebenarnya tidak ada bedanya jika di bandingkan dengan rujak yang ada di sekitar rumah kita, hanya yang membuatnya berbeda adalah berasal dari olahan kacang dan gula aren dari daerah tersebut.

Untuk satu porsi Rujak Natsepa ini dihargai sebesar Rp 15.000 saja, kamu bisa menikmati rujak ini bersama teman-teman atau sanak saudara sambil melihat pemandangan pantai yang indah dengan suara deburan ombak yang menenangkan hati.

5. Sagu Gula

Menikmati Indahnya Pantai Maluku ! Sambil Mencicipi 6 Kuliner Ambon Yang Terkenal

kompas.com

Sagu gula merupakan makanan yang termasuk camilan, untuk bahan dasar sudah pasti menggunakan sagu beserta kelapa yang di panggang di dalam cetakan tanah liat, untuk beberapa daerah, sagu bakar yang berbentuk balok itu di beri isian dengan gula aren.

Ketika kamu mencicipi kuliner khas maluku ini  kamu akan meraskan sensasi rasa yang gurih dari kelapa muda dan gula aren yang wangi, untuk menikmati camilan ini cocoknya di santap ketika sore atau pagi hari bersama kopi ataupun teh.

Yang perlu kalian ketahui, unutk sagu gula di Ambon kota berbeda dengan sagu gula yang terdapat di pesisir Ambon, Sagu gula yang di pesisir lebih gurih dan empuk karena banyak menggunakan kelapa.

6. Kopi Rarobang

Menikmati Indahnya Pantai Maluku ! Sambil Mencicipi 6 Kuliner Ambon Yang Terkenal

beritahati.com

Kopi Rarobang merupakan layaknya kopi biasa akan tetapi yang membedakannya adalah kopi ini hasil modifikasi dari kopi robusta yang diracik dengan jahe putih, madu dan taburan biji kenari, yang akhirnya menghasilkan wangi, tekstur, dan rasa berbeda, patut kamu coba ketika liburan ke Ambon.

Untuk mendapatkan kopi ini bisa kalian dapatkan di kafe kopi di sekitar Jalan Said Perintah, salah satunya di Kafe Sibu-sibu, yang dijual dengan harga Rp 19.000 per cangkir.

HOTEL MURAH DAN POPULER DI AMBON