9 Referensi Destinasi Wisata Kota Serang

Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar Kota Serang? Kota Serang terkenal dengan keindahan Pantainya. Banyak wisata alam yang ditawarkan di kota ini. Tidak hanya pantai, tetapi Gunung Krakatau yang sangat terkenal itu pun jaraknya dekat dengan kota Serang.

Kota Serang adalah ibu kota Provinsi Banten, kota ini berada di bagian utara Provinsi Banten, serta dikelilingi oleh kabupaten Serang di sebelah selatan, barat, dan timur dan Laut Jawa di sebelah utara. Kota Serang dilintasi jalan tol Jakarta-Merak.

Wisata Belanja

  1. Pengrajin Cincin Emas

Terletak di Kampung Cigabus, Desa Taktakan Kota Serang hanya berjarak sekitar 8 km dari pusat kota. Sebuah perkampungan yang relatif sepi. Namun siapa sangka, di beberapa rumah sebagian warganya memiliki profesi sebagai pengrajin cincin dan kalung emas turun temuran.

  1. Pengrajin Keset

Pengrajin keset ini terletak di kampung Tegal Kembang, Kelurahan Pipit. Produksi keset per bulan bisa mencapai 100-200 kodi atau mencapai 4000 buah keset. Keset itu pun dipasarkan hingga ke luar pulau.

  1. Sumber Utama Craft Indonesia (Suci)

Lokasi ini terletak di Kaujon Buah Gede, Suci ini memanfaatkan pelepah pisang sebagai bahan pembuatan barang-barang craft nya serta dari limbah kayu dan bamboo.

Baca : Wisata Ujung Kulon, Keindahan Alam Bahari nan Eksostis

Wisata Kuliner

  1. Nasi Sumsum

Sensasi kuliner ini berbeda dengan kebanyakan nasi bungkus pada umumnya, dimana penyajian nasi bakar disertai dengan sumsung tulang yang gurih, kuliner yang pasti akan menggoyang lidah anda hanya ada di Kota serang karena ini adalah kuliner khas yang hanya terdapat di kota ini. Nasi panas disiram sumsum tulang kerbau. Nasi sumsum ini akan lebih lengkap jika dimakan bersamaan dengan sate lidah kerbau dan otak-otak.

  1. Sate Bandeng Serang

Kuliner ini terbuat dari daging ikan bandeng yang sudah tidak berduri. Kemudian daging ikan bandeng tersebut di campur dengan bumbu dan rempah-rempah diaduk menjadi satu, setelah itu dibakar seperti sate biasa pada umumnya. Cara penyajiannya tidak perlu disiram sambel kacang atau kecap karena rasa sate ikan bandeng tersebut sudah enak.

  1. Rabeg Banten

Tak hanya melulu soal makanan utama, ada sajian lain yang menjadi ikon kuliner dari kota Serang, yang terbuat dari daging serta jeroan kambing yang diolah dengan aneka macam bumbu rempah. Hasil pengolah bumbu rempah tadi mengahsilkan sebuah citarasa yang gurih dan manis serta aroma yang segar berasal dari daun jeruk dan serai disertai beberapa rempah lainnya yang membuat rasanya semakin kuat.

Wisata Alam

  1. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau ini sangat disukai oleh para pecinta alam dan wisatawan mancanegara. Meletus tahun1883 yang suaranya terdengar sampai dengan benua Australia dan awan panasnya pun sampai ke beberapa Benua Eropa. Lentusan itu membentuk sebuah gunung baru yang disebut Gunung Anak Krakatau.

Gunung Anak Krakatau adalah gunung aktif sampai sekarang. Walau lokasi wisata ini ada di Selat Sunda dan masuk ke Provinsi Lampung, akan tetapi sangat mudah dijangkau dari Pantai Anyer-Carita. Izin mendarat di Pulau Gunung Anak Krakatau  bisa didapatkan disini. Perjalanan kesana bisa ditempuh menggunakan perahu motor.

  1. Taman Nasional Ujung Kulon

Merupakan kawasan konservasi alam yang ada di Indonesia dan berperan penting untuk dunia. Daya tarik obyek wisata ini adalah hutan tropis dataran rendah serta badak bercula satu. Taman Nasional Ujung Kulon adalah habitat alami dari bermacam hewan yang dilindungi seperti badak jawa, banteng, dan sebagainya.

  1. Perkampungan Suku Baduy

Suku asli yang telah menetap di Banten selama bertahun-tahun yaitu suku baduy memiliki perkampungan yang bisa kita kunjungi untuk melihat dan merasakan budaya dan adat-istiadat yang masih sangat dijaga oleh para warga perkampungan tersebut.

HOTEL POPULER DI SERANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.