5 Kuliner Lombok Yang Menggugah Selera

Ga puas deh kalau jalan – jalan ke daerah lain tapi ga disempetin mencicipi kuliner khas daerah nya. Nah, kali ini Reservasiku.Com akan blak-blakan kasih daftar kuliner Lombok yang mungkin juga kamu ada yang belum coba.

Lombok kalau diartikan dalam Bahasa Sasak, berarti lurus. Jadi, artinya bukan cabai ya. Kalau artinya cabai sih itu dari bahasa Jawa. Tapi memang sih, makanan di Lombok ini banyak yang pedes.

Nasi Puyung

Source : Kulina.Id

1. Nasi Puyung

Puyung ini adalah nama desa kecil yang berada di Kabupaten Lombok Tengah.
Untuk tampilan makanan ini sih ga istimewa banget, tapi lebih sederhana. Isinya ada ayam suwir yang diolah dengan cabai, kacang kedelai, udang kering, belut goreng dan abon.

Sate Rembiga

Source : goodindonesianfood.com

2. Sate Rembiga

Sate rembiga ini adalah sate yang terbuat dari daging sapi yang sudah diolah dengan bumbu rahasia.
Dan cara pengolahan ini diajarkan secara turun temurun lho. Kalau kamu penasaran banget dengan sate ini, kamu bisa cari warungnya di dekat Bandara Selaparang Lombok (sekarang sudah ga berfungsi sebagai bandara komersial)

Baca : 5 Pantai Di Lombok Yang Indah dan Eksotis

Pelecing Kangkung

Source : Wikipedia.Org

3. Pelecing Kangkung

Wah, ini enak banget lho. Seger, pedas, mantab. Jadi kangkung ini tu biasanya dimakan bersama dengan ayam taliwang. Kangkungnya itu masih renyah dan ijo gitu, trus dicampur dengan sambal merah khas untuk plecing kangkung dan dilengkapi dengan tauge, kacang tanah dan serundeng juga.. Bayangkan sensasinya saat kamu makan kangkung rebus yang teksturnya masih renyah bersama sambal plecing yang pedes dan segar saat siang hari, duh.. bikin nagih.

Beberuk Terong

Source : Bello.id

4. Beberuk Terong

Jadi penasaran ga sih apa itu Beberuk Terong? Beberuk adalah lalapan khasnya Lombok. Bahan dasarnya ya pasti ada terong yang diiris-iris dan kacang panjang yang diatasnya disiram dengan sambel tomat. Kadang juga ditambah irisan bawang mentah dan campuran jeruk nipis atau jeruk limau untuk penguat rasa dan aroma. Terus ini tu juga bisa ditemani dengan plecing kangkung dan ayam taliwang.

Baca : 4 Destinasi Wisata di Labuan Bajo

Ayam Taliwang

Source : goodindonesianfood.com

5. Ayam Taliwang

Banyak orang yang mengira kalau Ayam Taliwang ini adalah kuliner khas Bali. Tapi, salah lho. Kuliner ini adalah khasnya Lombok. Rasanya itu gurih dan tekstur luarnya krispi. Ayam taliwang ibi biasanya didampingi dengan plecing kangkung yang nikmat banget rasanya. Selain ayam taliwang, sekarang juga ada bebek taliwang yang ga kalah nikmat dan lezat. Dan ayam taliwang ini gampang banget ditemui diseluruh Lombok bahkan kota-kota besar di Indonesia,seperti kalau kita nemuin masakan Padang gitu deh.

Kamu kira-kira setelah bermain air menyebrangi gili-gili yang ada di sekitaran pulau Lombok, akan mencoba kuliner khas Lombok yang mana dulu nih? Semuanya menggugah selera, apalagi setelah lelah mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Lombok. Liburanmu ke Lombok sudah benar-benar sempurna.

HOTEL POPULER DI LOMBOK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.