Warga Taiwan kaya akan berbagai macam suku dan budaya yang bercampur. Kamu harus merasakan budaya kuliner lokal yang paling perfect disini. Situs wisata Reservasiku.Com sudah memilih 10 kuliner Taiwan yang wajib kamu cicipi. Kalau kamu ingin merasakan budaya Taiwan yang lebih mendalam, kamu bisa memulainya dari mencoba macam-macam makanan kecil lokalnya.

Mie kuah sapi

Source : majalah-holiday.com

1. Mie kuah sapi

Untuk bisa membuat mie sapi yang lezat, kamu harus perhatikan tiga unsur ini, yaitu dari mie, kaldu dan daging sapi ga boleh kurang. Kaldunya itu adalah sari utama dari mie kuah sapi ini dan biasanya dibuat dalam sup Hongshao (kuah biasa yang ditambahkan daging sapi sirloin dan urat sapi yang telah direbus.

Pangsit kukus

Source : www.travel.taipei

2. Pangsit kukus / Xiaolongbao

Makanan ringan asal Jiang-nan ini populer dengan “ukuran kecil, isinya banyak, juicy, segar, kulit luar tipis dan bentuknya cantik.” Untuk membuat kulit yang tipis dan transparan, kokinya akan mengoleskan tepung terigu sebelum nantinya adonannya digulung sampai tipis. Jadi hasil kukusannya akan terlihat lembab dan transparan.

Nasi semur babi cincang

Source : migrationology.com

3. Lu Rou Fan (Nasi semur babi cincang) (Non Halal)

Untuk membuat Lu rou fan ini harus memiliki daging yang lembut tapi tidak berlemak Saking enaknya makanan ini nih sampai sering jadi menu utama dalam acara kepresidenan. dagingnya harus lembut namun tidak berlemak. Penulis kuliner, Shu Guo Zhi pernah mengatakan kalau luroufan ini adalah makanan Nasional Taiwan.

Luroufan yang kita bahas ini adalah lu rou fan ala Utara dan Tengah Taiwan. Dagingnya dicincang halus, lalu disemur. Kalau, orang-orang daerah Selatan menyebutnya Rou Zhao Fan, yaitu dagingnya dicincang sampai halus dengan menggunakan mesin sebelum disemur. Di wilayah Selatan juga ada Lu rou fan, tapi yang digunakan adalah daging samcan. Orang-orang utara dan tengah Taiwan biasa menyebut makanan ini Kong Rou Fan (nasi daging samcan semur).

Baca : Penyuka Makanan Jalanan? Temukan Jenis Makanan Terbaik Di Delhi

Misoa kuah usus

Source : www.travel.taipei

4. Misoa kuah usus (tiram)

Misoa adalah jenis makanan umum di Taiwan. Tak hanya disajikan saat ulang tahun (menandakan panjang umur), atau diolah jadi misoa kaki babi dan misoa minyak wijen. Misoa kuah usus (tiram) juga menjadi kuliner khas Taiwan. Tiram dicampur dengan tepung kanji dulu kadang dicampur dengan usus babi. Kalau kamu akan menyantapnya jangan lupa tambahkan cuka hitam, bawang putih cincang dan daun ketumbar yang akan menambah cita rasa.

Omelet tiram

Source : Setrip.Id

5. Omelet tiram

Makanan ini terbuar dari tepung ubi dan tepung kanji, saat kamu menyantapnya aroma telur yang gurih akan memenuhi mulutmu. Gurih dan lezat, makanan ini berisi sayuran segar seperti pakcoi,selada dan tiram segar. Kalau kamu sedang jalan-jalan di malam hari, kamu harus cobain omelet tiram ini.

Baca : Restoran-Restoran Antik Terbaik Di Korea

Tahu busuk

Source : Wikipedia.Org

6. Tahu busuk (halal dan non halal)

Aroma khas yang terbuat dari fermentasi tahu sebutannya adalah “Tahu busuk.” Mempunyai rasa yang khas dan biasanya hidangan ini digoreng atau dikukus dan direbus. Lalu menyantapnya itu bersama kimchi khasnya Taiwan (ala Sichuan) fungsinya untuk mengurangi rasa berminyak.

Hot Star Fried Chicken

Source : laweekly.com

7. Hot Star Fried Chicken

Kalau lihat cemilan ini tu ingat saat jajan Shihlin, mirip banget deh bentuknya. Tapi kalau yang di Taiwan ini bumbunya sudah ada pada tepungnya, tidak seperti kalau kita jajan di Shihlin yang di Mal yang menggunakan taburan bermacam-macam bumbu dan dipotong-potong. Tepungnya tidak terlalu tebal dan daging ayamnya gede banget dan tipis, dagingnya ini biasanya bagian dada tanpa tulang.

Teh susu mutiara

Source : www.travel.taipei

8. Teh susu mutiara (Bubble milk tea)

Wah, kalau ini enak banget rasanya. Sensasi saat ngunyah pearlnya itu bikin nangih pengen nambah terus pengen ngunyah terus. Pearlsnya itu terbuat dari tepung kanji, dan minuman ini cepat sekali populer sampai ke Asia, Eropa dan Amerika lho. Cobain deh rasanya tu khas banget.

Es serut Mangga

Source : tabelog.com

9. Es serut

Es serut ini masuk ke Taiwan pertama kali saat zaman kolonial Jepang. Es ini dihaluskan menggunakan mesin penyerut es lalu ditambah dengan berbagai macam topping diatasnya. Nah, es serut yang terkenal dan mempunyai rasa paling enak sedunia menurut CNN dan majalah pariwisata adalah es serut mangga

Sarapan-ala-taiwan

Source : Pergidulu.Com

10. Sarapan ala Taiwan (susu kedelai)

Biasanya kita minum susu kedelai ada rasa manis-manisnya gitu kan? tapi di sini ada juga susu kedelai yang asin. Tapi susu kedelai yang asin ini bukan diminum tapi dimakan aja sebagai sarapan. Jadi penjualnya ini menggunakan bahan khusus yang bisa mengentalkan susu kedelai menjadi dadih (curd) jadi kalau dimakan itu rasanya seperti kita makan dalaman tahu sumedang gitu.

HOTEL POPULER DI TAIWAN