Wisata Kuliner – Sarapan pagi dengan hidangan khas sunda tidak ada salahnya, dengan kuliner olahan dari nasi hingga berbagai campuran sayur mayur yang meyehatkan, yang akan menjadi menu sarapan kamu.

Seperti yang kita ketahui Kuliner Khas Sunda, lebih ke lalapan atau juga sambar dan goreng-gorengan, membuatnya hidangan kuliner sunda memeiliki keunikannya tersendiri. Muungkin untuk penduduk sekitar Jawa Barat sudah terbiasa dengan hidangan menu seperti ini yang mudah ditemukan dimana saja, bahkan hampir seluruh Indonesia kamu bisa menemukan hidangan khas sunda. Berikut ini beberapa 7 Kuliner Khas Sunda yang wajib kamu cicipi!.

1. Soto Bandung

Yuk Cicipi Lezatnya 7 Hidangan Wisata Kuliner Khas Sunda

tastemade.com

Hidangan Kuliner Soto Bandung, dari namanya saja kamu sudah paham makanan ini berasal dari mana, yup Kota Bandung, salah satu Kuliner Khas bandung ini, menjadi salah satu kuliner yang sering kali di cari oleh banyak Traveller.

Menu Soto Bandung jika kamu lihat secara sekilas, tampilannya memang mirip dengan penyajian soto-soto pada umumnya yang ada di daerah lain. Akan tetapi dari segi bahan dasar yang digunakan untuk masakan Soto Bandung ini menggunakan bahan utama tetelan daging sapi.

Berbagai bumbu digunakan untuk Soto Bandung antara lain jahe, lengkuas, serai, garam, gula, dan bumbu halus seperti bawang merah dan putih serta tidak lupa merica bubuk.

2. Ayam Bakakak Hayam

Yuk Cicipi Lezatnya 7 Hidangan Wisata Kuliner Khas Sunda

medium.com

Kuliner khas sunda ini sangat cocok jika di santap bersama nasi yang masih hangat, Ayam Bakakak Hayam, apalagi disantap ketika sarapan, membuat perutmu di pagi hari menjadi kenyang, hangat dan siap mengawali aktivitasmu.

Hidangan ini termasuk sajian kuliner unggulan dari wisata kuliner khas Sunda, sajian yang menggunakan bahan dasar satu ayam utuh, yang bisa kita nikmati bersama semua keluarga secara bersamaan. Ditambah dengan sambal yang nikmat, dari sambal merah hingga sambal hitam yang terbuat dari kecap.

3. Nasi Liwet

Yuk Cicipi Lezatnya 7 Hidangan Wisata Kuliner Khas Sunda

tribunnews.com

Hidangan Khas Kuliner Sunda ini, Nasi Liwet merupakan hidangan yang sangat populer di beberapa wilayah Indonesia.

Nasi Liwet juga memiliki dua versi, yang pertama adalah Nasi Liwet berasal dari Solo dan yang kedua berasal dari Sunda. walaupun sama tetapi di kedua menu kuliner tersebut memiliki perbedaan.

Untuk Nasi Liwet khas Solo menggunakan santan sedangkan untuk Nasi Liwet Sunda menggunakan santan dalam proses pemasakannya. Walaupun tidak menggunakan santan akan tetapi nasi liwet sunda ini memiliki cita rasa yang sangat gurih.

Rasa gurihnya tersebut diperoleh dari penggunaan bumbu rempah-rempah khas Indonesia, antara lain serai, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jambal roti, daun kemangi, dan daun salam. Biasanya Nasi Liwet dinikmati bersamaan dengan lauk ikan asin, sayur asem, ikan bagar, serta tidak lupa tempe dan tahu goreng.

4. Nasi Tutug Oncom

Yuk Cicipi Lezatnya 7 Hidangan Wisata Kuliner Khas Sunda

dapurkobe.co.id

Nasi Tutug Oncom khas Sunda yang dikenal dengan nama Sangu Tutug Oncom, dengan sajian nasi di campur dengan oncom yang di proses dengan cara digoreng atau dibakar.

Walaupun masakan Nasi Tutug Oncom ini merupakan masakan khas dari Tasikmalaya, namun masakan ini sangat cukup terkenal di tanah sunda.

5. Nasi Timbel

Yuk Cicipi Lezatnya 7 Hidangan Wisata Kuliner Khas Sunda

dream.co.id

Nasi Timbel merupakan makanan khas sunda yang saat ini sudah terkenal di Tanah Air. Dengan cita rasa nasi timbel yang unik, membuatnya mudah dikenal dan dirindukan oleh beberapa pecintanya.

Awal mulanya Nasi Timbel merupakan sajian yang dikhususkan unutk para petani yang sedang beristirahat, yang biasanya mereka akan meyantapnya di pinggir sawah atau di gubuk yang didirikan di tengah-tengah sawah sambil menikmati pemandagan yang indah.

Untuk lauknya terdiri dari ikan asin, pepes ikan, ampela, ayam goreng, tawas, dan sayur asam, jika kamu tinggal di Jawa Barat dan pernah menetap cukup lama di Jawa Barat pasti pernah mencicipi hidangan khas sunda ini.

HOTEL MURAH DAN POPULER DI BANDUNG