Wisata Kuliner – Berwisata ke Eropa bagi Traveller Muslim memang salah satu tantangan tersendiri, dan pasalnya di negara Eropa juga banyak para penganut muslim di negara-negara Eropa di bagian barat lainnya. dimana penangut muslim di Belanda saja sudah mencakup sebesar 6% dari total penduduk Belanda.

Buat kamu yang memang berencana ingin melakukan wisata kuliner halal , memang di Belanda sendiri cukup jarang restoran yang menjual makanan halal atau sudah bersertifikat halal, kebanyakan makanan yang halal di Belanda di dominasi oleh makanan khas timur tengah seperti makanan khas Maroko, Turki, Arab dsb.

Ada juga makanna khas Asia yang bisa kamu temui seperti, India, Indonesia dan Malaysia, dan jika kamu ingin menikmati kuliner khas Belanda yang tidak memiliki sertifikat halal, pastikan terlebih dahulu kehalalannya dengan menanyakan kandungan makanan memakai bahan dasar apa saja, jika mengandung unsur tidak halal seperti babi, anggur, atau bir. Lebih baik kamu hindarkan.

Buat kamu yang memang bingung ingin menikmati makanan khas Belanda yang halal akan tetapi tidak mengetahui apa saja menu hidangannya tersebut berikut ini 10 kuliner halal khas belanda yang wajib kamu cicipi.

1. Stammpot

Lezatnya 10 Kuliner Halal Khas Belanda Yang Wajib Di Cicipi

geniuskitchen.com

Stammpot yang merupakan salah satu hidangan tradisional Belanda yang halal, makanan ini berbahan dasar menggunakan kentang tumbuk yang kemudian di campur dengan sayuran seperti kale, wortel, endive atau sauerkraut.

Stamport pada jaman dahulu kala disajikan selama musim dingin, dan dinikmati dengan ‘rookworst’

Beberapa restoran menyediakan menu khas dan halal ini, bahkan terdapat perusahaan kecil di Amsterdam yang memiliki nama “Stamppotje”, yang hanya menyajikan hidangan stammport saja.

2. Patat

Lezatnya 10 Kuliner Halal Khas Belanda Yang Wajib Di Cicipi

travelandlifestylediaries.com

Patat jika kamu melihat hidangan ini pasti sudah paham hidangn khas Belanda ini merupakan French Fries versi Belanda dan sudah terjamin halal. Di Belanda sendiri kentang goreng banyak memiliki nama seperti ‘Friet’, ‘Frites’, ‘Patat’ atau ‘Vlaamse frieten’. Patat memiliki ukuran lebih tebal dari kentang goreng biasa.

Pata yang biasanya di sajikan dengan saus seperti mayones, saus tomat, kari atau saus kacang. Kombinasi topping yang sangat terkenal adalah mayonnaise, dengan tambahan potongan bawang mentah dan saus kacang dan disebut dengan ‘Patatke oorlog’. Jika kamu ingin mencari hidangan khas Belanda ini, bisa kamu datangi outlet patat yang halal adalah di Chipsy King Damstraat 8; Damstraat 8 1012JM Amsterdam.

3. Kroket

Lezatnya 10 Kuliner Halal Khas Belanda Yang Wajib Di Cicipi

unileverfoodsolutions.co.id

Kroket merupakan hidangan khas Belanda yang berupa daging lembut yang digulung serta dilapisi dengan tepung, Kroket Belanda aslinya terbuat dari daging sapi atau dagin sapi muda. Tetapi ada banyak rasa seperti ayam, udang, ada juga kroket vegetarian.

Tetapi kamu harus tetap menanyakan apakah mengandung daging babi, untuk memastikan agar lebih aman. Kroket biasanya dimakan sebagai kudapan, akan tetapi di Belanda sering juga di sajikan di atas roti putih atua roti hamburger dengan tambahan saus mustar disampingnya.

4. Poffertjes

Lezatnya 10 Kuliner Halal Khas Belanda Yang Wajib Di Cicipi

ohmydish.com

Poffertjes salah satu kue tradisional Belanda, yang berbentuk kecil imut dan pulen. Kue ini terbuat dari bahan ragi dan tepung gandum dan biasanya disajikan dengan mentega dan gula bubuk, jiak terlihat dari bahan dasarnya saja kamu sudah bisa kira kue ini aman untuk di cicipi oleh para Traveller Muslim.

Selain tambahan topping sepeti mentega dan gula bubuk kamu bisa menambahnya dengan krim kocok, sirup, dan stroberi yang dapat kamu temukan dengan mudah.

5. StroopWafel

Lezatnya 10 Kuliner Halal Khas Belanda Yang Wajib Di Cicipi

marthastewart.com

StroopWafel merupakan salah satu makanan yang sangat populer di Belanda bahan di seluruh dunia, Kue unik ini lebih tepatnya seperti wafel yang terbuat dari adoanan yang dipanggang dan diiris secara horizontal. Dua lapisan tipis wafer diisi dengan sirup yang manis dan lengket.

StroopWafel awalnya berasal dari Gouda, sebuah tempat di selatan Amsterdam, dan telah dibuat pada akhir abad ke-18 oleh tukang roti yang menggunakan bahan dasar dari toko roti, seperti remah roti dan dipermanis dengan sirup.

6. Bitterballen

Lezatnya 10 Kuliner Halal Khas Belanda Yang Wajib Di Cicipi

stuffdutchpeoplelike.com

Bitterballen merupakan kudapan yang populer di Belanda, mungkin seperti gorenangan di Indonesia, hampir semua kafe di Belanda memiliki menu hidangan khas belanda ini, Hidangan yang cocok di jadikan Kuliner Halal Belanda ini, berbahan dasar daging sapi atau ayam yang di tambahkan bumbu-bumbu agar lebih terasa gurih, serta di goreng dan baisanya disajikan dengan mustar ‘Bitterbal’ dengan lapisan tepung roti yang renyah dengan isian lembut di bagian dalam, membuat lidahmu tidak mau berhenti ingin mencicipi makanan ini.

7. Pannenkoeken

Lezatnya 10 Kuliner Halal Khas Belanda Yang Wajib Di Cicipi

libelle-lekker.be

Pannenkoeken yang merupakan hidangan khas Belanda yang berbentuk seperti Pancake umum yang bisa kamu temui diseluruh dunia, akan tetapi pancake versi Belanda lebih besar dan lapisannya sangat tipus, dari pada pancake Amerika, akan tetapi leibh tebal dari crepe Perancis. Untuk menemukan hidangan khas ini tidak terlalu sulit, kamu bisa menemukannya di beberapa kios-kios kue di Amsterdam.

8. Haring

Lezatnya 10 Kuliner Halal Khas Belanda Yang Wajib Di Cicipi

TripAdvisor

Haring atau disebut juga ‘Hollandse Nieuwe’ makanan Kuliner Halal Belanda ini merupakan salah satu yang paling terkenal dan halal. Karena berbahan dasar dari ikan haring segar, disajikan dengan mentah serta tambahan potongan bawang mentah dan ketimun. Jika diperhatikan hidangan ini lebih mirip seperti hidangan makanan khas Jepang, Sushi.

Di Belanda, Ikan Haring disantap sekali lahap. cara makannya unik, ikan haring segar di pegang ekornya dan di telan dari atas, jika kamu belum terbiasa bisa memotongnya kecil-kecil atau di masukan ke sandwich yang disbut juga dengan ‘broodje haring’.

9. Oliebollen

Lezatnya 10 Kuliner Halal Khas Belanda Yang Wajib Di Cicipi

KitchMe

Oliebollen paling mudah di temui saat malam tahun baru, penyajian hidangan khas Belanda ini sangat unik dan miripi seperto donat. Hidangan ini disajikan dengan taburan gula bubuk dan seperti biasanya Oliebollen berbentuk seperti bola.

Oliebollen merupakan kue yang terbuat dari bahan dasar dari telur, ragi, garam, tepung, susu, dan bubuk kue.

10. Lekkerbekje dan Kibbeling

Lezatnya 10 Kuliner Halal Khas Belanda Yang Wajib Di Cicipi

lekkertafelen.nl

Kibbeling salah satu hidangan khas Belanda yang memiliki tekstur makanan yang menarik, ikan yang krispi, Lekkerbekje dan Kibbeling merupakan ikan codfis atau whiting yang didapatkan di perairan laut utara, setelah itu digoreng sampai garing di tambahnkan lapisan tepung tipis.

Terdapat perbedaan dari Lekkerbekje dan Kibbeling adalah ‘Kibbeling’ ikan yang digoreng dipotong terlebih dahulu menjadi kecil-kecil, sedangkan untuk ‘Lekkerbekje’ tidak dipotong, biaasanya untuk ‘Kibbeling’ disajikan dengan saus celup seperti saus remoulade berbasis mayonnaise.

Itulah 10 daftar makanan halal Belanda yang bisa Traveller Muslim cicipi selama liburan wisata halal Belanda berlangsung, maka dari itu rencanakan liburanmu sekarang juga, untuk mendapatkan tiket pesawat murah dan hotel murah, kamu bisa memeriksanya di situs dan aplikasi Reservasiku.com, yang dapat mempermudah kamu mendapatkan harga yang murah dan tepat.

HOTEL POPULER DAN MURAH DI BELANDA