Wisata Kuliner – Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten yang berada di Yogyakarta, daerah ini sangat terkenal dengan wisata pantai yang sangat indah dan mempesona para wisatawan lokal dan mancanegara.

Jika kalian berwisata ke Gunung Kidul, Yogyakarta, ga akan lengkap jika ga mencicipi makanan kuliner ekstrem yang ada disini. Ada kuliner seperti belalang goreng, ulat dan kepompong hingga kelelawar atau sering disebut codot yang bisa disantap.

Kuliner Ekstrem Gunung Kidul

Source : gudeg.net

Kuliner Codot (Cypnoterus Titthaecheilus) bisa ditemui di desa Giriharjo, Kecamatan Panggang. Warung yang menjual Kuliner Ekstrem ini sudah buka sejak puluhan tahun lalu secara turun temurun 3 generasi sampai saat ini.

Saat ini penerus usaha kuliner ekstrem gunung kidul ini adalah ibu Sukarwanti (50) yang merupakan generasi ketiga. Ibu ini mengaku peminat olahan kelelawar bacem memang tak banyak, tetapi karena usaha kuliner ini adalah usaha turun temurun sampai saat ini dirinya masih menjual kuliner tersebut.

Kuliner Ekstrem di Gunung Kidul

Source : blackchaser.wordpress.com

Selain melepas rasa penasaran untuk mencoba kuliner ekstrem kelelawar bacem ini, sebagian pengunjung yang datang ke warung tersebut merupakan penderita asma, kencing manis, asam urat hingga yang ingin menyembuhkan luka. Codot ini oleh Wanti dimasak bacem. Hingga rasanya cenderung manis dan tektur daging sedikit alot, tetapi mempunyai tulang yang renyah.

Untuk harga Kuliner ini adalah Rp 7000 per ekornya. Biasanya Codot ini diperoleh dari warga yang mencari di gua yang ada di sekitar kecamatan Panggang. Selain warga lokal Gunungkidul, Ternyata banyak juga warga di Yogyakarta dan Jateng yang mendatangi warung makan miliknya hanya untuk memakan kelelawar bacem ini dan sebagian ada juga yang minta dikirim ke alamat pemesan.

Nah, bagi yang sedang wisata di Gunung Kidul, Yogyakarta dan masih penasaran dengan Kuliner Ekstrem disini, mungkin bisa menjadi referensi list wisata kuliner mu.

HOTEL POPULER DI YOGYAKARTA