Menikmati Keindahan Dan Eksotisme Surga Di Pulau Derawan

Wisata Pulau – Ada yang tau dengan Pantai Derawan yang lebih tepatnya sebetulnya adalah pantai di Pulau Derawan? Apabila berkunjung ke Kalimantan Timur, pulau ini adalah salah satu destinasi wisata yang cukup popular dan dapat dapatkan di semenanjung utara perairan Kabupaten Berau. Pulau Derawan sendiri menghadirkan pesona alam taman bawah laut yang sama sekali tak boleh terlewatkan, karenanya tak heran jika UNESCO di tahun 2005 sempat memasukkan pulau ini menjadi calon website warisan dunia.

Apabila selama ini para pelancong telah tak asing dengan Raja Ampat, estetika yang terdapat di Pantai Derawan di Kalimantan Timur dijamin tak akan keok dari Raja Ampat milik Papua. Pulau Derawan sendiri bersama pulau-pulau yang lain, adalah Pulau Kakaban, Maratua, dan Sangalaki menyusun yang namanya Kepulauan Derawan. Informasi pantasnya, ada semacam itu banyak hewan yang dilindungi dan langka di tempat ini, termasuk kima, ikan barakuda, lumba-lumba, paus, penyu sisik, penyu hijau, dan sejumlah hewan lainnya.

Baca : Menjelajahi Keindahan Objek Wisata Pulau Sangiang

Pantainya yang bersih memang masih jarang terjamah sehingga menonjol betul-betul cantik tanpa adanya sampah yang membuat panorama menjadi tak nikmat. Selain panorama pantai, pantai ini adalah tempat yang pas bagi Anda yang ingin menjalankan berjenis-variasi olahraga air, misalnya berdiving ria alias menyelam, itulah alasan mengapa pecinta diving kelas dunia betul-betul suka lokasi ini sehingga Anda akan menemukan banyak pelancong asing di Pantai Derawan. Sistem bertelur dari penyu juga adalah hal yang menarik yang dapat dirasakan oleh para pengunjung.

Ada sebagian opsi cara yang dapat dipertimbangkan oleh para pelancong untuk dapat sampai ke Kepulauan Derawan. Apabila ini adalah peluang pertama Anda untuk dapat menjelajahi Pulau dan Pantai Derawan, perlu dikenal bahwa ada dua cara yang dapat dicapai, adalah sebagai berikut ini:

Cara Menuju Pulau Derawan

Melalui Udara

Berikut adalah jalanan udara yang dapat anda pakai:

Pertama. Hal yang perlu direncanakan adalah mencari rute penerbangan menuju Balikpapan. Sekiranya sudah mendarat di Balikpapan, untuk dapat ke Kepulauan Derawan ada dua opsi yang perlu dipertimbangkan.

Pilihan selanjutnya adalah penerbangan via Tarakan. Karena opsi penerbangan cukup banyak, harganya malah dijamin lebih murah. Setelah sampai di Tarakan, anda dapat melanjutkan kembali perjalanan dengan menyewa speedboat. Jika datang berombongan maka ini akan lebih menguntungkan sebab menyewa Speedboat jauh lebih murah.

Kedua. Opsi kedua yang ditawarkan adalah penerbangan melewati Berau. Ada berbagai maskapai yang menyediakan layanan penerbangan dari Balikpapan ke Berau.  Soal harga pun relatif, Anda selalu punya opsi untuk dapat menyesuaikannya dengan budget yang telah disiapkan.

Saat telah sampai di Berau, Anda boleh melanjutkan perjalanan melewati jalanan darat ke Tanjung Batu dan di sanalah Anda dapat menyewa Speedboat. Speedboat yang dapat disewa ini dapat menampung 5 orang penumpang yang jika satu kali jalan, Anda perlu membayar Rp 300 ribu. Apabila dari Pelabuhan Tanjung Batu, karenanya untuk sampai di Pulau Derawan cuma membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit. Apabila ingin cepat, Anda dapat memilih berangkat dari Tarakan di mana ada kapal cepat yang dapat mengantar para pelancong secara seketika ke Pulau Derawan.

Baca : 7 Wisata Snorkeling Asik di Nusantara

Melalui Darat

Ketika telah sampai di Balikpapan, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Samarinda. Dengan menggunakan bus merupakan salah satu alternatif yang bagus, tapi sekiranya jika mau naik travel pun tidak sulit. Travel dari Samarinda ke Tanjung Redeb akan membuat  anda untuk merogoh kocek kurang lebih sekitar Rp 300 ribu.

Jika dari Tanjung Redeb dilanjutkan perjalanan menuju Tanjung Batu, travel juga merupakan salah satu alternatif yang terbaik dengan biaya perjalanan yang dikeluarkan sekitar Rp 150 ribu. Untuk bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Derawan, anda butuh penyewaan speedboat dengan tarif sewa kurang lebih sekitar Rp 100 ribu.

Aktifitas Di Pulau Derawan

Untuk mencapai pantai ini ternyata butuh perjuangan yang cukup panjang juga lho, dimana perjalanan yang ditempuh termasuk tidak dekat, sebab keindahan syurga yang tersembunyi ini membuatnya layak untuk kita masukkan dalam daftar tempat wisata selanjutnya.

Berikut ini beberapa aktifitas  seru di pantai Derawan yang bisa kita nikmati:

SNORKELING DAN DIVING

Source : nhanaaa.wordpress.com

  1. SNORKELING DAN DIVING.

    Diving dan Snorkeling mungkin adalah aktivitas yang cukup seru jika dilakukan di pulau Darmawan. Aktivitas ini merupakan kesibukan utama saat anda wisata ke Pulau Darmawan.
    Disini anda bisa menyaksikan keindahan  surga bawah laut yang tiada taranya. Jika anda tidak memiliki peralatan menyelam, andapun bisa menyewanya disini dengan harga yang bervariasi, dimana biaya sewa dimulai sekitar Rp 50 ribu. Selain itu juga terdapat penyediaan alat terlengkap yang bisa ditemukan di Dive Center, jadi segera saja menyewa dan temukan pengalaman seru wisata air dan bawah laut.
    Disini anda bisa menyaksikan ikan-ikan berwarna-warni serta terumbu karangnya yang semacam itu cantik. Saran kami, agar bisa menyaksikan keindahan surga alam bawah laut di pulau ini secara maksimal sebaiknya anda datang pada saat cuaca sedang cerah agar jarak pandang anda lebih luas ketika melakukan aktifitas snorkeling dan diving.
    Anda bisa menyelam pagi, siang atau sore tergantung dari tutorial pemandunya dan kondisi cuaca. Khusus di Pantai Derawan, penyelaman termasuk terbatas sebab cuma akan berada di sekitar dermaganya saja.

    Bersepeda di pulau derawan.

    Source : www.viracanya.wordpress.com

  2. BERKELILING MENJELAJAHI PULAU DERAWAN.

    Aktivitas seru pertama yang bisa anda lakukan disini merupakan berkeliling menjelajahi pulau bagus dengan berjalan kaki, atau dengan bersepeda.
    Selain menjelajahi Pulau Derawan, anda juga bisa menjelajahi pulau-pulau di sekitarnya dengan menggunakan speedboat yang terdapat di sekitar sana.
    Untuk penyewaan speedboat sendiri, kisaran biaya nya sendiri adalah  sekitar 1,5 sampai 2 juta untuk speedboat yang  berkapasitas mengangkut 3-4 orang untuk satu hari, tapi jika mau mendapatkan Speedboat yang mengangkut dengan kapasitas 6-12 orang, bisa dipastikan biaya sewa yang akan dikeluarkan akan jauh lebih mahal pastinya.

    Banana Boat Di PUlau Derawan

    Source : www.emanuelndeluwele.blogspot.com

  3. NAIK BANANA BOAT

    Kesibukan seru di pantai derawan selanjutnya ialah naik boat. Anda dan keluarga dapat mencoba sensasi dengan naik banana boat yang menantang adrenalin.
    Memang, tak semua orang berani naik banana boat , anda akan di tarik oleh speedboat berkecepatan tinggi sehingga merasakan sensasi angin yang kencang disertai dengan deburan ombak kecil yang terwujud karena belahan speedboat pada ombak dilaut.
    Anda dapat mengajak 4 orang lain sekaligus untuk sekali naik banana boat, dimana kapasitasnya ialah 5 orang ditambah 1 orang instruktur di belakang. Instruktur tersebut mengawasi pengunjung yang naik boat supaya tak terjadi hal hal yang tak diharapkan.
    Jadi anda tak perlu cemas dengan aktifitas ini, karena atraksi ini aman kok. Anda akan diberi pelampung yang berbentuk jaket kecil yang akan di pasangkan ke semua orang.

    Sunset Pantai Derawan

    Source : liburmulu.com

  4. BERBURU SUNSET.

    Kesibukan seru di pantai Derawan selanjutnya ialah berburu sunset. Berburu sunset menjadi rencana seharusnya di pantai nan cantik ini.
    Anda dapat duduk di pinggir jembatan sambil menunggu sang surya tenggelam, peristiwa sang surya tenggelam di telan oleh lautan ini akan membikin mata anda terpesona dengan keindahannya. Dengan cahaya jingga sunset akan membikin hati orang yang memandangnya menjadi damai.
    Di pantai derawan sendiri ada jembatan yang dibuat dari susunan kayu yang menjadi spot menikmati sunset untuk para wisatawan yang berkunjung kesana, sambil memandangi dasar laut bening di mana ikan-ikan lucu dan cantik tampak melayang-layang di dalamnya.

    sunrise pulau derawan

    Source : aliyamuafa.wordpress.com

  5. MENYAKSIKAN SUNRISE

    Kesibukan menarik lainnya yang ada di daerah tamasya Kalimantan Timur ini ialah melihat sang surya terbit atau sunrise. Pemandangan sang surya pagi di pantai derawan ini berwarna kemerah – merahan yang tampak benar-benar eksotis, ini pasti akan membikin Anda merasakan sensasi semangat baru di kehidupan Anda.

    Penyu Hijau Derawan

    Source : derawan-entin.blogspot.com

  6. BERBURU PENYU HIJAU

    Penyu hijau yang kini sudah mulai langka dapat anda jumpai di pantai Derawan ini. Anda dapat berburu penyu hijau di pantai derawan pada malam hari.
    Anda dapat menyaksikan penyu hijau bertelur secara lansung lho. Tapi anda tentu saja tak boleh menangkapnya, kita cuma dibiarkan untuk menyaksikannya saja.
    Bila anda mujur, anda juga dapat menyaksikan pelepasan tukik atau si kecil penyu hijau ke laut. Lazimnya cara kerja pelepasan ini terjadi sesudah 50 hari telor di tanam di pasir oleh sang induk.

    oleh oleh khas derawan

    Source : .cheria-travel.com

  7. BERBELANJA SOUVENIR

    Dikala berwisata kesini jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh atau cindera mata. Di pulau Derawan sendiri terdapat sebagian penjual souvenir yang dapat anda bawa pulang.
    Anda dapat menbeli souvenir dari penghuni pulau ini, suku Bajou, salah satu olahan dari masyarakat lokal disini yang cukup diminati ialah baju. Bila anda mau membeli oleh oleh di suatu daerah tamasya anda seharusnya pandai untuk menawar harga dan berunding dengan penjual. Hal itu dikarenakan wisatawan sering kali dihadapkan pada harga barang yang melebihi dari harga normal.

Just Ordinary Person And Love Travelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.