Wisata Pulau Biak – Pulau yang terlihat jauh karena letaknya di Teluk Cendrawasih sebelah utara pesisir papua, merupakan Pulau terbesar diantara rantai kepulauan kecil, dan juga memiliki banyak atol dan terumbu karang, dan karena itu pulau Biak ini di juluki dengan “Kota Karang Panas” pulau ini memiliki struktur geologi bebatuan karang tersebut memudahkan pemerintah untuk membangun jalan, dengan hanya meratakan batu dari karang yang kemudian dapat langsung di aspal, Jika kamu pergi ke Biak dan melihat jalanan disana, tidak heran jika aspalnya berwarna hitam.

Pemandangan pulau Biak tidak kalah dengan tempat wisata Raja Ampat, dan buktinya di tahun 1990-an, pariwisata Biak lebih dikenal terlebih dahulu dari Raja Ampat. Bagi para penyelam kota ini menjadi salah satu refrensi favorit tempat menyelam, banyak titik penyelaman yang menawarkan keindahan terumbu karang beserta spesies ikan yang beraneka ragam.

Tips Dan Panduan Liburan Ke Pulau Biak

wisatanasional.net

Dahulu kala Pulau Biak termasuk dalam wilayan kekuasaan Kesultanan Tidore yang membaginya menjadi sembilan distrik (uli siwa), ketika perang dunia II, lapangan terbang strategis yang dimiliki oleh Pasukan Imperial Jepang berada di Pulaui Biak yang ditunjukan sebagai pangkalan komando pada Perang Pasifik. Dan pada tahun 29 Mei 1944 terjadi perang antar tank di kota ini, Biak menjadi milik Indonesia dari genggaman Belanda, dan bersamaan dengan Irian Jaya (Papua) pada tahun 1960-an.

Pulau Biak yang sangat strategis diminati oleh Rusia untuk menjadikan tempat peluncuran satelit, Rencana yang sempat mencuat harapan akanmasuknya investor dari Rusia ke Pulau Biak sangat disayangkan hingga saat ini rencana tersebut tertunda karena ada hal-hal yang kurang jelas.

Untuk ke Pulau Biak memiliki beberapa cara seperti di bawah ini.

Pesawat

Tips Dan Panduan Liburan Ke Pulau Biak

Tribunnews.com

Transportasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk ke Pulau Biak adalah menggunakan Pesawat Terbang, karena efisiensi waktu, Maskapai yang memiliki rute dari Jakarta menuju Bandara Manuel Kasiepo adalah Garuda Indonesia yang setiap harinya, untuk lama perjalanan menghabiskan waktu selama 8 jam, Maskapai lain yang masih beroperasi di sekitar Biak adalah Merpati Air.

Kapal

Tips Dan Panduan Liburan Ke Pulau Biak

cargonesia.com

Pelabuhan Biak juga melayani kebutuhan transportasi antar daerah kepulauan di Papua dengan sarana kapal cepat KM Ekspres Bahari 99 B yang dioperasikan kerjasama dengan Perusahaan PT Belibis Putra dengan Bank Papua rute Biak-Serui-Nabire.

Transportasi Biak

Tips Dan Panduan Liburan Ke Pulau Biak

cintapapua.blogspot.com

Untuk mengelilingi pulau Biak kamu bisa menggunakan jasa Ojek dengan tarif Rp 5.000 tujuan dalam kota jauh atau dekat dan dengan angkutan umum hanya Rp 3.000, sementara itu penyewaaan mobil untuk jenis mobil Avanza dan Innova tergolong cukup mahal yakni Rp 500.000 per hari tanpa sopir dan Rp 700.000 per hari dengan sopir.

Berikut ini berbagai Hotel di Biak yang bisa dijadikan refrensi untuk tempat menginap.

  • Aerotel Irian
  • Hotel Mapia
  • Nirmala Beach Hotel Biak
  • Hotel Intsia
  • Hotel Arumbai
  • Asana Biak Papua Hotel
  • Basana Inn
  • Srava Inn Hotel
  • Nirmala Hotel Biak

Biak memililiki iklim tropis dengan suhu rata-rata adalah 27,1 C, hujan yang hampir turun selama 28 hari pada september dan di hari penghujan paling kecil pada bulan Mei, di Biak menggunakan bahasa biak sendiri yang merupakan bahasa Austronesia yang turunkan di Papua Barat, terutama Pulau Biak, Pulau Numfor dan sekitarnya., akan tetapi untuk dialek mereka sangat beragam, di Biak kamu tidak akan bingung dan bosan untuk menghabiskan waktu liburanmu.

Tips Dan Panduan Liburan Ke Pulau Biak

triptrus.com

Biak memiliki objek wisata yang beragam dari tempat bersejarah hingga wisata alam yang sungguh menarik dan mempesona seperti Goa Binsari, Taman Burung dan Anggrek, pasar Bornik, Air Terjun Wafsarak, Kepulauan Padaido, Pulau Rurbas, Monumen Perang Dunia II Kampung Anggaridi, Monumen Papera, Pantai Segara Indah Bosnik, Pantai Wari.

Jika kamu ingin refreshing berjalan-jalan ke mall, sekedar melihat-lihat dan menghabiskan waktu, di Biak memiliki 2 mall yang cukup ramai, seperti Pusat Oleh-oleh Iriani Art Shop, Supermarket Hadi. Kamu juga bisa menghabiskan waktu ke Museum di Biak seperti Museum cendrawasih Biak.

Tips Dan Panduan Liburan Ke Pulau Biak

harnas.co

Tips Dan Panduan Liburan Ke Pulau Biak, kamu siapkan makanan dan minuman saat berwisata, jika kamu liburan ketika datang musim kemarau, bersiaplah dengan cuaca yang sangat panas di Biak, kamu akan merasa cepat haus, maka dari itu siapkan air secukupnya ketika melakukan perjalanan di kota ini, jangan lupa juga membawa makanan dan cemilan karena tempat wisata di kota ini sangat minim dengan warung-warung yang menjajakan makanan.

HOTEL POPULER DAN MURAH DI PULAU BIAK