Wisata Kuliner – Setiap Traveller pasti sepakat, jalan-jalan liburan tanpa wisata kuliner tidak akan lengkap, Karena itu kamu jangan heran banyak para Traveller mengagendakan wisata kuliner dalam itinerrari mereka. Biasanya para Traveller akan mencoba beragam kuliner lokal yang khas dan unik atau juga kuliner yang sedang hits di daerah tersebut.

Akan tetapi dalam berburu kuliner yang baru kita kenal, bukan hal yang cukup mudah, kamu diharuskan mensurvei tentang objek wisata kuliner mu itu terlebih dahulu. Dari Lokasi ? makanan khas setempat ? hingga yang sangat penting adalah harganya yang harus pas dengan kantongmu.

Tips & Panduan Wisata Kuliner Dengan Hemat Saat Traveling

Source : idntimes.com

Biaya makan selama kamu traveling merupakan salah satu kompenen yang paling penting dalam pengeluaran, karena itu kamu harus mengaturnya baik-baik, jangan sampai ketika kamu sedang ditengah-tengah liburan, uangmu kehabisan, Jika itu sampai terjadi maka rencana liburan mu bisa kacau balau, bahkan tidak bisa kembali pulang karena kehabisan uang. Tidak lucu jika kamu harus mengemis atau meminta kerabatmu meminjamkan uang untuk kembali ke rumah.

Maka dari itu Reservasiku akan memberikan beberapa artikel yang sangat berguna untuk kamu yang ingin berlibur ke tempat yang tidak pernah kamu kunjungi, di simak berikut ini Tips & Panduan Wisata Kuliner Dengan Hemat Saat Traveling.

1. Mencari Refrensi

Ketika kamu ingin liburan setidaknya sebelum berangkat alangkah baiknya kamu melakukan pencarian berupa refrensi spot kuliner yang bagus dan murah untuk di kunjungi, atau cari spot yang sedang hitz di daerah itu, metode nya bisa melalui internet atau bertanya dengan temanmu yang sudah pernah pergi berlibur kesana.

Dengan mencarinya melalui internet dengan membuka website Google kamu mendapatkan beberapa informasi seputar daerah tersebut dari informasi soal tempat wisatanya ? hingga sarana yang bisa kamu gunakan, ada kejadian apa saja disana, yang memungkinkan anda tetap waspada agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Dan yang paling penting adalah, apa makanan khas di daerah itu, bagaimana dengan harganya, setelah itu dimanakah letak warung makan yang murah, harus dapatkan info sedetail-detailnya agar memudahkan kamu untuk menentukan budget yang akan di gunakan.

2. Menentukan Budget Kuliner

Ketika berwisata tidak mungkin kamu tidak pernah untuk menghemat atau mengerem pengeluaran, karena itu kamu harus menentukan budget makan selama traveling, mungkin tidak presisi akan tetapi dengan perhitungan yang tepat dan baik sejak awal dapat membantu kamu untuk mengontrol keuangan selama traveling.

Kamu dapat mengatur budget makan dengan tepat, seperti budget harian atau budget setiap satu kali makna, dengan seperti itu kamu dapat mengontrol pengeluaranmu ketika ingin makan di suatu restoran yang akan di kunjungi.

Jangan pernah kamu sekali-kali makan tanpa memperhitungkanm dna jangan memilih makanan yang mahal walau hanya sekali atau dua kali, itu dapat mempengaruhi pengeluaranmu.

3. Atur Jadwal Kuliner Dengan Tepat

Jangan pikir ketika kamu menunda waktu makan akan menghemat pengeluaran, jangan salah, selain itu sangat beresiko terhadap kesehatanmu nanti malah yang ada akan membuat kantongmu jebol, karena nantinya kamu akan memilih untuk ngemil atau jajan berbagai makanan yang harganya belum tentu akan murah, apa lagi jika kamu membelinya di lokasi wisata saat sedang dikunjungi.

Kamu lebih baik mengatur jadwal dengan baik untuk mengatu kapan harus makan selama melakukan traveling, seperti waktu saat nya wisata kuliner kamu bisa masukan jadwalnya di makan siang atau makan malam, jadi sekalian kamu makan di waktunya yang tepat kamu juga bisa berwisata kuliner.

Selain itu cari informasi mengenai restoran yang murah, sehingga setidaknya bisa menghemat pengeluaran budget kulinermu.

4. Jangan Sembarangan Makan Saat Wisata Kuliner

Tips & Panduan Wisata Kuliner Dengan Hemat Saat Traveling

berkuliah.com

Ketika berwisata kuliner, kamu jangan sampai sembarangan mencoba berbagai kuliner, kamu harus cocokan harganya dengan kemampuan dompet mu, kalau bisa cari tempat makan yang murah tetapi harga tidak terlalu mahal, maka dari itu fungsinya mencari informasi untuk mendapatkan restoran yang memiliki kriteria yang disebutkan tadi, Ada bebrapa tips untuk kamu yang tidak ingin salah memilih tempat makan, yuk simak di bawah ini,

Tanya Harga Terlebih Dahulu

Bertanya harga sebelum memutuskan membeli adalah salah satu tindakan yang bijak, tapi terkadang diremehkan oleh beberapa Traveller, apa lagi jika kamu masih memiliki budget liburan yang masih banyak, walaupun begitu kamu harus berhati-hati dalam memilih makanan, Penampilan makanan tidak menjamin rasa dan juga harganya, terkadang penampilannya sederhana tetapi soal rasa bisa mengalahkan restoran elit.

Karena itu sebelum kamu memutuskan untuk mencoba salah satu kuliner, kamu harus menanyakan dahulu tentang harganya, kamu tidak mau kan ketika memesan makanan harga nya ditembak dan kamu akan merasa di tipu oleh pedangannya, padahal saat itu kamu hanya kelupaan untuk menanyakan harganya terlebih dahulu.

Memang terkadang situasi tersebut merupakan suatu modus oknum pedagang untuk memasang harga berlipat-lipat dari harga sebenarnya, kadang di tembak dengan harga yang tidak masuk di akal yang ketahuan saat pengunjung selesai makan dan akan membayar.

Pilih Tempat Kuliner Yang Ramai

Tips ini merupakan sesuatu tips yang mungkin kebanyakan orang sudah mengetahuinya tetapi sering kali para traveller melupakannya, sebenarnya ada dua pilihan kenapa tempat makan itu bisa ramai dan sepi, antara harganya murah dan mahal, dan rasanya yang enak dan sedang-sedang saja.

Pilih Tempat Kuliner Yang Bersih

Dalam berwisata kuliner mencicipi makanan khas daerah wisata tersebut merupakan sesuatu yang wajib ketika kamu liburan. Saat berwisata kita dapat mencoba, melihat, melakukan, dan mencicipi hal-hal yang baru, lalu dengan mencoba makanan khas wisata tersebut membuat, liburanmu menjadi terasa lengkap.

Akan tetapi ketika kamu belum pernah mencoba makanan khas tersebut alangkah baiknya kamu menari tahu makanan tersebut cocok atau tidak dengan lidahmu, atau jika kamu memiliki alergi oleh salah satu jenis makanan, maka dari itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu bahan dasar makanan khas tersebut, untuk menghindari keracunan makanan.

Jangan malu untuk bertanya kepada pelayan, pakai bahan dasar apa saja untuk membuat makanan khas tersebut. ketika ke Restoran kamu jangan malu untuk bertanya kepada pelayan makanan apa saja yang direkomendasikan dan tidak masuk ke dalam daftar makanan yang termasuk alergimu.

5. Kuliner Food Street Lebih Asik Dari Pada Hotel

Tips & Panduan Wisata Kuliner Dengan Hemat Saat Traveling

water-sport-bali.com

Selama kamu traveling, alangkah baiknya kamu hindari makan di restoran hotel, selain kamu ingin berhemat budget liburan kamu, untuk rasa makanan pinggir jalan juga tidak kalah enaknya di bandingkan restoran berbintang. Malahan untuk harga lebih mahal jauh kemana-mana yang di hotel.

Makan di pinggir jalan juga menjadi pilihan yang tepat buat kamu untuk berhemat dan ingin merasakan rasa yang lezat seperti di restoran berbintang, sebagian turis dari mancanegara juga sering makan di pinggir jalan, seperti nasi goreng, mie goreng dan masih banyak lagi, karena mereka sadar makanan pinggir jalan itu sama enaknya dengan restoran yang memiliki nama,

Apa lagi di Indonesia jajanan pinggir jalan sangat banyak sekali bisa ditemukan, dan menjadi pilihan yang tidak gampang, karena banyak sekali yang ditawarkan, mungkin buat kamu yang sedang wisata kuliner akan di buat kewalahan untuk memilih yang mana, tetapi harus ingat kamu sedang berhemat dalam budget kuliner, lakukan riset dan survei tempat jajanan jalanan yang menjadi rekomendasi para traveller.

6. Dapatkan Voucher dan Diskon Kuliner

Sebelum kamu melakukan wisata kuliner, kamu lebih baik mencari dan berburu voucher dan diskon restoran terlebih dahulu, tidak hanya potongan harga yang lumayan besar, kamu juga bisa menikmati berbagai menu menarik dengan harga yang lebih masuk akal.

Tentunya kamu tidak akan melewatkan kesempatan mencicipi beberapa menu lokal yang dikunjungi bukan. Dengan adanya Voucher restoran membuat kamu dapat menghemat selain itu kamu dapat mencicipi makanan di restoran berkelas tersebut. Yang harus kamu ingat jangan sampai nafsu menguasai dirimu untuk kulineran dengan harga yang tidak masuk di akal.