Oleh karena itu, untuk  sampai ke Kamboja kita wajib transit terlebih dahulu  di salah satu negara antara Kuala Lumpur, Singapore , ataupun Bangkok. Untuk lamanya perjalanan yang ditempuh dari Jakarta ke Kamboja kurang lebih sekitar 3-4 jam, itu juga tanpa kita menghitung lamanya waktu transit. Ibu kota kamboja yakni Phnom Penh. Bentuk pemerintahan negara Kamboja ialah kerajaan. Dimana negara dipimpin oleh seorang raja, sedangkan kepala pemerintahannya  merupakan perdana menteri. Kamboja sendiri  memiliki lima pemerintahan lokal dengan ibu kota Phnom Penh. Dan di Kamboja  menggunakan  bahasa Khmer. Berikut ini 5  tempat wisata Kamboja yang  wajib  dikunjungi :

Angkor Wat

Source : dokonline.com

  1. Angkor Wat

Kuil ini merupakan tempat wisata yang  terkenal di Kamboja. Hampir  seluruh wisatawan yang datang ke Kamboja untuk mengunjungi Angkor Wat yang penuh dengan sejarah. Angkor Wat  terletak di kota Siem Riep yang berjarak sekitar 350 km dari Phonm Penh. Kuil ini merupakan  sebuah kuil yang didirikan pada abad ke 12. Angkor wat sendiri  mempunyai  luas kurang lebih 400 km2 dan terdiri dari ratusan kuil dan kuil ini merupakan kuil hindu terbesar yang di miliki Kamboja. Untuk berkeliling kuil ini  memerlukan waktu kurang lebih sekitar 4 jam,  sebab untuk memasuki  kuil ini, Para wisatawan wajib  berjalan melewati  sebuah jembatan panjang, yang merupakan  satu-satunya akses pintu masuk ke dalam kuil.

Jikalau memiliki waktu lebih, anda  bisa mengunjungi kuil-kuil lain di wilayah Angkor, seperti Banteay Srey, Bayon, Angkor Thom, Ta Keo dan Ta Phrom. Ta Phrom merupakan kuil yang sangat unik, karena  kuil-kuil disana banyak yang dililit oleh pepohonan besar dan rimbun, dan belakangan kuil ini menjadi  begitu terkenal dikarenakan dijadikan sebagai  lokasi syuting  oleh Angelina Jolie dalam film Tom Raider.

Istana Raja dan Silver Pagoda

Source : all-free-photos.com

  1. Istana Raja dan Silver Pagoda

Tujuan wisata  lainnya di Kamboja  ialah Istana Raja Kamboja yang berlokasi di Kota Phnom Penh. Istana Raja ini begitu menarik karena  selain bangunannya yang cantik dan menawan  dan berbentuk khas Kamboja. Dan terletak  di dalam lokasi Istana Raja, kita juga bisa mengunjungi Silver Pagoda. Silver Pagoda  berlokasi  di sisi sebelah selatan istana. Sebelumnya, bangunan ini  diketahui  sebagai Wat Preah Keo. Disebut Silver Pagoda karena  lantainya dilapisi oleh lebih dari 5.000 ubin berbahan perak dan masing – masing ubin memiliki berat 1 kg.

Anak tangga untuk menuju ke Silver Pagoda  diwujudkan dari marmer yang khusus didatangkan dari Italia. Di Pagoda ini juga terdapat sebuah patung Budha keseluruhan nya terbuat dari emas murni dengan dihiasi dengan 9.584 berlian 25 karat dengan total berat 90 kg. Selain itu bangunan ini digunakan sebagai  tempat  ibadah bagi Raja Kamboja.

Kalau mengunjungi istana dan Silver Pagoda,  direkomendasikan  untuk berangkat pagi (Istana buka mulai jam 8 pagi), karena pada jam 11 – 2 siang, komplek istana ditutup bagi wisatawan karena Raja dijadwalkan mengadakan acara dan menerima tamu-tamu kenegaraan pada jam tersebut. Dan kemudian Istana akan kembali dibuka pada pukul 2 siang.

Tuol Sleng Genocide Museum

Source : gocambodia.tours

  1. Tuol Sleng Genocide Museum dan Killing Field

Masih di Phnom Penh, obyek wisata kali ini yakni  Tuol Sleng Genocide Museum. Pada dasarnya museum ini merupakan sebuah bangunan sekolah SMA yang pada masa kekuasaan Pol Pot diwujudkan sebagai penjara dan tempat penyiksaan dari tahun 1975 sampai dengan tahun 1978, Sekitar 17.000 orang dimasukan kedalam penjara ini untuk kemudian disiksa di tempat ini dan untuk kemudian dibawa ke tempat pembantaian (killing field) di Choeung Ek yang berlokasi di sekitar 30 menit perjalanan dari Phnom Penh.

Di Killing Field, bisa dilihat bekas-bekas kekejaman Pol Pot melalui sebuah audio tour. Di tempat ini sebanyak 8000 tengkorak dipajang di balik lemari kaca untuk mengenang betapa banyak korban pada masa singkat kepemimpinan Khmer Merah. di sini ditemukan 129 kuburan masall, di mana hingga saat ini 43 di antaranya masih belum digali dan tetap dibiarkan seperti apa adanya.

Thmey Market

Source : loveservegive.blogspot.co.id

  1. Thmey Market

Bagi yang hobi berbelanja, Thmey Market merupakan pasar yang  wajib dikunjungi. Di sini  dijual bermacam-macam variasi  barang, mulai  pakaian, aneka ragam souvenir untuk oleh-oleh, batu-batu mulia, hingga sayur dan buah juga bisa dijumpai. Di Thmey Market ini, hasil tambang andalan kerajaan Kamboja yaitu batu mulia banyak di perjual belikan disini.

Sihanoukville

Source : pining.com

  1. Sihanoukville

Sihanoukville atau yang juga dikenal dengan Kompong Som bisa dikatakan sebagai “Bali” nya dari Kerajaan Kamboja. Tempat Wisata utama kota yang berlokasi sekitar 4 jam perjalanan dari Phnom Penh ini merupakan pantai dan pasir putih yang membentang  di sekitarnya. Ada  beberapa  pantai sekaligus yang  bisa dikunjungi di kota ini,  yakni Sokha Beach, Independent Beach, Long Beach, Serendipity Beach dan Otres Beach. Masing-masing pantai ini menawarkan pemandangan yang berbeda. Dengan suasana yang betul-betul natural dan juga cukup dekat dari ibukota Kamboja ini, membuat kota semakin menjadi pilihan wisata  yang cukup menyenangkan.

 

CHECK HOTEL MURAH DI KAMBOJA