Wisata Kuliner – Sri Lanka negara kecil nan indah ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di dunia, yang saat ini telah naik daun di kalangan banyak traveller mancanegara, Negara ini mendapatkan julukan sebagai mutiara dari Samudera Hindai karena letaknya yang berada di antara laut India di sebelah barat laut dan Maladewa di barat daya, Sri Lanka banyak menyimpan kekayaan kuliner yang sangat mengagumkan.

Hidangan khas Sri lanka sangat mirip dengan kuliner khas India, dengan menggunakan banyak rempah-rempah dan sangat pedas, Namun masakan Sri Lanka lebih ringan masakannya dari pada masakan India, Karena itu masakan negara ini lebih banyak di terima oleh kebanyakan masyarakat umum. Mungkin kamu penasaran dengan  6 kuliner khas Sri Lanka yang kelihatannya menggugah selera, Yuk disimak ulasan Reservasiku dalam Kuliner Khas Sri Lanka.

1. Achcharu

6 Kuliner Khas Sri Lanka Yang Pedas Dan Menggoyangkan Lidahmu

timeout.com

Achcharu Makanan Khas Sri Lanka yang satu ini bisa membuatmu selera makanmu terbuka, Achcharu yang merupakan acar ala Sri Lanka, kamu bisa menyantap Achcharu bersama dengan menu utama kamu, seperti nasi dan kari, atau menyantapnya sebagai hidangan penutup.

Dengan campuran sayuran, mangga, dan nanas adalah bahan utama untuk membuat Achcharu yang paling digemari oleh banyak masyarakat Sri Lanka karena rasanya yang sangat segar dan sangat crunchy tidak lupa dengan rasa asam dan manisnya membuat kamu ketagihan.

2. Pittu

6 Kuliner Khas Sri Lanka Yang Pedas Dan Menggoyangkan Lidahmu

mundo.cz

Pittu makanan khas Sri Lanka yang terlihat seperti Putu bambu di Indonesia, bahan utama yang di pakai untuk hidangan ini adalah beras dan juga kelapa, Pittu yang biasa di buat dengan dua cara, yaitu dikukus dan juga di panggang, beras yang digunakan juga beras putih dan beras merah.

Biasanya di Sri Lanka, Pittu disantap dengan parutan kelapa, atau dengan ghee (minyak samin) serta gula atau juga sambal dari kari domba, gimana ? ingin mencobanya.

3. Lamprais

6 Kuliner Khas Sri Lanka Yang Pedas Dan Menggoyangkan Lidahmu

lt.lk

Lamprais merupakan salah satu makanan yang sangat cukup populer di Sri Lanka, Lamprais biasanya disebut dengan burger belanda, karena bentuknya yang bulat dan gemuk seperti Burger. Tapi isiannya berbeda sekali.

Lamprais campuran dari kombinasi nasi, kari daging sapi/domba/babi, sambal, ikan, terong, kacang-kacangan, dan perkedel yang telah dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus serta dipanggang setelahnya. Di Indonesia seperti nasi bakar, untuk cita rasa sangat lezat karena memakai campuran bumbu rempah karinya yang pedas dan gurih.

4. Idiyappam

6 Kuliner Khas Sri Lanka Yang Pedas Dan Menggoyangkan Lidahmu

sailusfood.com

Idiyappam jika kita perhatikan mirip dengan kue putu mayang yang ada di Indonesia, bahan utamanya juga sangat persis, yaitu menggunakan tepung beras, bentuknya juga sama, makanan ini sangat populer di Sri Lanka, dari jaman dahulu hingga saat ini.

Idiyappam biasanya di hidangkan sebagai menu utama saat pagi hari atau juga malam hari. Untuk menyantapnya kamu bisa melengkapinya dengan kentang kari atau kari ayam dan juga domba, dhal (kari khas Sri Lanka yang menggunakan lentil (kacang-kacangan) dan sambal dari kelapa yang di parut. Untuk versi manisnya dari Idiyappam disajikan dengan santan dan gula.

5. Appa (Hopper)

broadsheet.com.au

Appa (Hopper) yang mirip dengan kue ape di Jakarta, Appa dibuat dari hasil fermentasi tepung beras dan juga santan, setelah itu didadar dengan kulit pinggirnya yang renyah, akan tetapi di bagian tengahnya tetap lembut danjuga gurih.

Appa bisa disajikan berbagai cara, seperti disantap tidak memakai lauk pendamping (plain appa) atau kamu bisa meyantapnya dengan telor mata sapi diatasnya, appa dengan susu, atau appa yang dijadikan seabgai pengganti nasi, serta tidak lupa kuah kari dan lauk lainnya.

6. Kottu

6 Kuliner Khas Sri Lanka Yang Pedas Dan Menggoyangkan Lidahmu

houseofcurrymn.com

Kottu termasuk makanan khas cepat saji yang ada di Sri Lanka, penyajian makanan khas Sri Lanka ini mirip dengan nasi goreng, akan tetapi bahan dasar yang di pakai untuk hidangan ini bukan beras, melainkan dari roti godamba (roti khas Sri Lanka)

Biasanya roti godamba akan di potong-potong menjadi kecil-kecil yang kemudian di goreng menggunakan bahan lainnya seperti sayuran, telor, dan daging. Ras dari Kottu ini sangat gurih dan sedikit asin.

Biasanya Kottu akan disajikan bersama dengan kari ayam atau telor kamu juga bisa memintanya dengan daging domba yang sangat pedas, tapi kamu juga bisa memesan Kottu dengan rasa keju atau cokelat.

Bagaimana traveller ? tertarik untuk mencoba Wisata Kuliner Sri Lanka ini, kamu hanya cari tiket pesawat murah yang ada di situs atau aplikasi Reservasiku.com. selain itu kamu juga bisa mendapatkan tawaran tiket pesawat murah yang dapat memperkecil pengeluaranmu dalam berwisata ke Sri Lanka