Wisata Kuliner – Ketika bulan Ramadhan datang ke Pekanbaru, jajanan khas Ramadhan bakal membuat kamu bingung ingin memilih kudapan yang harus dijadikan menu bebruka puasa.

Menu buka puasa itu biasanya dimulai dari makanan ringan sampai ke makanan berat ala tradisional tumpah ruah yang diletakan di meja dan dijajar secara memanjang, apabila kamu binung mana saja menu kudapan khas Pekanbaru yang wajib kamu cicipi, simak ulasan berikut ini dari 3 Kudapan Kuliner Tradisional Khas Pekanbaru Untuk Menu Buka Puasa.

1. Si Manis Kue Lopis

3 Kudapan Kuliner Tradisional Khas Pekanbaru Untuk Menu Buka Puasa

Kabarsidia.com

Jawa tengah punya kudapan bernama kue lopis, Pekanbaru juga punya Si Manis yang terbuat dari pulut ini bahkan menjadi penganan kebvanggaan kota tersebut. Tidak banyak yang berbeda dari lopis Pekanbaru dan lopis Jawa Tengah, hanya yang berbeda adalah ukuran dan tingkat kemanisannya.

Kue Lopis Pekanbaru memiliki cita rasa yang gurih karena taburan kelapanya yang sangat banyak. sedangkan untuk rasa sausnya yang manis terbuat dari gula anau atau juga gula merah, yang dituangkan diatas lupis tak sekental gula di Jawa Tengah, untuk harga juga tergolong murah Rp 2.000 perbiji.

2. Lontong Gulai Pakis

3 Kudapan Kuliner Tradisional Khas Pekanbaru Untuk Menu Buka Puasa

saribundo.biz

Jika kamu berminat untuk mencicipi jajanan pasar yang cukup berat dan mengenyangkan tapi tidak membuat perut kamu terasa begah, mungkin Lontong Gulai Pakis ini menjadi pilihan yang tepat untukmu. Penganan ini sangat mirip dengan tahu campur kalau di Jawa Timur, cuma yang memberdakan adalah dari kuahnya dan isinya.

Di dalam menu lontong gula terdapat sayur pakis, ada juga tauge, kacang panjang, tahu yang diiris kotak, kacang panjang, timun, dan kol, dan terakhir di tambah lontong semua kompelem itu lalu disiram dengan kuah gulain.

Kuah gulai ini terbut dari sambal kacang yagn dicairkan dengan air hangat mirip seperti dengan bumbu lotek, biasanya lontong gulai pakis dihargai sebesar Rp 10.000 perporsi.

3. Sala Lauk

3 Kudapan Kuliner Tradisional Khas Pekanbaru Untuk Menu Buka Puasa

saribundo.biz

Jika kamu di Bandung ada kuliner bernama Cilok, di Pekanbaru ada Sala Lauk, bentuk kedua kudapan ini sangat mirip, hanya ukuran Sala Lauk lebih besar, cara memasaknya juga dengan cara di goreng, bukan direbus, warnanya kuning dikarenakan memakai bahan dasar dari campuran kunyit. sedangkan rasanya menggunakan bumbu rempah-rempah.

Sala Lauk sangat cocok disantap dengan lonotng dan sambal merah, lebih lengkap lagi kalau disantap bersama es buah leci yang dimasak tanpa sari manis.

Panganan ini dibanderol sangat murah, yakni hanya Rp. 5.000 untuk sepuluh biji. Makanan ini menjadi kudapan favorit di Pekanbaru, yang disantap sebelum masuk ke menu utama.

Bagaimana traveller ? tertarik untuk mencoba Wisata Kuliner Pekanbaru ini, kamu hanya cari Tiket Pesawat Murah yang ada di situs atau aplikasi Reservasiku.com. selain itu kamu juga bisa mendapatkan tawaran Hotel Murah Pekanbaru yang dapat memperkecil pengeluaranmu dalam berwisata ke Pekanbaru .