Wisata Kuliner Uzbekistan – Hai… Ngomongin Negara Uzbekistan nih, Negara yang mempunyai tambang emas terbuka terbesar di dunia dengan hamparan padang pasir yang luas dan pegunungan ini bakalan kebayang kalau Negara ini tu kering kan? Tapi, kalau tentang makanan yang ada di sana.. wahhh… kamu bakalan laper mata dan laper perut.

Buahnya aja menggiurkan banget meski daratan nya kering gitu, melon, anggur, lemon, wah.. pokoknya buah apa aja di sana terlihat menggiurkan. Itu baru buah lho ya, kalau soal kulineran lainnya kamu harus coba rekomendasi Reservasiku.Com di bawah ini:

Tashkent Lochira

Source : trekearth.com

ROTI TRADISIONAL

Roti tradisional khas Uzbekistan ini sering disebut dengan patyr atau non, dan kalian harus mencobanya karena rasanya unik dan enak.

Obi non adalah roti pokoknya orang-orang Uzbekistan yang dipanggang dengan oven yang terbuat dari tanah liat.

Samarkand non ini cara memanggangnya ditempelkan pada dinding-dinding oven, unik dan enak.

Bukhara obi non, kalau suka dengan roti yang bertaburkan wijen, ini adalah roti yang cocok banget untuk kamu.

Wedding patyr, roti ini beraroma sangat enak dan hanya disajikan saat ada acara perjodohan saja.

Tashkent Lochira roti ini wangi mentega banget dan sedikit manis. Dan rotu-roti ini dimakan dengan krim susu khas Turki yang kental.

uzbekistan anggur

Source : realfoodforlife.com

BUAH-BUAHAN

Seperti yang diceritakan di atas tadi, buah-buahan di negara ini sangat menggiurkan. Buah-buahan di sini lebih juicy mengandung banyak sekali air, seperti melon yang manis dan juicy banget, ya.. seperti kamu berasa minum jus melon aja gitu. Lalu anggurnya, renyah, manis dan berair dan anggurnya ini selain sudah menerima penghargaan Internasional juga sudah dieksport ke Rusia.

Nah untuk lemon, orang-orang di sana makan lemon itu sekulit-kulitnya seperti kalau makan apel gitu, dan ga usah ditanya lagi airnya itu banyak banget. Pokoknya seringnya tu ada buah kalau kamu kulineran di sana. Apalagi kalau kamu datangnya pas musim panen. Aduh.. bikin ngiler aja.

Gul Hanum Uzbekistan Food

Source : Imgur.Com

HANUM/HANON

Makanan ini mirip sekali dengan dumpling dan lasagna gulung. Terbuat dari kulit pasta yang diisi dengan daging, sayuran dan bawang bombay lalu dikukus dan dibalut dengan saus tomat. Penyajian nya ditaburi dengan acar bawang bombay dan daun dill ditambahkan cabai rawit.

SOMSA Uzbekistan Food

Source : Yandex.Com

SOMSA

Ini adalah roti isi daging dan lemak domba yang gurih dan lezat banget, biasanya roti ini adalah untuk hidangan utama atau sebagai hidangan penutup.

RICE PLOV Uzbekistan Food

Source : munchies.vice.com

RICE PLOV

Di Tashkent (plov center) kamu bisa nemuin rice plove ini yang dimasak dengan wajan yang gede banget. Dan di tempat ini sehari bisa menghabiskan 1.500 kg nasi dalam 3 jam. Nasi ini dimasak dengan daging dan lemaknya, kismis, ceakpeas dan disajikan dengan horsemat sausage yang enak banget.

NARYN Uzbekistan Food

Source : Arbuz.Com

NARYN

Naryn ini adalah makanan tradisional uzbekistan yang terbuat dari irisan adonan seperti pasta dan dicampur dengan daging sapi dan daging kuda.

LAGMAN SOUP Uzbekistan Food

Source : freebies-food.Com

LAGMAN SOUP

Lagman sup ini mirip dengan ramen tapi bercita rasa Asia Tengah, ramen ini dihidangkan dengan kuah kaldu yang pedas dan irisan daging domba dan sayuran yang bikin rasa ramen khas Uzbekistan ini lezat dan ngangenin.

CHUCHAVARA SOUP

Source : betakrorbuxoro.uz

CHUCHAVARA SOUP

Soup ini adalah sejenis dumpling yang direbus dengan kuah asam dan susu dengan menggunakan paprika, pasta romat, lada hitam dan krim asam.

Jadi, itulah tadi beberapa Daftar Kuliner  Uzbekistan yang direkomendasikan oleh Reservasiku dan jangan sampai kamu lewatkan ketika kamu sedang atau berencana untuk berwisata ke Uzbekistan, oh iya… seringnya nih, kalau kamu kulineran di sana selalu disediakan teh hijau. Teh hijau ini adalah minuman tradisionalnya. Ga bikin khawatir kena kolesterol kan? soalnya ada penawarnya yaitu teh hijau.

HOTEL MURAH DAN POPULER DI UZBEKISTAN