Siapa sih, yang nggak kenal dengan Kepulauan Seribu? Bagi kebanyakan orang, tempat ini menjadi destinasi wisata favorit untuk liburan. Buat kamu yang belum tahu, Kepulauan Seribu, sesuai namanya, memiliki banyak pulau dengan pemandangan eksotis dan menawan, yang tentu saja masih terjaga keasriannya. Meski begitu, nama Kepulauan Seribu sebenarnya tidak memiliki makna yang sebenarnya, karena pulau yang terdata dalam Administrasi Kepulauan Seribu tahun 2013 hanya berjumlah 110 saja, dengan jumlah pulau yang berpenduduk sebanyak 11 pulau.

Lalu, pemandangan seperti apa sih, yang bisa kita lihat di Kepulauan Seribu? Ini dia!

  1. Terumbu Karang

Terumbu karang merupakan tempat hidup bagi ikan dan makhluk laut lainnya. Terumbu karang berfungsi melindungi pantai dari proses pengikisan oleh gelombang dan arus air laut. Bermacam-macam terumbu karang berada di Kepulauan Seribu. Ikan yang tinggal di dalamnya pun beragam. Semakin banyak terumbu karang, semakin banyak ikan yang terlindungi. Kalau kamu ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu, kamu akan melihat terumbu karang yang elok dengan berbagai jenis ikan yang cantik-cantik.

  1. Padang Lamun

Padang lamun merupakan sebuah ekosistem yang berada di tepi perairan laut dangkal dan daerah pasang surut dengan kadar garam tinggi. Bentuknya mirip rumput, namun dapat hidup terendam di perairan laut. Tidak semua pulau di Kepulauan Seribu memiliki padang lamun, namun padang lamun yang cukup luas dapat ditemui di Pulau Rambut, Pulau Panggang dan Pulau Pramuka.

Baca : 10 Tempat Wisata Alam Yang Keren di Madura

  1. Hutan Pantai

Tidak semua pantai memiliki ekosistem hutan pantai. Tapi kalau kamu ke Kepulauan Seribu, kamu bisa menikmati pemandangan ini. Hutan pantai di Kepulauan Seribu memiliki dua jenis formasi hutan pantai, yaitu formasi Pescaprae dan Barringtonia.

  1. Hutan Mangrove

Selain hutan pantai, kamu juga bisa menikmati hutan mangrove di Kepulauan Seribu. Jenis pohon mangrove bermacam-macam, seperti pohon bakau, tanjang, api-api dan pidada. Jenis-jenis yang disebutkan tadi merupakan jenis yang bisa kamu temukan di Kepulauan Seribu.

Baca : 5 Rekomendasi Wisata Pantai di Pesisir Kebumen

  1. Kegiatan Konservasi di Kepulauan Seribu

Kalau kamu ingin liburan sekaligus menambah pengetahuan, kamu bisa mengunjungi lokasi yang memiliki kegiatan konservasi di dalamnya. Beberapa bentuk konservasi di Kepulauan Seribu yaitu Suaka Margasatwa Pulau Rambut, Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, Cagar Budaya Pulau Onrust, Pembentukan Areal Perlindungan Laut (APL), Daerah Perlindungan Laut (DPL), Daerah Perlindungan Mangrove (DPM), pembuatan fish shelter atau rumah singgah ikan yang dibuat oleh Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta sejak tahun 2002, transplantasi karang, atau wisata konservasi laut di Pulau Pramuka yang bisa kamu ikuti dengan atraksi adopsi karang. Kegiatan konservasi ini sangat mengasyikkan sehingga liburanmu tetap akan terasa menyenangkan.

Nah, itulah 5 hal yang bisa kamu nikmati di Kepulauan Seribu. Biasanya, orang-orang akan mengunjungi pulau-pulau yang populer seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Sepa Besar atau Pulau Kelapa. Selain itu, masih banyak lagi pulau yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri, mau kemana kalau bisa ke Kepulauan Seribu?

HOTEL MURAH DI JAKARTA