Tips Travelling – Memasuki bulan musim hujan tak akan menghambat traveller untuk bepergian kan? apalagi traveller yang hobby wisata alam seperti mendaki gunung dipastikan tidak akan menyurutkan semangat untuk naik gunung.

Tapi jangan lupa, traveller harus memperhatikan beberapa hal berikut sebelum berangkat ya. Karena pendakian di musim hujan akan menjadi lebih berat tantangan nya di bandingkan ketika naik gunung disaat musim kemarau. Nah, berikut 6 tips sebelum naik gunung di musim hujan:

Menyimpan barang kedalam plastik kedap udara

Source : Maisyafarhati.com

  1. Simpan Barang Kedalam Plastik Kedap Udara

Langkah antisipasi dengan memasukan seluruh barang bawaan kedalam plastik untuk menghindari basah karena terguyur hujan. Pilihlah plastik kedap udara agar guyuran hujan tidak masuk membasahi barang bawaan. Dan juga utamakan menyimpan barang elektronik seperti Smartphone, Gadget, Powerbank dan pakaian kedalam plastik dan usahakan terpisah-pisah.

pakaian hangat saat naik gunung

Source : Dzargon.Com

  1. Kenakan pakaian hangat dan cepat kering

Disaat musim hujan, sudah dipastikan angin berhembus cukup kencang. Supaya traveller terhindar masuk angin sehingga mengakibatkan tubuh tidak fit, ada baiknya traveller menggunakan pakaian hangat dan tebal sebelum mendaki. Selain itu bawalah jaket atau baju yang bahan nya cepat kering.

Makanan Saat Akan Naik Gunung

Source : acehadventurestore.blogspot.com

  1. Bawa bekal makanan yang mencukupi

Disaat musim penghujan ini, perut akan terasa lebih mudah lapar. Bagi traveller yang ingin Naik Gunung, bawalah makanan yang cukup selama pendakian. Jangan sampai nanti traveller kehabisan makanan dan kelaparan di tengah hutan dalam kondisi hujan.

ponco plastik saat naik gunung ketika hujan tiba

Source : alidesta.wordpress.com

  1. Siapkan ponco

Ketika tanda-tanda hujan mulai turun, traveller segera mengenakan jas hujan atau ponco. Tentu saja ini berfungsi untuk melindungi tubuh traveller terkena langsung air hujan yang turun deras. Pilihlah untuk membawa ponco plastik agar cepat dalam melipat kembali dan ringan membawanya.

sepatu gunung yang cepat kering disaat musim hujanjpg

Source : Piknikdong.Com

  1. Pakailah sepatu ringan dan cepat kering

Dalam pendakian, penggunaan sepatu boots memang pilihan terbaik untuk dikenakan ketika musim hujan tiba. Namun disaat pendakian, traveler diharapkan menggunakan sepatu cepat kering walau basah karena hujan untuk mengantisipasi kaki kedinginan atau lecet karena gesekan sepatu dengan kulit.

Cara Prediksi Cuaca Di Smartphone

Source : catchasightofme.wordpress.com

  1. Cek Cuaca

Pada ponsel pintar, melacak informasi cuaca hingga beberapa hari ke depan di suatu wilayah terasa sangat mudah. Bagi traveler juga harus update info tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian dan pastikan dalam keadaan fit dan aman untuk pendakian walaupun hujan.

Bagi sebagian pendaki, merupakan suatu tradisi untuk menghabiskan pergantian tahun baru di suatu gunung. Jika traveller mempunyai rencana untuk menghabiskan pergantian tahun baru di gunung, ada baiknya mengimplentasikan 6 tips naik gunung di atas untuk mengantisipasi kehujanan di atas gunung.