Wisata Kuliner Boyolali – Beberapa waktu yang lalu, Kabupaten Boyolali mendadak menjadi viral di berbagai media massa. Kabupaten ini mendadak terkenal karena pernyataan calon presiden 2019, yaitu Prabowo Subianto, yang menyebut “Tampang Boyolali” dalam pidatonya, pada akhir Oktober lalu.

Kabupaten ini terletak di provinsi Jawa Tengah, memang tak setenar Semarang sebagai ibu kota provinsi. Tapi jangan salah, kekayaan tempat wisata dan kuliner Boyolali ini tetap tak akan kalah saing lho dengan daerah lain. Daerah yang terkenal dengan agrowisata dan sapi perahnya ini menyimpan berbagai kuliner lezat. Yuk simak 7 Kuliner Unik Dan Enak Khas Boyolali berikut :

Nasi Tumpang Khas Boyolali

Source : Sumber.Com

  1. Nasi Tumpang

Mungkin masih banyak yang kesulitan membedakan nasi tumpang dan nasi pecel karena penampakan makanan nya pun hampir sama. Tapi kita dapat membedakan yaitu pada sambal lethok yang terbuat dari tempe busuk, bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk, kencur, dan cabai. Rasa dan aroma dari tempe busuk itulah yang menjadikan makanan ini begitu spesial.

Untuk masalah harga mungkin tidak perlu dipertanyakan lagi, sudah pasti murah. Kamu bisa menemukan banyak warung menjual nasi tumpang, salah satunya di jalan Tentara Pelajar.

Soto Seger Khas Boyolali

Source : Pusvitasari.Com

  1. Soto Seger

Soto asli Boyolali ini memang menyegarkan dan terasa sangat gurih, karena daging serta rempah yang mantap. Dengan kuahnya yang bening dan kental. Isiannya terdiri dari irisan daging sapi, toge, nasi, dan sebagainya.

Jika traveller sedang mampir ke Boyolali, traveller bisa berkunjung ke jalan Pandanaran Nomor 293, Banaran. Kamu harus menikmati sogo seger dari warung legendaris bernama Soto Mbok Giyem.

Jenang Pecel Khas Boyolali

Source : ayuniverse.com

  1. Jenang Pecel

Jika di Banyuwangi ada Rujak Soto, Kabupaten Boyolali punya jenang pecel. Kuliner unik ini merupakan perpaduan bubur sumsum dengan pecel. Kamu bisa langsung mampir ke kawasan Pasar Sunggingan. Berlokasi di Jalan Garuda, di sinilah masyarakat Boyolali biasa menyantap jenang pecel.

Tahu Susu Khas Boyolali

Source : Reservasiku.Com

  1. Tahu Susu

Sebagai daerah yang dipenuhi sapi perah, kelezatan tahu susunya tak perlu diragukan lagi. Tahu susu khas Boyolali terasa lebih gurih, creamy, dan teksturnya lembut banget.

Untuk menemukan makanan ini sangat gampang sekali, apalagi banyak pabrik susu tahu di Boyolali. Traveller bisa membelinya di sekitar Jalan Pandanaran. Selain tahu susu, ada juga dodol susu, keripik susu, dan masih banyak lagi kuliner unik lainnya yang terdapat disana.

Abon Lele Khas Boyolali

Source : Twitter : @AbonLeleMurah

  1. Abon Lele

Selain Sapi dan Susu, Boyolali juga terkenal dengan olahan lelenya. Salah satu pusatnya ada di kawasan kampung Kecamatan Sawit. Tempat tersebut siap menawarkan aneka olahan lele, seperti keripik dan abon.

Jarang kan, kamu bisa menemukan abon lele? Sama seperti abon pada umumnya, rasanya gurih dan lezat, cocok banget dinikmati bareng nasi.

Marning Kuliner Khas Boyolali

Source : metuk.desa.id

  1. Marning

Cemilan yang terbuat dari butiran jagung ini memang sudah biasa jadi oleh-oleh khas di sejumlah daerah. Namun ada yang spesial dari marning khas Boyolali, lho traveller! Marning di sini punya banyak rasa, seperti gurih, asin, pedas, bahkan balado, keju pun ada.

Bebek Goreng Pak Pinggir Khas Boyolali

Source : infoseputarboyolali.com

  1. Bebek goreng

Gak cuma Madura dan Surabaya saja yang memiliki olahan kuliner bebek yang lezat. Salah satu andalan warga Boyolali adalah warung Pak Pinggir di Jalan Perintis Kemerdekaan. Karena enaknya, sekarang sudah banyak cabangnya di jalur utama Solo hingga Semarang yang menyediakan olahan Bebek yang lezat ini.

Daging bebek yang disajikan oleh Warung Pak Pinggir begitu empuk, tidak amis, dan bumbunya meresap hingga ke dalam. Sambalnya pun begitu segar dan pasti akan membuatmu ketagihan.

Nah, itulah 7 Kuliner Khas Boyolali yang unik dan menggugah selera traveller jika sedang berwisata di boyolali dan wajib dicoba, kira-kira traveller sudah pernah mencicipi yang mana ?

HOTEL MURAH SEKITARAN BOYOLALI