Tips Traveling – Sobat Traveller, Jika berwisata ke tempat yang jauh menggunakan pesawat memang terasa menyenangkan. Selain untuk hemat waktu dibandingkan dengan transportasi lainnya, sambutan ramah awak penerbangan, sampai makanan yang menggugah selera menjadi nilai tambahan untuk transportasi ini.

Namun saat berpergian menggunakan Pesawat seringkali membuat sakit pada telinga. Menurut American Academy of Otolaryngology, Gejala ini berhubungan dengan saluran eustachius yaitu saluran yang berfungsi untuk menyamakan tekanan antara kedua telinga.

Ketika traveller naik atau turun saat terbang, perubahan ketinggian juga mempengaruhi kemampuan saluran eustachius untuk mengatur tekanan pada telinga. Jadi tak perlu kaget, saat kamu naik pesawat akan merasakan sedikit keanehan pada telinganya. Nah, untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan dari perubahan tekanan saat menaiki pesawat, berikut 3 tips ampuh nya.

mengunyah permen karet di pesawat

Source : Hellosehat.Com

  1. Mengunyah Permen Karet

Traveller, cara mengurangi gejala sakit telinga ini bisa dicoba dengan mengunyah permen karet atau permen biasa. Hal ini dipercaya dapat mengurangi rasa sakit saat pesawat yang ditumpangi hendak lepas landas atau turun.

Hal ini dikarenakan permen dapat merangsang produksi air liur yang lebih banyak. Sehingga, otot pada langit-langit mulut dapat menarik saluran eustachius, yang akhirnya dapat mengurangi rasa sakit di telinga.

menguap di pesawat

Source : InspiraData.Com

  1. Menguap

Cara ini ternyata juga efektif untuk membantu mengurangi rasa sakit pada telinga akibat tekanan udara ketika menaiki pesawat. Menurut Mayo Clinic, ketika kita membuka mulut saat menguap, maka otot akan membentang dan terhubung ke saluran eustachius. Dengan cara ini ternyata membuat saluran menjadi terbuka sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi tekanan udara dari luar.

Teknik Valsava Di pesawat

Source : IDNTimes.Com

  1. Teknik Valsava atau Toynbee

Metode ini ternyata salah satu cara yang dianggap ampuh dan efektif untuk mengurangi rasa sakit pada telinga. Untuk melakukan Valsava, cukup hanya dengan menutup mulut dan mencubit hidung. Kemudian bernapaslah seperti biasa. Tetapi traveller juga harus berhati-hati, jangan meniup udara terlalu kuat ke hidung. Sebab hal ini bisa berpotensi merusak gelendang telinga.

Selain itu traveller juga bisa mencoba menggunakan metode Toynbee yang lebih gampang dari Valsava. Cara nya cukup mudah, hanya dengan mencubit hidung dan sambil menelan ludah.

Kira-kira gimana nih traveller ? teknik apa saja yang pernah kamu coba dan dirasa efektif dari 3 Tips Ampuh Untuk Kurangi Sakit Telinga Saat di Pesawat di atas. Ternyata mudahkan