Wisata Kuliner – Penggemar gulai kepala ikan kakap wajib masukan restoran legendaris ini ke daftar wisata kuliner mu. Di Jakarta tepatnya di Jakarta Pusat ada restoran yang namanya “Medan Baru” yang menyediakan menu gulai kepala ikan kakap ini. Restoran medan baru ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an lho, udah lama banget kan? biasanya kalau tempat makan yang sudah lama banget dibuka dan masih buka sampai saat ini tu rasa makanannya enak banget.

Gulai kepala ikan kakap di restoran medan baru ini menggunakan kepala ikan kakap putih aja yang dikirim dari Timika. Kenapa harus dikirim dari Timika sih? soalnya tekstur kepala ikannya tu lain, dimasak sebentar pun sudah lembut dan beda dengan yang lain.

Berburu Kuliner Gulai Kepala Ikan Kakap

Source : indiratantri.blogspot.com

Nah, di restoran ini hanya menyediakan berat kepala ikan kakap 600 gram sampai 2 kg aja. Biar yang makan itu puas, bumbu gulainya itu mantap abis, meskipun kental tapi rasanya juga segar soalnya ada bumbu berupa asam kandis dan belimbing wuluhnya, bumbunya pun juga asli Indonesia lah. Itulah kenapa masakan ini sedap banget dan cocok dilidah orang-orang. Harganya pun juga lumayan ada yang Rp.300.000 an ribu sampai Rp.500.000 an ribu, tentu aja tergantung besar kepala ikan kakapnya.

Cara makannya nih biar nikmatnya itu maksimal, kamu bedah dulu itu kepala ikan kakapnya, kalau udah nemuin tulang tengah kepala ikannya yang panjang gede itu, kamu pegang ujung-ujungnya trus kamu hisap deh, waduh… rasa yang keluar itu gurih…..! gurih banget, tekstur yang kamu hisap tadi itu lembut banget, apalagi dipadukan dengan kuah gulai kental tadi jadi nikmat luar biasa. Bikin pengen nangis rasain gulai kepala ikan kakap ini.

Kamu juga ga bakalan mengira kalau cara penyajiannya itu bukan khas dari Medan aja tapi campuran antara Minang dan Sumatera Utara. Emang sih menu utama dari Restoran Medan Baru ini adalah gulai kepala ikan kakap, tapi ada menu-menu lain yang bisa kamu pesan.

Kuliner Burung Punai Di Restoran Medan Baru

Source : sisikeke.wordpress.com

Kamu juga harus mencoba burung punai goreng yang bumbunya yang asin (tapi ga asin banget) merasuk sampai ke dalam sampai kamu korek-korek bagian dalamnya pun tetep berasa bumbunya dan mempunyai tekstur yang lembut di dalam dan moist meskipun digoreng. Burung punai adalah burung sejenis burung dara gitu dan dimasaknya ga pakai ceker dan kepalanya.

Pepes telur ikan juga menggoda selera banget untuk disantap, acar timun ga kalah enaknya juga, pacri nanasnya juga enak seger banget kalau udah kamu kunyah, sop buntut juga enak banget,ah.. apalagi sambal udangnya itu enak banget, trus ada gulai daun singkong yang empuk. Eh… jangan lupa juga ya, semua hidangan yang disajikan dimejamu itu harus kamu habiskan, soalnya nanti bakalan dihitung semuanya.

Jadi, jangan bawa uang pas-pas an kalau ke sana. Kesimpulannya Ono Rego Ono Rupo ( ada harga ada kualitas) dan ini jaminan mutu deh pokoknya.

Alamat yang bisa kamu kunjungi :

Jln. Krekot Bunder No. 65 Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta pusat.

atau kunjungi cabangnya di : Ruko Griya Sentosa, Jln. Griya Utama No. 62 Blok N3/18, Sunter Jakarta