Wisata Indonesia – Apa yang terlintas pertama kali jika anda mendengar kota Semarang selain sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah?, Banyak tempat yang bisa dikunjungi, kuliner yang sedap, banyak mahasiswa dan masih banyak lagi. Selain Simpang Lima dan Lawang Sewu yang menjadi ikonik dari kota tersebut, berikut Reservasiku.Com ulas hal lainnya.

Kota Semarang terletak sekitar  558 km sebelah timur Jakarta atau 312 km sebelah barat Surabaya. Semarang berbatasan dengan Laut Jawa di Utara, kabupaten Demak di Timur, Kabupaten Semarang di Selatan, dan Kabupaten Kendal di Barat.

Kota yang memiliki luas sebesar 373.67 km2 ini merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan Semarang ditandai dengan banyaknya gedung pencakar langit di hampir setiap sudut kota yang berdampak pada semakin terjadi kepadatan dan kemacetan lalu lintas dalam kota.

WISATA ALAM

  1. Umbul Sidomukti

Bagi anda pecinta alam dan ingin merasakan sensasi liburan jauh dari kemacetan kota, kawasan wisata umbul sidomukti mungkin cocok bagi anda. Lokasinya terletak di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Objek wisata ini banyak dilengkapi dengan segala macam fasilitas outbond games dan training.

Yang menjadi primadona di kawasan wisata ini adalah Kolam Renang Alam. Jika berkunjung kesini kolam renang alam dengan kedalam yang berbeda-beda memberikan sensasi berbeda dari segi pemandangan karena yang letaknya berada di puncak bukit dengan pemandangan alam yang sangat  mempesona.

  1. Brown Canyon

Jika Amerika ada Grand Canyon, Pangandaran memiliki Green Canyon maka Semarang punya Brown Canyon. Pada mulanya Brown Canyon adalah Area Tambang yang juga dikenal dengan sebutan proyek galian C. Namun seiring berjalannya waktu yang tertinggal hanya beberapa spot tambang saja dan kini menjadi tempat wisata alam alternative bagi masyarakat Semarang. Lokasi nya terletak kurang lebih 2km sebelah selatan stasiun TVRI Jawa Tengah.

Baca : 7 Tempat Kuliner Makanan Laut Di Semarang Yang Bikin Ngiler

WISATA BELANJA

  1. Bandeng Juwana

Terkenal sebagai pusat oleh-oleh khas Semarang Kota dengan ciri khas Bandeng Presto. Bandeng Juwana ini berlokasi di jalan Pandanaran dan Jalan Pamularsih, tempat ini tidak hanya menyediakan ikan bandeng saja tetapi juga menyediakan oleh-oleh khas Jawa Tengah lainnya seperti enting-enting, gepuk, moaci, tahu bakso, dan masih banyak lainnya.

  1. Batik Semarang 16

Jika anda suka mengkoleksi batik maka tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Batik Semarang 16 terletak di kampung Semberejo Meteseh, tembalang-Semarang. Angka 16 sendiri berasal dari surat ke-16 dalam Al-Quran yaitu An-Nahl yang berarti lebah madu. Ciri khas batik semarang 16 adalah motif dan ragam hias yang mengambil artefak dan kekhasan Kota Semarang mulai dari beragam tema, flora fauna khas, dunia kuliner, hingga kisah legendaris di setiap tempat di Semarang

  1. Omah Herborist

Omah herborist merupakan destinasi wisata yang terletak di Kawasan Industri Candi Blok 5A/8 Ngalian Semarang. Selain bisa berbelanja produk perawatan kecantikan dengn harga murah, anda juga dapat menikmati museum mini tentang warisan sejarah herbal dan bahan alami untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Anda pun dapat melakukan factory visit yaitu kunjungan proses produksi Herborist Beauty by Nature di tempat ini.

Baca : Gudeg Mbak Tum, Kuliner Malam Di Semarang

WISATA KULINER

  1. Soto Bangkong Semarang

Nama nya memang Soto Bangkong tetapi bukan berarti berasal dari bangkong atau kodok. Soto bangkong merupakan soto ayam yang terletak di jalan Bangkong (sekarang bernama Jalan Brigjen Katamso). Oleh karena itu, soto ini terkenal dengan sebutan Soto bangkong sesuai dengan jalan tempat mangkalnya.

  1. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal adalah kuliner khas Semarang yang terdiri dari tahu goring, ranjangan kol mentah, lontong, toge, telur, dan gimbal lalu dicampur dengan bumbu kacang yang menggunakan petis udang. Gimbal ini adalah udang yang digoreng dengan tepung. Tahu gimbal ini dapat ditemukan dengan mudah di Semarang, baik di pinggir jalan atau di restoran.

  1. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Makanan khas Semarang berupa mie kuning yang disajikan denga irisan tetelan daging, tahu, lontong, tauge, dan kerupuk gendar (kerupuk yang terbuat dari tepung beras). Mie kopyok ini lalu disiram dengan kuah yang telah diberi bumbu bawang putih, ditaburi seledri, taburi bawang goring dan diberi kecap manis.

HOTEL POPULER DI SEMARANG