Wisata Kuliner – Suasana di kawasan Gang Gloria, Pecinan Glodok tampak ramai tiap hari. Kawasan ini termasuk salah satu kawasan yang terkenal akan kuliner Cina Peranakan dimana dipenuhi oleh berbagai macam dagangan, mulai dari buah-buahan, cemilan aneka makanan kecil, sampai berbagai macan sajian bakmi dan nasi.

Kopi Es Tak Kie berupa sebuah kedai kecil yang nampak disesaki pengunjung. berlokasi di Gang Gloria, Jalan Pintu Besar Selatan III Glodok Jakarta Barat ini sudah berusia lebih dari 90 tahun.

Suasana DI Kedai Kopi Es Tak Kie

Source : Detik.Com

Kedai ini di dirikan oleh Liong Kwie Tjong seorang perantau dari China pada tahun 1927. Pada awalnya kedai ini merupakan warung kopi biasa yang akhirnya memiliki pelanggan tetap dan akhirnya terkenal sampai saat ini. Tak Kie sendiri memiliki arti orang bijaksana, sederhana dan diingat banyak orang.

Saat ini, Kedai Es Tak Kie dikelola oleh Ayauw, yang merupakan generasi ketiga. Ia meneruskan usaha kakek dan ayahnya sejak tahun 1976. Memang kedai ini agak sulit ditemukan karena berada di gang sempit yang tidak kelihatan dari jalan besar karena dari luar tertutup mobil yang terparkir disepanjang jalan.

Namun jika kalian memang bingung dan tidak menemukan lokasi gang nya, kalian bisa mencari informasi dari orang sekitar dan menanyakan cara menuju kedai es tak kie tersebut.

Ruangan dari kedai Kopi Es Tak Kie memang sederhana, dari tampilan nya sangat kental dengan suasana tempo dulu, sehingga membuat para pengunjung kedai kopi tersebut serasa kembali ke masa lalu. Di sisi kanan tembok terdapat puluhan pigura berisikan foto dengan para public figure yang ditempel sebagai pajangan. Di bagian dapur, papan nama yang cukup besar dengan tulisan ‘Kopi Es Tak Kie’ dan huruf China semakin menambah nuansa unik dari kedai kopi ini.

Kopi Es Tak Kie Legendaris

Source : manual.co.id

Ga hanya dengan suasana dan dekorasi kedai nya yang membuat kita bernostalgia, sajian legendaris kedai ini yaitu es kopinya serasa mampu menghilangkan dahaga di tengah teriknya cuaca ibu kota. Walaupun jaman sekarang sudah banyak bertebaran Kedai Kopi Modern, tetapi Kopi susu khas kedai ini begitu sederhana bila dibandingkan dengan kedai kopi modern yang  telah ada, Di Kedai ini hanya berupa kopi hitam yang diseduh dan dicampur dengan susu kental manis. Tetapi, dari kesederhanaan inilah yang membuat kopi es Tak Kie begitu istimewa dan tak mengurangi kenikmatannya.

Es Kopi Tak Kie ini rasa kopinya memang terkenal kental dan kuat, rasa manis kopi yang bercampur dengan susu pas dan aroma wangi yang begitu khas. Uniknya, meski bubuk kopi yang digunakan dalam sajian es kopi ini berasal dari berbagai pabrik berbeda, namun cita rasa dari kopi tetap terjaga.

Nah, bagi para kalian pecinta kopi, tidak ada salahnya untuk mencoba sajian es kopi legendaris dari kedai Kopi Es Tak Kie ini, Untuk 1 gelas kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20 ribu saja. Jangan lupa datang di pagi atau siang hari, karena kedai ini hanya buka sampai pukul 14.00 siang. Tentunya, meresapi segelas es kopi legendaris di tengah hiruk pikuk nya ibukota bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

HOTEL MURAH DI JAKARTA