Wisata Kuliner Laos – Laos negara yang memiliki banyak tempat wisata indah, di tambah kuliner khas Laos yang sehat dan membangkitkan seleram bakal membuatmu betah menghabiskan liburanmu disini.

Laos yang memiliki destinasi wisata seperti Pha That Luang, Wat Xieng Thong, Bolaven Plateu, dan Sungai Mekong. Laos yang memiliki letak antara Cina, Thailand, Myanmar, Kamboja, dan Thailand. Karena itu negara ini memiliki perpaduan kuliner yang sangat beragam. Uniknya disini kamu bisa menemukan ketan yang digunakan sebagai pengganti nasi di Laos.

Penasaran apa saja 7 kuliner khas laos yang sehat dan membangkitkan seleramu ? yuk disimak berikut ini.

1. Khao Jee

Mencicipi 7 Kuliner Khas Laos Yang Sehat dan Membangkitkan Selera

laoconnection.com

Kalo kamu pernah liburan ke Vietnam pasti kamu pernah melihat jajanan lezat seperti ini, Laos juga punya yang persis seperti di Vietnam yang bernama Khao Jee. Khao jee merupakan sandwich ala Laos yang terdiri dari roti perancis dengan isian tomat, keju, daging babi dan ham, serta untuk sayurannya ada wortel, selada dan disiram dengan saus khusus dari bawang putih dan cabe. Rotinya juga terbuat dari tepung beras, jadi kamu jangan khawatir karena bebas gluten.

Untuk menemukan roti ini cukup mudah, hampir semua pedagang kaki lima dapat menemukannya di jalan-jalan. Begitu juga restoran yang menyediakan makanan khas Laos.

2. Ping Gai

Mencicipi 7 Kuliner Khas Laos Yang Sehat dan Membangkitkan Selera

365timeline.com

Ping Gai Hidangan ini sangat populer di masyarakat Laos. Ayam panggang ini cukup mudah untuk memasaknya, Ayam dibelah dan direndam dengan bumbu khusus dengan bahan dasar saus ikan, bawang putih, lada, bawang merah, kunyit, lengkuas, sereh, daun ketumbar, cabe, jahe, kecap manis, cuka, dan gula aren. Setelah itu di panggang sampai matang. Ping Gai disantap biasanya dengan ketan dan Tam Mak Hoong “Salad Pepaya”.

3. Nam Khao Tod

Mencicipi 7 Kuliner Khas Laos Yang Sehat dan Membangkitkan Selera

flickr.com

Salad yang berisi nasi goreng, kacang tanah, parutan kelapa dan juga yang menambah gurih lezat adalah potongan sosis babi, dengan sayuran segar ditambah bumbu saus ikan, irisan cabe kering, air jeruk nipis, dan bumbu rempah lainnya. Nam Khao Tod di santap dengan pelengkapseperti selada, daun ketumbar, daun mint, dan daun bawang, lengkap deh sayurannya.

Untuk meyantapnya ada caranya tersendiri, yaitu ambil selembar daun selada, berikan nasi diatas daun, lipat dan masukan ke mulut.

4. Tam Mak Hoong

Mencicipi 7 Kuliner Khas Laos Yang Sehat dan Membangkitkan Selera

intltravelnews.com

Tam Mak Hoong Makanan segar ini mirip sekali dengan salad pepaya yang ada di Thailand, terbuat dari irisan pepaya muda, tomat, kacang tanah dan kacang panjang, setelah itu dibumbui dengan gula aren, jeruk nipis, saus ikan, cabe dan jus ikan yang telah di fermentasi. Hidangan ini memiliki ciri khas yaitu memiliki rasa manis, asam, asin jika di bandingkan dengan di Indonesia mirip seperti asinan sayur Betawi.

5. Khao Piak Sen

Mencicipi 7 Kuliner Khas Laos Yang Sehat dan Membangkitkan Selera

indochinatravel.info

Khao Piak Sen hidangan ini jika di Vietnam lebih mirip dengan hidangan yang bernama Pho. Seporsi Khao Piak Sen terdiri dari mie beras, aneka seafood, kaldu sapi/ayam, bumbu rempah (bawang putih, lada dan sereh), air jeruk nipis, sayuran segar (daun ketumbar, kacang panjang, taoge, daun kemangi) dan cabe. Selain itu kamu bisa menambahkan seperti jantung atau hati ayam ke dalam hidangan ini.

6. Mok Pa

Mencicipi 7 Kuliner Khas Laos Yang Sehat dan Membangkitkan Selera

foodhini.com

Mok Pa Jika kamu melihat hidangan ini pasti akan terasa tidak asing, hidangan yang terlihat seperti pepes ikan ini. memiliki perbedaan di bagian bumbu. Untuk membuat Mok Pa dibutuhkan sereh, daun bawang, kecap ikan, terasi, cabe hijau/merah dan daun dill. setelah itu ikan yang sudah di bumbui akan dibungkus menggunakan daun pisang kemudian kamu bisa kukus sampai matang. Dan cara menyantapnya harus menggunakan ketan sebagai pengganti nasi, dengan rasa yang gurih dan lezat bakal membuat kamu ketagihan.

7. Larb

Mencicipi 7 Kuliner Khas Laos Yang Sehat dan Membangkitkan Selera

namkhanproject.com

Larb merupakan hidangan salad dengan daging cincang. daging yang diguynakan antara lain ayam, sapi, dan domba. daing cincang ini sebelumnya sudah dibumbui dengan kecap ikaa, air jeruk nipis, jus ikan yang telah di fermentasi. setelah itu tambahkan denagn beras tumbuk dan rempah-rempah “bawang merah, bawang bombay, lada” ketika sudah di masukan semuanya kemudian di tumis dan ditambahkan irisan cabe. Untuk menyantap hidangan Larb ini disajikan bersama ketan dan sayuran segar yang menambah selera makanmu.

Dari 7 menu hidangan khas Laos ini mana yang paling kamu ingin cicipi ? sebisa mungkin ketika kamu liburan ke Laos cicipi semua yang ada di dalam daftar ini, agar liburan mu terasa sempurna.