Wisata Vietnam – Banyak dari para Traveller Muslim beranggapan kota Ho Chi Minh City, Vietnam akan susah menemukan tempat beribadah dan tempat makanan halal. Akan tetapi nyatanya kota terbesar di Vietnam ini sudah memiliki 12 buah masjid yang bisa membantu kamu menunaikan ibadah salat di kota Ho Chi Minh.

Di pusat kota Saigon memiliki salah satu masjid yang dikelilingi dengan tempat makan halal, kota ini bagaikan oasis bagi kebanyakan Traveller Muslim yang ingin beribadah dan silahturahmi dengan sesama muslim dari berbagai negara.

Masjid Pusat Saigon (The Central Mosque Ho Chi Minh City)

Pergi Berlibur Ke Ho Chi Minh City Dalam Wisata Halal Vietnam

kontraktorkubahmasjid.com

Berlokasi di area Dong Du, Distrik 1 yang merupakan salah satu destinasi yang sangat ramai oleh banyak Traveller di Ho Chi Minh, Vietnam, Masjid pusat Saigon telah berdiri sejak tahun 1935.

Masjid yang terletak disebelah hotel Sheraton tepatnya, memiliki gaya arsitektur yang cantik dengan nuansa Islam dan dihiasi dengan 6 minaret. Masjid yang didominasi dengan warna hijau lembut dan putih tampaknya berhasil memberikan kesan menenangkan.

Adanya masjid pusat Saigon ini untuk mengakomodasi kebutuhan beribadah sebanyak 5.670 umat muslim di Vietnam yang tinggal di Ho Chi Minh City, yang kebanyakan berasal dari etnis Cham, Melayu, dan beberapa dari etnis lainnya. Masjid ini digunakan untuk melaksanakan ibadah salat 5 waktu. Salat jumat, salat tarawih pada bulan Ramadan, dan salat hari raya seperti idul Fitri dan Idul Adha.

Dikarenakan ukuran luas masjid pusat Saigon mampu menampung banyak jamaah, Masjid ini juga memiliki halaman yang cukup luas, yang dihiasi dengan beberapa tanaman, Serambi masjid yang berada di atas tangga memiliki ubin lantai yang sangat dingin. Sangat disarankan untuk kamu yang ingin menurunkan suhu badan ketika musim panas melanda Vietnam.

Di ruang wudhu juga ada sebuah kolam luas dengan warna turkois yang dikelilingi dengan kursi, untuk para jamaah bisa mengambil wudhu sambil duduk di kursi tersebut atau juga menggunakan gayung. Untuk ruangan sholatnya tidak ada bedanya dengan masjid pada umumnya, ruangan terbagi menjadi ruang salat pria dan wanita.

Masjid pusat Saigon bisa kunjungi oleh para Traveller walaupun tidak melakukan salat. akan tetapi ada peraturan tidak tertulis, semua yang ingin berkunjung ke masjid ini diharuskan berpakaian yang sopan dan tertutup serta melepas alas kaki sebelum masuk ke area masjid.

Buat kamu yang bingung ingin memakan makanan khas Vietnam, banyak destinasi Wisata Halal Vietnam yang bisa kamu kunjungi, Di kota Ho Chi Minh sendiri kamu dengan mudah bisa menemukan tempat makan halal dengan khas Vietnam, lebih tepatnya di jalan Nguyen An Ninh tapi terkadang juga disebut dengan halal street karena banyaknya makanan halal disini.

Halal Street

Pergi Berlibur Ke Ho Chi Minh City Dalam Wisata Halal Vietnam

okezone.com

Jalan yang berada dekat Ben Thanh Market ini merupakan salah satu pasar suvenir dan oleh-oleh di Ho Chi Minh City, selain tempat ini disebut dengan halal street, jalan Nguyen An Ninh juga kerap disebut dengan Malaysia Street. Penyebab semua itu karena banyaknya traveller yang berasal dari Malaysia. Pembeli pun kebanyakan menggunakan ringgit. terkadang para penjualnya melayani dengan bahasa melayu.

Di jalan ini kamu bisa menemukan masakan halal khas Vietnam, Pho Bo atau Mie daging sapi versi halal. tempat makan halal ini lebih tepatnya adalah restoran Halal Amin, kamu bisa menemukan menu makanan lainya seperti nasi goreng kampung, nasi lemak, dan mie goreng mamak, untuk harga cukup terjangkau dan murah, sekitar 50.000 Dong jika dirupiahkan sekitar Rp 25.00o/porsi.

Dari seluruh rumah makan di jalan ini semua tempat makan akan menunjukan logo Halal yang artinya menandakan makanan mereka semua ramah terhadap traveller yang menjalani Wisata Muslim Vietnam, sampai-sampai gerobak kopi Vietnam juga di berikan logo halal. berikut ini berbagai restoran yang memiliki status halal antara lain Restoran Musa Kariem, Haji Mansour, Hajah Basiroh, Haji Osman, restoran Salima, dan lain sebagainya.

Disebelah kanan dari Halal Street kamu bisa menemukan restoran lainya yaitu Saigon Green House, jika kamu ingin bertualang makanan halal di Saigon, kamu bisa mengunjungi jalan jalan Luu Van Lang, Truong Dinh, dan Thu Khoa Huan.

Bagaimana sekarang kamu sudah menentukan kapan akan berlibur ke Vietnam ? segera cek tiket pesawat murah dan hotel murah melalui situs & aplikasi Reservasiku, yang dapat mempermudah kamu mendapatkan harga termurah dengan kualitas bagus.

HOTEL MURAH DAN POPULER DI HO CHI MINH